Mentan: Ekspor Bukti RI Mampu Tanpa Pangan Impor

Peningkatan ekspor komoditas pertanian seperti beras menunjukkan bagusnya kualitas produksi sektor pertanian dalam negeri dan menunjukkan kemampuan Republik Indonesia dalam memberi makan rakyatnya tanpa menggunakan pangan impor.

“(Ekspor) menunjukkan kepada dunia bahwa kita (Indonesia) bisa makan tanpa impor,” ujar Andi Amran Sulaiman selaku Menteri Pertanian (Mentan) seperti dilansir Antara dalam acara kuliah umum yang digelar di auditorium Kantor Kementerian Pertanian (Kementan) Jakarta.

Andi menyatakan bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa bahagiannya akan kinerja sektor pertanian di dalam negeri. Jokowi juga menyatakan rasa terima kasihnya karena sejumlah komoditas seperti jagung telah mencapai tahap swasembada pangan.

Kemudian, Kementan juga akan memulai peningkatan ekspor ke sejumlah negara seperti yang telah dilakukan dengan mengekspor beras antara lain ke Papua Nugini, Sri Lanka, dan Malaysia.

Indonesia tengah mengincar peluang ekspor beras ke Malaysia sebanyak 150 ribu ton per tahun atau sebesar 20% dari total impor yang diharapkan bisa dimulai pada tahun 2018 mendatang.

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa Presiden Jokowi saat bertemu dengan Dato Sri Mohamad Najib selaku Perdana Menteri Malaysia, di Kuching, Malaysia pada Rabu (22/11/2017) menyatakan keinginannya agar Indonesia bisa mengisi hingga sebanyak 20% dari total impor Malaysia.

Dalam kesempatan itu, Andi mengatakan bahwa Kementan sedang mengkaji dampak yang ditimbulkan oleh bencana banjir di berbagai daerah terhadap kinerja produksi sektor pertanian.

Selain itu pihaknya juga bakal memberikan ganti rugi bagi petani yang lahannya diasuransikan.“Kami masih meminta laporannya,” ujarnya.

Lebih lanjut andi menjelaskan bahwa pihaknya pasti bakal membantu para petani yang terdampak dengan antara lain memberikan bantuan benih padi.

Sedangkan untuk petani yang lahannya diikutsertakan dalam program asuransi pertanian, juga dinyatakan bakal diganti kerugian yang mereka terima. Saat ini, sudah banyak banyak yang mengajukan klaim dari sejumlah asuransi terkait dengan dampak yang dirasakan sejumlah lahan pertanian.

Sumber : beritasatu.com


Category: Ekspor Impor

Tags: , , ,