Pulau Jawa Beri Kontribusi Tertinggi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Badan Pusat Statistik

Kepala Badan Pusat Statistik Suhariyanto mengungkapkan bahwa sampai saat ini struktur perekonomian Indonesia secara spasial pada kuartal I-2017 masih didominasi oleh kelompok Pulau Jawa, yang tumbuh sebesar 5,66 persen.

Pulau Jawa memberikan kontribusi sebesar 58,49 persen terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

“Pertumbuhan ekonomi di Jawa tinggi karena aktivitas ekonomi masih berpusat di Jawa,” kata Suhariyanto dalam konferensi pers di Badan Pusat Statistik, Jumat 5 Mei 2017.

Setelah Pulau Jawa, Pulau Sumatera saat ini menyumbang sebesar 21,95 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional dengan pertumbuhan sebesar 4,05 persen.

Disusul oleh Pulau Kalimantan yang memberi kontribusi terhadap PDB sebesar 8,33 persen, dengan pertumbuhan meningkat sebesar 4,92 persen.

Adapun Pulau Sulawesi memberi kontribusi terhadap PDB sebesar 5,94 persen. Akan tetapi jika dibandingkan dengan pulau lainnya, Pulau Sulawesi mengalami pertumbuhan lebih tinggi yakni sebesar 6,87 persen.

Pulau Maluku dan Papua juga berkontribusi sebesar 2,26 persen terhadap PDB, dengan tingkat pertumbuhan sebesar 4,16 persen.

Pulau Bali dan Nusa Tenggara menyumbang kontribusi terhadap PDB sebesar 3,03 persen. Di antara pulau lainnya, kedua pulau tersebut mengalami pertumbuhan paling lambat yakni sebesar 2,36 persen.

“Pertumbuhan ekonomi Bali dan Nusa Tenggara masih rendah karena pertumbuhan di Nusa Tenggara Barat masih mengalami minus,” tutur Suhariyanto.


Category: Berita ekonomi finansial

Tags: , ,