Anda tentu sudah sangat sering membaca artikel tentang keuangan kan? Namun dengan sudah sedemikian sering tersebut, apakah anda sudah mempraktikannya atau hanya sekedar membaca terus?

Jika anda sudah mempraktikannya, itu hal yang bagus, tapi jika hanya membaca dan belum ada perubahan, jangan-jangan anda termasuk kelompok yang memiliki kondisi keuangan tidak sehat. Semoga tidak ya. Maka agar anda mudah mengenali kondisi keuangan yang tidak sehat, berikut beberapa tandanya.

Tidak Punya Tabungan
Ketika anda telah memiliki aset, misal rumah, mobil bahkan gadget anda, dan ternyata semuanya masih kredit, perlu anda perhatikan lagi besarnya cicilan tersebut dari income anda. Anda bisa memiliki pengeluaran untuk cicilan tersebut, apakah ada alokasi untuk tabungan anda?

Jika tidak sama sekali berarti anda memiliki tanda keuangan tidak sehat yang pertama. Ya tabungan merupakan hal dasar yang seharusnya anda dapat penuhi, sehingga bisa anda gunakan bila sangat diperlukan, bukan meminjam dan berutang kembali.

Tidak Punya Dana Darurat
Bila anda tidak memiliki tabungan, berarti kemungkinan besar anda juga belum membentuk dana darurat. Sudah sering anda membaca dan mendengar fungsi dana darurat bukan? Atau bila masih kurang familiar, saya akan coba menjelaskan kembali dengan sangat sederhana. Saat ini gadget merupakan hal yang sangat penting bagi kita semua, bahkan seluruh data pekerjaan bisa berada dalam genggaman anda.

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, namun saat sedang berpergian, gadget anda jatuh, rusak, bahkan mungkin hilang. Apa yang anda lakukan bila itu terjadi? Service atau beli baru, keduanya tetap membutuhkan biaya, dan ini merupakan hal yang tidak terbayangkan sebelumnya sehingga harus keluar biaya lagi.

Dari mana biaya tersebut? Tentu jawabannya dana darurat, terlebih lagi gadget ini sangat penting bagi pekerjaan anda, tentu pos dana darurat sangat membantu anda bukan.

Ini baru hal kecil lho, bagaimana seperti kasus masuk ke rumah sakit tengah malam yang beberapa waktu lalu menimpa seorang bayi? Dari mana biaya di tengah malam seperti itu? Belum lagi kecelakaan yang menimpa kendaraan, korban yang luka, dari mana biaya untuk menutup itu semua. maka dana darurat jelas sekali membantu anda untuk situasi yang di luar dugaan dan darurat. Maka dengan itu, anda sangat diharapkan untuk menabung dan membentuk dana darurat dari awal.

Tidak Punya Investasi
Terlepas apapun latar belakang anda, pasti anda memiliki tujuan keuangan kan, mulai dari menikah, membeli rumah, ibadah Umroh, liburan ke Maldives hingga pensiun dengan tenang. Namun bila anda hingga saat ini belum membentuk tabungan dan dana darurat seperti di atas, maka anda juga pasti melewatkan kesempatan untuk berinvestasi.

Ya anda masih fokus dengan hidup saat ini tanpa memikirkan hidup di masa depan. Kita tidak bisa menutup mata bahwa kebutuhan kita di masa depan juga ada dan tentu sebaiknya selain menikmati hidup untuk saat ini, kita juga menyiapkan untuk masa depan. Cara menyiapkan kebutuhan hidup di masa depan ya tentu dengan berinvestasi.

Anda yang masih single, masih asyik sendiri, tanpa mengenal kebutuhan di masa depan, lalu anda yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, anda juga fokus pada satu hal yaitu biaya anak, tapi anda lupa bahwa anda juga membutuhkan biaya untuk masa pensiun. Sudah siapkah anda?

Tidak Punya Perencanaan Keuangan
Semakin jelas bila dari awal anda tidak memiliki tabungan, dana darurat hingga investasi, maka anda memang belum memiliki perencanaan keuangan yang baik. Anda belum memiliki alokasi khusus untuk tujuan keuangan anda. Anda masih fokus untuk hidup saat ini saja dan itu pun belum berjalan baik karena tabungan saja belum anda miliki bukan.

Maka sebaiknya anda mulai berbenah diri serta keuangan bila kondisi anda masih demikian. Tidak ada salahnya anda mulai bulan ini juga dan membuat evaluasi keuangan anda selama ini seperti apa, sehingga kedepannya nanti anda dapat mewujudkan keuangan yang lebih baik dan mencapai tujuan keuangan anda.

Happy Planning.

Sumber: detikFinance

DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG

Category: Berita ekonomi finansial

Tags: , , , ,