Menteri Perhubungan: Bandara Soetta Harus Kalahkan Kuala Lumpur

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada jajaran direksi PT Angkasa Pura II (Persero) untuk meningkatkan level of service di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng. Saat ini, Bandara Soetta menempati peringkat 44 terbaik di dunia versi Skytrax.

“‎Ini dalam rangka meningkatkan kualifikasi Bandara Soetta di dunia, sekarang peringkat 44. Saya tugaskan Pak Dirut AP II untuk setiap tahun ranking Bandara Soetta bisa naik 10 peringkat,” ujar Budi Karya di Cengkareng, Rabu (7/6/2017).

Sesuai dengan target tersebut, maka pada tahun 2018 Bandara Soetta bisa masuk ke peringkat 34, dan selanjutnya pada 2019 bisa masuk ke peringkat 24.

“Jadi harapannya di 2019 itu kita sudah bisa kalahkan Bandara Kuala Lumpur, Malaysia,” katanya.

Demi mendukung hal itu, Budi Karya mengaku akan terus mendukung upaya apa saja yang dilakukan Angkasa Pura II dalam rangka meningkatkan fasilitas di Bandara Soetta. Saat ini, yang tengah dikebut adalah pembangunan Kereta Bandara dan SkyTrain yang akan menghubungkan setiap terminal.

Pada tahun 2018 mendatang, konektivitas Bandara Soetta juga akan lebih lengkap dengan selesainya pembangunan Bandara Khusus Helikopter yang dibangun oleh Whitesky Aviation.

‎Seperti diketahui, Skytrax baru saja mengumumkan hasil World Airport Awards 2017. Dengan demikian, Skytrax memberikan peringkat terhadap 100 bandara yang dipandang sebagai bandara terbaik di dunia.

Bandara Internasional Changi Singapura kembali menempati peringkat pertama bandara terbaik di dunia sejak tahun 2016 lalu. Bandara Internasional Haneda Tokyo Jepang naik dari peringkat 4 tahun lalu menjadi peringkat 2 tahun ini dan Bandara Internasional Incheon Korea Selatan turun dari peringkat 2 tahun lalu menjadi peringkat ketiga tahun 2017. Bandara Munich Jerman berada pada peringkat 4, disusul oleh Hong Kong Internasional Airport pada peringkat 5.

Adapun Bandara Internasional Hamad berada pada peringkat 6, Bandara Centrair Nagoya pada peringkat 7, dan Bandara Zurich pada peringkat 8. Bandara Heathrow di Inggris dan Bandara Frankfurt Jerman masing-masing berada pada peringkat 9 dan 10.

Sedangkan Bandara Soetta sendiri berada di peringkat 44, naik dari sebelumnya peringkat 63.

Bandara berkode CGK tersebut kalah dari Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia yang berada pada peringkat 34 dan Bandara Suvarnabhumi Bangkok, Thailand yang berada pada peringkat 38‎.


Category: Berita Bisnis

Tags: , , ,