Sudah jadi rahasia umum persoalan tunggakan pajak Google yang mencapai miliaran rupiah dan sedang diusahakan oleh pemerintah tanah air untuk segera diselesaikan. Untungnya baru-baru ini, dikabarkan bahwa Google tengah berupaya menyelesaikan masalah tersebut dengan mengirimkan petingginya untuk melakukan pertemuan dengan pejabat pajak Negara Indonesia.

Menteri Keuangan (MenKeu) Sri Mulyani pada hari Kamis (27/10/2016) juga telah mengatakan bahwa tinggal sebentar lagi Indonesia akhirnya akan mencapai penyelesaian pajak dengan pihak Google. “Kami sudah berkomunikasi dengan Google. Setidaknya ada pemahaman mengapa Indonesia ingin memiliki bagian yang adil terkait dengan pendapatan. Kami berharap bahwa kami akan segera menyelesaikannya,” kata Sri.

Akan tetapi MenKeu tidak menjelaskan kapan Google akan memenuhi kewajibannya untuk segera membayar tunggakan pajak tersebut selama mereka beroperasi di Indonesia. Namun, diketahui bahwa salah seorang eksekutif senior Google dikirimkan dari kantor pusatnya yang berlokasi di Asia Pasifik untuk bertemu dengan pejabat pajak Indonesia pada hari Rabu kemarin.

Tinggal Sedikit Lagi Google Akan Selesaikan Masalah Pajaknya

Tinggal Sedikit Lagi Google Akan Selesaikan Masalah Pajaknya

Sebelumnya juga Ken Dwijugiasteadi, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan diskusi dengan para pejabat tinggi Google, namun dia tidak menjelaskan detailnya secara langsung karena menolak untuk membeberkan tentang pertemuan diantara kedua belah pihak tersebut.

 “Saya belum dilaporin penyidik saya, baru nanti siang. Ya, ketemu saya juga,” katanya saat ditemui di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, pada hari Kamis (27/10/2016). Dia juga membantah adanya negosiasi yang dilakukan oleh para petinggi Google terkait tagihan pajak di Indonesia.

“Kok nego sih, sudah nanti saja,” ujarnya cepat.

Seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa Google Indonesia memiliki tunggakan pajak yang mencapai 16 miliar rupiah dan sampai sekarang persoalan itu masih berusaha dibicarakan dengan pihak-pihak terkait. Sebelumnya juga pemerintah Indonesia telah mengirimkan surat dari Ditjen Pajak kepada Google, namun mereka menolak untuk diperiksa lebih lanjut.

Saat ini pemerintah memang sedang menggalakkan program amnesti pajak dengan membidik perusahaan-perusahaan internasional termasuk Google yang merupakan perusahaan OTT (Over the Top). Meski belum diketahui bagaimana hasil akhir persoalan pemungutan pajak tersebut nantinya.

Source: Viva.co.id

DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG

Category: Berita pajak

Tags: , , , , ,