Pengertian Service Excelent

Pengertian Service ExcellentPengertian service excelent atau pelayanan prima merupakan suatu pelayanan yang terbaik dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan. Dengan kata lain, Excellent service merupakan suatu pelayanan yang memenuhi standar kualitas dimana pelayanan ini harus sesuai dengan harapan dan kepuasan pelanggan atau masyarakat.

Dalam pelayanan prima terdapat dua elemen penting yang saling berkaitan, mereka adalah pelayanan dan kualitas. Kedua elemen ini sangat penting untuk diperhatikan oleh tenaga pelayanan baik penjual, pelayan, pedagang ataupun salesman. Konsep dari pelayanan ini dapat diterapkan pada berbagai organisasi, pemerintah, instansi ataupun perusahaan bisnis.

Untuk mencapai Excellent service pada sebuah institusi ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah:

  1. Dengan adanya komitmen kualitas layanan pada semua lini dari top-down and bottom up,
  2. Adanya keterlibatan semua pihak dalam proses melayani.
  3. Adanya keseimbangan dalam memberikan layanan, adanya konsistensi atau pemeliharaan atas hasil layanan baik yang telah dicapai.

Selain dari ketiga poin diatas, sikap egaliter atau kesetaraan juga sangat diperlukan untuk memberikan efek positif dan rasa saling menghargai. Dengan sikap keseteraan ini, maka jalinan komunikasi akan terbangun dengan penuh rasa empati yang rasional, obyektif namun tetap ada jarak dan semua pihak tetap dapat berpikir jernih serta memiliki rasa dihargai dan saling menghargai.

Keunggulan sebuah perusahaan atau lembaga tertentu sangat ditentukan oleh faktor pembeda apa yang membuat para pelanggannya memilih untuk tetap bertransaksi dengan perusahaan atau lembaga tersebut. Selain kualitas produk atau jasa, pelayanan juga sangat penting untuk diperhatikan, sebab jika pelanggan atau konsumen merasa nyaman dan puas, mereka cenderung akan simpati dan lebih condong untuk menggunakan produk maupun jasa dari perusahaan atau lembaga tersebut, meskipun diluar sana ada banyak sekali rival dari perusahaan atau lembaga tersebut yang juga memberikan berbagai penawaran menarik. setiap pelanggan tentu memiliki harapan tersendiri terhadap Excellent service atau layanan prima yang diberikan oleh sebuah perusahaan atau sebuah instansi.

Berikut ini adalah gambaran umum harapan pelanggan teradap Excellent service:

  1. Semakin lama menjadi semakin baik (better)
  2. Semakin lama menjadi semakin cepat (faster)
  3. Semakin lama semakin diperbaharui (newer)
  4. Semakin  lama menjadi semakin murah (cheaper)
  5. Semakin lama menjadi semakin sederhana (more simple)

Berbicara mengenai kepuasan pelanggan, hal ini memang bersifat relative dimana berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. namun paling tidak seorang frontliner juga harus dibekali dengan pribadi yang prima yang mana pribadi tersebut dapat dilihat melalui beberapa indicator seperti:

  1. Ramah
  2. Sopan dan penuh hormat
  3. Tampil yakin
  4. Rapi
  5. Senang menyenangkan orang lain
  6. Senang belajar dari orang lain
  7. Ceria
  8. Supel

Untuk dapat memberikan service excellent pada pelanggan, sebuah perusahaan harus melakukan rekrutmen SDM yang setidaknya memiliki beberapa indicator diatas.

PT SINERGI SOLUSI BISNIS | THE REAL BUSINESS SOLUTIONS

Consulting and training | Informasi Training
Head Office:
Menara Palma lantai 12 Jl HR Rasuna Said Blok X-2 Kav. 06 Kuningan jakarta 12950

Branch Office:
Jln Kayu Manis No C1 Jakarta Timur 13530, Indonesia
Tel : (021) 8012521
Email : info@solusibisnis.co.id
Website : www.solusibisnis.co.id

DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG

Category: Artikel HRD , Service Excellent

Tags: , , ,