Tingkatkan Kapasitas Pegawai, Kanwil Kaltimra Gelar Forum Kepegawaian

Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra) menggelar Forum Kepegawaian di Ruang Rapat Lantai 3 Gedung Kanwil Kaltimra, Senin (27/11/2017).

Sebanyak 23 peserta yang mengikuti acara tersebut, terdiri dari Kepala Subbagian Umum dan Kepatuhan Internal, Pelaksana Subbagian Umum dan Kepatuhan Internal, serta Pelaksana Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) di Lingkungan Kanwil DJP Kaltimra.

Acara tersebut diselenggarakan sebagai koordinasi dan diskusi mengenai permasalahan terkait kepegawaian yang sering muncul. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk menyampaikan hasil Rapat Koordinasi (Rakor) Pembahasan Permasalahan Kepegawaian Tahun 2017 serta hasil Forum Kepala Bagian Umum II DJP.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan beberapa informasi penting terkait kepegawaian DJP. Dalam forum tersebut juga dibahas kesiapan dan persiapan terkait akan adanya Kantor Pelayanan Pajak (KPP) baru di lingkungan Kanwil DJP Kaltimra.

“Kita harus mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) kita dan juga sarana prasarana untuk persiapan adanya kantor baru tahun depan,” ujar Winahju Mahartono, Kepala Bagian Umum Kanwil DJP Kaltimra.

Rakhmat Hidayat, Kepala Subbagian Kepegawaian Kanwil DJP Kaltimra yang menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut, membahas tentang Manajemen Talenta.

Manajemen Talenta merupakan topik baru di dunia kepegawaian, dan hal ini pula yang membuat para peserta lebih antusias. Hal tersebut terlihat ketika hampir seluruh peserta memberikan pertanyaan dan tanggapan terhadap materi yang diberikan.

“Manajemen Talenta merupakan syarat untuk memenuhi Merit SystemMerit System merupakan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) berdasarkan kompetensi, kualifikasi serta kinerja,” Rakhmat menjelaskan.

”Nantinya, seleksi pengemban amanah sudah tidak ada lagi. Sistem promosi pegawai akan menggunakan manajemen talenta. Harapannya, dengan adanya manajemen talenta ini, semua pegawai jadi jelas apa yang dituju,” tambahnya.

Sementara itu, Juraidi Yuli Siswani, Kepala Subbagian Bantuan Hukum, Pelaporan, dan Kepatuhan Internal Kanwil DJP Kaltimra juga menyampaikan selayang pandang SE-35/MK.1/2017 tentang Tata Cara Penghitungan Indikator Pelaksanaan Anggaran di Lingkungan Kementerian Keuangan.

“Penyerapan Anggaran dan Penilaian Anggaran diharapkan bisa dilakukan secara profesional. Dari output Rencana Kerja 2017, apakah sudah dibelanjakan sesuai dengan rencana atau belum,” paparnya.

Usai menyampaikan paparan tersebut, Juraidi secara resmi menutup acara tersebut dan kemudian dilanjutkan dengan foto bersama dengan seluruh peserta.

Sumber: www.pajak.go.id


Category: Berita pajak

Tags: , , ,