Pemerintah Resmikan 6000 Unit Rusun Untuk Buruh di Serpong

Jokowi resmikan 6000 unit rusun untuk buruh di Serpong

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan peletakan batu pertama rumah susun sederhana hak milik (rusunami) untuk buruh atau masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Jokowi menjamin rumah yang disediakan akan ditawarkan dengan harga yang terjangkau dengan cicilan bulanan yang ringan bagi buruh dan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Ini rusunami yang nanti akan diperuntukkan untuk pekerja. Harganya kurang lebih Rp 293 juta. Dengan DP hanya 1%. Cicilan satu bulan Rp 1,12 juta,” kata Jokowi di lokasi groundbreaking, Jalan Bukit Sarua, Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (27/4/2017).

Rendahnya biaya uang muka dan cicilan bulanan tersebut dimungkinkan berkat program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang masuk dalam program sejuta rumah.

Dalam program FLPP tersebut, penerima program akan mendapat manfaat dari mulai DP rendah hanya 1% dan subsidi bunga KPR hingga yang harus ditanggung hanya sebesar 5%.

Acara tersebut dihadiri Presiden Komisaris PT PP, Andi Gani. Dia menjelaskan bahwa proyek rusunami akan diberi nama Loftvilles Serpong dan bakal dibangun di atas lahan 8,2 hektar yang terdiri dari 11 tower.

Tower-tower itu akan dibagi menjadi dua bagian diantaranya ada sembilan tower yang terdiri dari 6.000 unit khusus untuk buruh yang mendapatkan subsidi pemerintah dan dua tower lainnya merupakan perumahan komersil non subsidi.

Dengan luas bangunan tiap rumah adalah 32 meter yang terdiri dari dua kamar tidur, satu kamar mandi, dapur dan ruang keluarga.

“Rusunami ini dilengkapi fasilitas penitipan anak para buruh, playground, playgroup, ruang publik serta fasilitas penunjang lainnya,” kata Andi..

Ia juga menjelaskan bahwa Loftvilles Serpong merupakan Rusunami pertama yang berlokasi strategis. Hanya 1,5 kilometer dari pintu gerbang BSD dan 1,5 kilometer dari Stasiun Kereta Api Sudimara. Hal ini jelas berbeda dengan rumah susun murah lainnya selama ini yang berlokasi di pinggir kota.

Dengan fasilitas dan lokasi yang strategis Rusunami Loftvilles Serpong tak kalah dengan perumahan buruh di Vina dan Korea Selatan.

Andi menambahkan, harga Rusunami ini sangat terjangkau buruh, yakni Rp 250 juta per unit. Untuk memastikan tepat sasaran kepada buruh, penjualan unitnya bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan beberapa Bank Pemerintah.

“Kalau bukan peserta BPJS Ketenagakerjaan, tidak bisa memiliki unit di Loftvilles Serpong, kecuali di dua tower yang komersil,” tambahnya.


Category: Berita Bisnis

Tags: , ,