Usai Lebaran, Pinjaman Bank Dunia Untuk Program Sejuta Rumah di Indonesia Akan Cair

Pinjaman Bank Dunia Untuk Program Sejuta Rumah di Indonesia

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan bahwa pinjaman dari World Bank (Bank Dunia) untuk mendukung pembangunan sejuta rumah untuk masyarakat Indonesia diperkirakan akan cair setelah lebaran tahun ini.

Kita berharap dengan adanya bantuan dari World Bank ini, program yang direncakan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) tersebut bisa berjalan sesuai target.

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Lana Winayanti mengatakan, untuk saat ini kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan World Bank masih sebatas rencana terkait program sejuta rumah tersebut. Statusnya sendiri masih loan aprecial.

“Tahun ini loan aprecial sudah, mungkin beberapa bulan ini loan signing, nanti kalau sudah efektif, kalau besarannya USD450 juta. Mungkin setelah Lebaran, semester kedua lah signing,” ujarnya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Selasa 2 Mei 2017.

Lana Winayanti juga menjelaskan bahwa ketika sudah ada tanda tangan dalam hal pendanaan maka akan terbagi menjadi dua bagian. Pertama, untuk pembangunan rumah swadaya.

“Pinjaman World Bank masih loan aprecial, belum loan signing. Ada dua bagian, yang satu untuk DSPS pembangunan rumah secara swadaya,” ungkap Lana Winayanti.
Sementara itu yang kedua untuk Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT). Keduanya diarakan ke swadaya.

“Kemudian bagian kedua BP2BT. Itu akan kita arahkan ke swadaya,” jelas dia.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia juga menggandeng World Bank (Bank Dunia) untuk mempercepat implementasi skema program Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dalam memperoleh rumah subsidi.

Bahkan Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Maurin Sitorus juga mengatakan bahwa program Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) tersebut akan diperuntukan untuk pekerja formal dan informal yang selama ini memiliki keterbatasan akses ke perbankan.

DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG

Category: Berita Bisnis , Berita ekonomi finansial

Tags: , ,