Pemerintah Lamban Cairkan Bantuan Uang Muka Rumah Untuk MBR

Pemerintah Lamban Cairkan Bantuan Uang Muka Rumah – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dikritik lantaran proses pencairan bantuan uang muka rumah murah program pemerintah menelan waktu hingga berbulan-bulan. Proses pencairan yang rumit dinilai menyusahkan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Ketua Umum Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi), Junaidi Abdillah mengungukapkan bahwa yang terbebani bukan hanya pengembang, namun masyarakat berpenghasilan rendah yang membutuhkan bantuan uang muka sebesar Rp4 juta untuk membeli rumah tersebut.

“Tadinya BUM (Bantuan Uang Muka) ini kan ingin meringankan MBR (masyarakat berpenghasilan rendah), akhirnya malah jadi terbebani. BUM yang Rp4 juta itu pencairan berbulan-bulan, dan sangat berbalik (dengan tujuan),” ujar Junaidi dalam keterangannya Selasa 30 Mei 2017.

Junaidi juga mengungkapkan bahwa bantuan tersebut baru bisa cair hingga tiga bulan bahkan empat bulan dan ini terjadi di semua wilayah. Menurut dia, hal ini seharusnya bisa menjadi evaluasi bagi pemerintah khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Hampir semua (wilayah), teman-teman yang memakai bantuan uang muka itu, menerima bantuan uang mukanya bisa dua bulan, dan juga baru empat bulan. Ini perlu ada evaluasi, dan kemudian, harus diberikan kemudahan oleh pemerintah,” katanya.

Sebagai informasi, pengajuan untuk menerima BUM diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat nomor 42/PRT/M/2015. Dalam aturan tersebut dikatakan bahwa BUM diberikan kepada MBR yang memiliki Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit (SP3K) KPR Subsidi.

Bagi masyarakat yang ingin mengajukan BUM, harus sudah mendapat persetujuan memperoleh KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dari bank pelaksana.

Calon pemohon harus terlebih dahulu mengurus persyaratan kredit FLPP. Persyaratan dan kelengkapan dokumen yang perlu dibawa pun harus sama dengan syarat pengurusan KPR FLPP.

DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG

Category: Berita Bisnis

Tags: , , , ,