Peran e-Faktur Dalam Perusahaan – Untuk mengamankan penerimaan pajak pertambahan nilai atau PPN, Direktorat Jenderal Pajak kemudian menargetkan setidaknya 100 pengusaha kena pajak atau PKP dapat melaporkan faktur pajak secara elektronik atau e faktur.

Peran e-Faktur Dalam Perusahaan

e faktur merupakan faktur pajak yang dibuat melalui aplikasi atau sistem elektronika yang ditentukan atau disediakan oleh Dirjen Pajak. Bentuk dari e faktur ini berupa dokumen elektronik fakturpajak yang merupakan out put dari aplikasi atau system elektronik. Di era yang serba digital seperti saat ini tentu sangat aneh jika perturan perpajakan mengharuskan faktur pajak untuk dicetak dan dibubuhkan tanda tangan basah. Penerapan kebijakan e faktur pajak ini terbukti memberikan banyak sekali manfaat dan keuntungan baik bagi pembeli maupun penjual. Beberapa dari peran e faktur dalam bisnis diantaranya adalah:

  1. tanda tangan elektronik sehingga tidak perlu lagi memberikan tanda tangan basah
  2. faktur tidak perlu dicetak, boleh dicetak hanya jika dibutuhkan
  3. Satu kesatuan dengan pelaporan e-SPT
  4. permintaan Nomor Seri Faktur Pajak disediakan secara online via web DJP
  5. Proteksi penyalahgunaan pihak yang tidak bertanggungjawab
  6. Approval DJP dan
  7. Validasi Faktur Pajak dapat diketahui oleh pihak pembeli

Selain memberikan keuntungan secara teknis bagi pelaku bisnis atau pengusaha, penerapane faktur ini juga memberikan dukungan penuh atas gerakan go green dimana dengan e faktur, maka pengusaha tidak perlu lagi mencetak semua faktur mereka. Semua e faktur juga pasti dilaporkan ke kantor pajak karena merupakan satu kesatuan dengan pelaporan e-SPT. Keuntungan bagi pengusaha dengan pelaporan ini diantaranya adalah pengusaha menjadi  lebih mudah dalam membuat Surat Pemberitahuan Masa PPN dan Akun PKP dapat dengan mudah melakukan rekapitulasi faktur pajak yang sudah dilaporkan pada masa tertentu baik dari sisi Pajak Keluaran maupun dari sisi Pajak Masukan.

Aplikasi e-faktur pajak juga sudah memfasilitasi pajak keluaran dan pajak masukan atau internal DJP. PPN yang disetor oleh Pengusaha Kena Pajak adalah selisih lebih dari PK-PM. Satu lagi peran e faktur dalam bisnis  adalah permintaan nomor seri faktur pajak tidak perlu lagi melalui surat ke kantor pajak. Pengusaha cukup minta secara online via web pajak. Tentu saja cara ini akan jauh lebih mudah dan praktis, karena jika sebelumnya, dengan permintaan nomor surat, seringkali permintaan ditolak karena nomor faktur pajak yang lama belum digunakan. Alasan seperti ini tidak ada terjadi lagi.

Meskipun kebijakan mengenai e faktur pajak ini diakui cukup membuat bingung para pelaku bisnis karena mereka harus kembali beradaptasi dan meninggalkan system konvensional ke system digital, namun diakui bahwa kebijakan ini juga memberikan banyak kemudahan dan dampak positif bagi para pebisnis.

bagi anda yang ingin mendalami bagaimana aplikasi e faktur pajak online silahkan untuk mengikuti agenda training yang akan kami agendakan pada tanggal 27 Mei 2015 dengan topik e faktur pajak.

 

PT SINERGI SOLUSI BISNIS | THE REAL BUSINESS SOLUTIONS

Konsultan Pajak Indonesia | Informasi Training Indonesia
Head Office:
Menara Palma lantai 12 Jl HR Rasuna Said Blok X-2 Kav. 06 Kuningan jakarta 12950

Branch Office:
Jln Kayu Manis No C1 Jakarta Timur 13530, Indonesia
Tel : (021) 8012521
Email : info@solusibisnis.co.id
Website : www.solusibisnis.co.id


Category: Artikel Pajak , Pajak

Tags: , , , ,