Beberapa waktu lalu Menteri Keuangan (MenKeu) Negara Sri Mulyani melakukan interview eksklusif dengan salah satu media terkenal yaitu BBC dan dari sana dapat terlihat jelas ketegasan mantan direktur pelaksana Bank Dunia tersebut ketika berbicara soal para pengemplang pajak.

Saat ditanya masalah mereka yang suka menghindari pajak, Sri menjelaskan bahwa ia bertekad untuk memburu para pengemplang dan penghindar pajak kemana pun khususnya mereka yang berada di luar negeri dan membawa aset mereka untuk kembali ke Indonesia. “Ini adalah kesempatan bagi mereka, jadi benar-benar terserah pada mereka sendiri,” ucapnya.

Hal itu dijelaskannya apabila masa program pengampunan pajak (tax amnesty) telah berakhir masanya. Dia menjelaskan bahwa setelah ketika amnesti pajak telah selesai, maka pemerintah Indonesia memiliki kewenangan hingga 200% dalam upaya untuk menegakkan pajak.

MenKeu Bertekad Kejar Pengemplang Pajak Kemana pun

MenKeu Bertekad Kejar Pengemplang Pajak Kemana pun

“Saya akan mengejar Anda ke mana pun Anda akan pergi dan menyembunyikan aset Anda karena para wajib pajak tidak boleh menghindari dan menyembunyikan pendapatan dan aset mereka dengan mudah dan aman di negara surga pajak tanpa mendapatkan akibat apapun,” ucapnya. Ditambah lagi MenKeu juga mengatakan bahwa dirinya saat ini lebih bijak dan lebih mengerti tentang ‘politik’ dibandingkan saat dia menjabat sebagai menteri di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sri Mulyani juga berjanji akan mengejar Google serta perusahaan raksasa Internasional lain untuk membayar pajak dengan jumlah yang adil di Negara Indonesia. Wanita kelahiran Bandar Lampung tersebut juga mengatakan bahwa ketika meninggalkan tanah air 6 tahun yang lalu dan mengundurkan diri sebagai Menteri, dia berjanji pada diri sendiri bahwa pasti akan kembali dan rupanya dia benar menepati janji tersebut.

Lebih lanjut ketika ditanya soal mengapa diperlukan program seperti amnesti pajak, dia menjawab bahwa pengampunan pajak dinilai dapat memberikan perbaikan apalagi dengan rasio pajak Indonesia yang masih rendah jika dibandingkan dengan Negara-Negara lain sehingga kenyataan tersebut jelas tidak dapat diterima. Selain itu, program amnesti ini juga dirasa dapat memberikan kesempatan yang adil bagi semua wajib pajak.

Source: bbc.com

DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG

Category: Berita pajak

Tags: , , , ,