Cara Sosialisasi E Faktur

Sosialisasi e FakturFaktur pajak elektronik atau yang lebih sering disebut dengan istilah e faktur pajak memang tengah ramai diperbincangkan dlam beberpa waktu terakhir ini, terutama di kalangan para PKP. Kebijakan mengenai penggunaan e faktur ini sebenarnya telah ditetapkan sejak 1 juli tahun 2014 silam, namun hanya diterapkan pada 45 PKP sebagai uji coba, pada tahun 2015 ini atau lebih tepatnya 1 juli 2015, e faktur mulai diwajibkan untuk seluruh PKP di Jawa dan Bali dan pada 1 juli 2016 mendatang, PKP akan mulai diberlakukan secara nasional. Sampai dengan hari ini, berbagai cara sosialosasi e faktur juga telah diberikan oleh pihak berwenang kepada para PKP, baik melalui seminar, surat edaran maupun secara online.

Bagi wajib pajak, e faktur memberikan banyak sekali kemudahan, kenyamanan dan keamanan karena semakin yakin bahwa faktur pajak mereka telah sesuai dengan transaksi yang sebenarnya sehingga dapat dikreditkan. Para wajib pajak ini juga akan terhindari dari faktur pajak fiktif lawan transaksi yang dapat merugikan perusahaannya. Sementara bagi Direktorat Jenderal Pajak, e faktur pajak ini merupakan kelanjutan dari pembenahan system pajak sejak tahun 2011 untuk memudahkan administrasi Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Sistem berbasis elektronik ini juga akan meminimalkan penyalahgunaan penggunaan faktur pajak oleh perusahaan fiktif atau pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga potensi pajak yang hilang menjadi sangat kecil. Sebelumnya, Direktorak Jenderal Pajak juga telah melakukan pembenahan dengan melakukan registrasi ulang PKP, pengembangan aplikasi pengawasan PKP, batasan pengukuhan PKP, penunjukan Badan Usaha Milik Negara sebagai pemungut PPN.

Sosialisasi e Faktur

Pada saat launching, 45 perusahaan yang merupakan PKP telah siap untuk menerapkan penggunaan faktur pajak elektronik ini, ini merupakan langkah uji coba penerapan e faktur pajak yang mulai diberlakukan pada 1 juli 2014 silam. Kegiatan yang tak kalah penting sebagai cara sosialisasi e faktur adalah Advisory Visit yaitu kunjungan Tim Mentoring Faktur Pajak Elektronik ke kantor PKP untuk memberikan bimbingan teknis secara langsung selain bimbingan yang diberikan melalui telepon, sms, email, dan media komunikasi lainnya. Sinergi antara Ditjen Pajak dan Wajib Pajak diharapkan dapat membangun sistem perpajakan yang lebih baik di masa yang akan datang.

Selain berbagai sosialisasi yang diberikan oleh tim mentoring faktur pajak dari Direktorat Jenderal Pajak, saat ini juga ada banyak sekali jasa konsultan pajak yang akan dengan senang hati membantu para PKP dalam kepengurusan e faktur mereka, mulai dari mempersiapkan semua dokumen yang dibutuhkan hingga pendaftaran atau pembuatan akun e faktur. Dengan menggunakan jasa konsultan pajak tentu Anda tidak perlu lagi bingung atau bersusahpayah untuk pengurusan e faktur ini.

bagi anda yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai e faktur pajak anda bisa mengkitui event s yang akan kami agendakan pada tanggal 27 Meil 2015 dengan topik training e faktur pajak aplikatif

PT SINERGI SOLUSI BISNIS | THE REAL BUSINESS SOLUTIONS

Konsultan Pajak Indonesia | Informasi Training Indonesia
Head Office:
Menara Palma lantai 12 Jl HR Rasuna Said Blok X-2 Kav. 06 Kuningan jakarta 12950

Branch Office:
Jln Kayu Manis No C1 Jakarta Timur 13530, Indonesia
Tel : (021) 8012521
Email : info@solusibisnis.co.id
Website : www.solusibisnis.co.id

DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG

Category: Artikel Pajak , Pajak

Tags: , , , , , , ,