Contoh Service Excelent Dalam Bisnis

Contoh Service Excelent Dalam BisnisKetika seorang pelanggan mendapatkan pelayanan yang buruk di tempat ia membeli jasa atau produk, tentu ini akan menjadi pengalaman buruk yang tidak akan dilupakan. Perasaan kecewa dan bahkan marah, sehingga membawa mereka untuk tidak akan kembali lagi menggunakan jasa atau produk tersebut, bahkan mungkin saja ini akan membuat mereka untuk membuat surat terbuka atau testimony kurang baik terhadap jasa atau produk tersebut. Hal ini tentu saja akan menjadi sebuah pukulan keras bagi perusahaan pemilik jasa atau produk, dimana kredibilitas mereka akan tercoreng yang secara tidak langsung juga akan dapat menurunkan profit bisnis. karena itulah sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk memberikan service excellent bagi setiap pelanggan. Memberikan service excellent tidak hanya berarti Anda telah menjalankan kewajiban dan tanggung jawab kepada para pelanggan, tetapi ini juga merupakan upaya untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan profit. Karena service excellent diketahui sebagai salah satu kunci keberhasilan dari jalannya bisnis.

service excellent dalam bisnis memang memegang peranan yang sanga penting, baik bagi perusahaan, pelanggan dan bagi staf perusahaan itu sendiri. Lalu bagaimana untuk dapat merealisasikan service excellent  yang baik para internal customer maupun eksternal customer? Berikut adalah prinsip-prinsip dan service excelent dalam bisnis:

Service Excelent Dalam Bisnis Indonesia

  • Attitude (sikap) yang benar:
    • Melayani pelanggan berdasarkan penampilan sopan dan serasi
    • Melayani pelanggan dengan berpikiran positif, sehat dan logis
    • Melayani pelanggan dengan sikap menghargai
  • Attention (perhatian) yang tidak terbagi:
    • Mendengarkan dan memahani secara sungguh-sungguh kebutuhan para pelanggan
    • Mengamati dan menghargai perilaku para pelanggan
    • Mencurahkan perhatian penuh kepada para pelangaan
  • Action (tindakan)
    • Mencatat setiap pesanan para pelanggan
    • Mencatat kebutahan para pelanggan
    • Menegaskan kembali kebutuhan pra pelanggan
    • Mewujudkan kebutuhan para pelanggan
    • Menyatakan terima kasih dengna harapan pelanggan mau kembali

Untuk mampu mengimplementasikan prinsip dan contoh service excelent dalam bisnis tersebut, tentu saja dibutuhkan sumber daya manusia yang kompeten dan memiliki pemahaman serta keterampilan yang baik mengenai service excellent. hal ini dapat diwujudkan dengan cara melakukan rekrutment sumber daya manusia atau karyawan yang memenuhi indicator service excellent dan didukung dengan memberikan training atau pelatihan bagi para karyawan. Sehingga mereka akan memahami apa itu service excellent dan bagaimana menerapkannya kepada para pelanggan atau klien.

Saat ini telah banyak bermunculan jasa pelatihan atau training service excellent yang akan memberikan bimbingan dan pelatihan kepada para pesertanya mengenai teori service excellent dan bagaiamana mengaplikasikannya dalam memberikan pelayanan kepada para pelanggan setiap harinya. Menggunakan jasa pelatihan service excellent ini merupakan salah satu solusi tepat untuk perusahaan yang ingin meningkatkan mutu service excellent dalam perusahaannya dengan cara membekali para karyawan mendgenai pemahaman dan keterampilan terkait service excellent.

PT SINERGI SOLUSI BISNIS | THE REAL BUSINESS SOLUTIONS

Consulting and training | Informasi Training
Head Office:
Menara Palma lantai 12 Jl HR Rasuna Said Blok X-2 Kav. 06 Kuningan jakarta 12950

Branch Office:
Jln Kayu Manis No C1 Jakarta Timur 13530, Indonesia
Tel : (021) 8012521
Email : info@solusibisnis.co.id
Website : www.solusibisnis.co.id

DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG

Category: Artikel HRD , Service Excellent

Tags: ,