sejarah dan perkembangan pajak penghasilan di indonesia

Sejarah Pajak Penghasilan Di IndonesiaSejarah Pajak Penghasilan Di Indonesia atau yang lebih sering disebut PPh merupakan pajak yang dibebankan pada penghasilan individu atau perorangan, perusahaan atau badan hukum, pembelakuan pajak penghasilan ini dapat berupa pajak progresif, regresif ataupun proporsional. Pajak penghasilan ini sebenarnya sudah ada sejak pada jaman Romawi kuno. Ini ditandai dengan adanya pungutan yang kala itu dinamai tributum yang berjalan hingga tahun 167 sebelum masehi. Pajak penghasilan ini juga secara eksplisit telah diatur dalam Undang-Undang yang diberlakukan di Inggris sebagai income tax pada tahun 1799. Sementara di Amerika, pajak penghasilan pertama kali dikenalkan pada tahun 1643 di New Plymont, undang-undang pajak federal sendiri mulai diperkenalkan padatahun 1861 yang kemudian beberapa kali mengalami tax reform. Berdasarkan Undang-Undang pajak federal tax return atau surat pemberitahuan pajak penghasilan ini dibuat pada tahun 1860 dan telah dipergunakan hingga tahun 1962.

Lalu bagaimana dengan sejarah pajak penghasilan di Indonesia? Sejarah perkembangan pajak penghasilan Indonesia sendiri sudah dimulai sejak tahun 1816 yang kala itu disebut dengan istilah tenement tax atau huistax yakni sejenis pajak yang dikenakan untuk mereka yang menggunakan tanah dan bumi sebagai tempat berdirinya bangunan  atau rumah. Kemudian paa tahun 1908 terdapat perbedaan perlakuan antara pajak untuk orang-orang pribumi dan orang asing yang berasal dari Asia dan Eropa, misalnya saja untuk orang Eropa diberlakukan pajak patent duty sementara untuk penduduk pribumi dikenakan pajak business tax. Di Indonesia juga telah diberlakukan poll tax yang dikeakan berdasarkan kepemilikan tanah da rumah yang berstatus pribadi, pemberlakuan ini dimulai sejak tahun1882 hingga tahun 1916 yang kemudian seiring dengan berjalannya waktu pajak ini terus mengalami perubahan dan perkembangan menyesuaikan kondisi ekonomi masyarakat.

menurut para ahli Sejarah Pajak Penghasilan Di Indonesia Pada tahun 1908 kemudian terdapat Ordonansi pajak pendapatan yang diberlakukan untuk orang-orang Eropa dan badan yang melaksanakan bisnis tanpa memperhatikan kebangsaan pemegang saham. Dasar pengenaan pajak ini adalah penghasilan yang berasal dari barang tak bergerak maupun bergerak, pembayaran berkala, pendapatan pejabat pemerintah dan penghasilan usaha, tarif yang diberlakukan pun bersifat proporsional. Kemudian pada tahun 1920 menjadi tahun unifikasi dimana peraturan dualistik kemudian dihilangkan dan digantikan dengan general income dtax yakni Ordonasi yang diterapkan untuk seluruh penduduk, baik warga pribumi maupun orang Eropa atau Asia. Seiring dengan banyaknya perusahaan yang dibangun di Indonesia pada tahun 1925, kemudian mulai diterapkan Ordonasi Pajak Perseroan yang merupakan pajak untuk profit perseroan dan dikenal dengan istilah pajak perseroan, Ordonasi ini berlaku hingga akhir tahun 1983. Seiring dengan banyaknya perusahaan, timbul pula kebutuhan pajak pendapatan karyawan. Hingga akhirnya pada tahun 1935 mulai diterapkan Ordonasi Pajak Upah yang mewajibkan para majikan untuk memotong gaji pegawai sebagai pajak dengan tarif progesif berkisar antara 0% hingga 15%.

.

.

PT SINERGI SOLUSI BISNIS | THE REAL BUSINESS SOLUTIONS

Konsultan Pajak Indonesia | Informasi Training Indonesia
Head Office:
Menara Palma lantai 12 Jl HR Rasuna Said Blok X-2 Kav. 06 Kuningan jakarta 12950

Branch Office:
Jln Kayu Manis No C1 Jakarta Timur 13530, Indonesia
Tel : (021) 8012521
Email : info@solusibisnis.co.id
Website : www.solusibisnis.co.id

DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG

Category: Pajak

Tags: , ,