Menurunnya Jumlah Masyarakat yang Lapor Pajak

Training TerkaitTraining Pajak

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat bahwa realisasi akhir penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan 2016 untuk kategori Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP) maupun Badan menembus angka 11.302.130 SPT. Tentunya jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan realisasi pada periode sama tahun lalu yang mencapai 11.537.781 SPT.

Direktur Potensi, Kepatuhan dan Penerimaan Pajak Ditjen Pajak Yon Arsal mengungkapkan bahwa penurunan jumlah penyampaian SPT tahun ini, karena jumlah Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP) Karyawan yang melaporkan mengalami penurunan.

Pada tahun ini, WP OP Karyawan yang menyampaikan SPT mencapai 9.711.466 SPT, minus 5,03 persen dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 10.225.452 SPT.

“Hal ini dikarenakan ada penyesuaian PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak). Itu semua sudah kami perkirakan,” jelas Yon Arsal saat berbincang bersama awak media dikantornya, Jakarta.

Meskipun pelaporan SPT Orang Pribadi Karyawan menurun, akan tetapi berbeda dengan jumlah laporan SPT OP Non Karyawan pada tahun ini yang mencapai 999.087 SPT, naik 16,09 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu yang hanya mencapai 734.131 SPT. Kenaikan tersebut memang sudah diperdiksi otoritas pajak.

“Sementara itu, WP Badan tahun ini yang melapor 591.577 SPT, meningkat 2,31 persen dari tahun lalu,” ujarnya.

Otoritas pajak menyebutkan, dari jumlah tersebut, sebanyak 8.765.211 menyampaikan SPT melalui fasilitas e-filling, atau sekitar 77,8 persen dari total penyampaian SPT. Sementara sisanya, melaporkan SPT melalui manual, dengan mendatangi kantor pajak setempat.

DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG

Category: Berita pajak

Tags: , ,