Pentingnya Service Excellent 

Pentingnya Service Excellent Sejak diterbitkannya UU tentang pelayanan publik pada tahun 2009, setiap institusi baik pemerintah maupun swasta wajib memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen atau masyarakat. Selain untuk memenuhi tuntutan UU, service excellent atau pelayanan prima juga sangat penting untuk diterapkan sebagai kunci utama kesuksesan bisnis.

Semua orang tentu telah sepakat mengenai peran pentingnya service excellent dalam sebuah bisnis atau perusahaan. service excellent memagang peranan yang sangat penting untuk kelangsungan sebuah bisnis, apabila service excellent dapat direalisasikan dengan baik, maka customer akan merasa senang dan puas dengan pelayanan yang diberikan yang pada akhirnya akan membuat mereka kembali datang untuk melakukan transaksi serupa dan menjadi royal customer.

Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam jalannya bisnis, customer merupakan prioritas atau raja yang harus dilayani dengan baik. Customer adalah setiap orang yang membutuhkan produk atau jasa meliputi internal dan eksternal customer. Sementara service excellence adalah pelayanan yang diberikan oleh seseorang atau organisasi yang membuat pelanggan senang, datang lagi dan mengajak rekan-rekannya untuk menikmati kesenangan yang pernah dinikmatinya. Secara umum ada beberapa pengertian yang menjelaskan mengenai service excellent, seperti: layanan yang sangat memahami kebutuhan customer, atau layanan yang menitik beratkan pada segi menepati janji terhadap customer.

Dengan produk atau jasa yang berkualitas didukung dengan service excellent maka dapat dipastikan bahwa sebuah perusahaan akan berjalan sukses dan terus berkembang karena mereka akan mampu memenangkan perhatian dan simpati para customer serta memenangkan persaingan bisnis diantara rival-rivalnya.

Menyadari pentingnya service excellent dalam sebuah bisnis, saat ini semakin banyak perusahaan yang memprioritaskan service excellent. namun sebuah perusahaan mungkin tidak dalam sekejap atau secara instant dapat langsung memberikan service yang excellent bagi para customernya, dibutuhkan waktu dimulai dari mengenali tipe-tipe customer yang dihadapi hingga kemampuan para staff untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan para customer.

Untuk dapat memberikan service excellent kepada para customer, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, diantaranya adalah:

  • Mengenali siapakah dan bagaimana tipe customer dan apa yang menjadi kebutuhan mereka
  • Berikan pelayanan dengan ramah, tepat waktu dan sesuai yang dibutuhkan
  • Dengarkan apabila ada keluhan dan usahakan untuk dapat menyelesaikan pada hari yang sama. Apabila tidak selesai terus di follow up sampai akhirnya selesai dengan tuntas.
  • Berusah terus menerus melakukan improvement baik dari sisi people, product mapupun fasilitas pendukung.
  • Segera meminta maaf apabila melakukan kesalahan dan segera di tindak lanjuti.
  • Memberikan pujian kepada customer

Pengetahuan atau ketrampilan dalam melayani dapat dibangun dengan  melakukan pelatihan SDM di masing-masing institusi sehingga tujuan dari service excellent  atau pelayanan prima  dapat terwujud dalam menciptakan kepuasan pelanggan.

PT SINERGI SOLUSI BISNIS | THE REAL BUSINESS SOLUTIONS

Consulting and training | Informasi Training
Head Office:
Menara Palma lantai 12 Jl HR Rasuna Said Blok X-2 Kav. 06 Kuningan jakarta 12950

Branch Office:
Jln Kayu Manis No C1 Jakarta Timur 13530, Indonesia
Tel : (021) 8012521
Email : info@solusibisnis.co.id
Website : www.solusibisnis.co.id

DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG

Category: Artikel HRD , Service Excellent

Tags: