Setelah PT Modern Sevel Indonesia yang menutup semua gerai 7-Eleven pada akhir Juni 2017 lalu, kemudian PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk menutup 8 gerai supermarket pada 28 Agustus 2017, Matahari juga menutup beberapa gerainya, kini Lotus dan Debenhams juga menyusul. Dua ritel modern milik PT Mitra Adiperkasa (MAP) ini megap-megap, sehingga mengumumkan untuk menutup semua gerainya akhir tahun ini.

Dalam membangun usaha ternyata bukan hanya bergantung kepada modal serta sumber daya manusianya saja, tetapi juga membutuhkan strategi pengembangan yang tepat, termasuk dari sisi pemasaran untuk meningkatkan omzet penjualan.

Bergugurnya sejumlah usaha group usaha besar ini sangat-sangat membuktikan modal dan sumber daya saja tidak cukup bagi sebuah perusahaan yang menjual produk langsung ke konsumen. Diperlukan strategi pemasaran yang andal dan efektif untuk terus memajukan usaha bisnis. Omzet penjualan perusahaan akan terus bertambah dan memberi pengaruh positif pada pencapaian laba usaha jika mampu dijalankannya strategi pemasaran yang efektif.

Berikut tips membuat omzet penjualan usaha meroket:

1. Promosi dan Branding
Promosi merupakan hal penting yang harus dilakukan jika ingin meningkatkan penjualan usaha. Kekuatan promosi dan branding ini tidak harus mahal dan ribet, lakukan saja promosi dan branding sesuai dengan kemampuan usaha Anda dan bermacam cara.

Misal Anda memiliki usaha wisata murah, Anda bisa menggunakan promosi via media sosial, bahkan bisa melalui dengan pemasaran digital (digital marketing) untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan sesuai target.

Namun perhatikan, jangan gunakan terlalu sering promo yang diobral. Hal ini akan memberikan pengaruh kepada customer behavior. Sehingga Customer Anda akan menunda dalam melakukan pembelian dan akan menunggu Anda untuk menggelar diskon lanjutan. Jadi usahakan, untuk menciptakan waktu promosi secara baik. Gunakan momentum hari-hari besar untuk mengadakan promo dan diskon.

2. Belajar Strategi Pemasaran Digital
Teknologi yang semakin maju, menekan para pebisnis untuk bisa melakukan pemasaran melalui media sosial. Seperti Instagram, Facebook dan pemasaran melalui mesin pencari Google. Strategi pemasaran sudah bukan dengan cara konvensional lagi, melainkan perlahan-lahan harus bisa belajar pemasaran digital.

Memang meningkatkan omzet penjualan merupakan sebuah hal yang gampang-gampang susah. Akan tetapi kamu dapat mempelajarinya dengan bahan bacaan dari praktisi digital marketing dengan mudah dapat Anda temui di situs blog dan media dan kamu cari melalui layanan pencarian di Google.

3. Kualitas Produk
Setelah melakukan optimalisasi terhadap pemasaran produk Anda, Anda juga harus meningkatkan integritas usaha Anda dengan meningkatkan kualitas produk yang akan berpengaruh pada angka penjualan produk Anda. Telah menjadi hal yang wajib bagi semua usaha untuk selalu mempertahankan kualitas produk. Memang kelihatannya sangat sederhana, tapi nyatanya cukup sulit untuk dilakukan.

Jika kualitas produk yang Anda jual sudah jempolan, maka konsumen pun akan loyal dan akan terus berbelanja di toko Anda. Jadi teruslah menjaga dan meningkatkan kualitas produk Anda. Rasanya tidak masalah sedikit menaikan harga, asalkan kualitas produk akan selalu terjaga.

Sumber: detikFinance

 

DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG

Category: Berita Bisnis

Tags: , ,