Mengenal e Faktur

Apa itu e faktur? Mungkin banyak dari Anda yang masih asing dan tidak mengetahui apa itu e faktur. Menurut pasal 1 ayat (1) per 16/pj/2014 E faktur pajak merupakan faktur pajak yang dibuat melalui aplikasi atau system elektronik yang ditentukan dan atau disediakan oleh direktorat jendejal pajak. Operating sistem komputer yang bisa digunakan untuk menjalankan efaktur adalah windows, linux dan mac. e-faktur pajak mulai  dipergunakan pertama kali pada 1 juli 2014 yang mana pada waktu itu diujikan kepada sebanyak 45 PKP , kemudian diikuti pada 1 juli 2015 bagi seluruh PKP yang ada di pulau Jawa dan Bali sementara untuk1 juli 2016 mendatang, e faktur akan diwajibkan untuk semua PKP diseluruh Indonesia. Penerapan e faktur memang tidak dilakukan serentak di seluruh Indonesia, karena selain masih banyak persiapan dan harus dilakukan pengujian, sosialisai mengenai e faktur ini juga diakui bukan merupakan hal mudah dan tidak dapat dilakukan secara instant. Namun diharapkan pada 1 juli 2016 mendatang, seluruh PKP sudah mendaftarkan e faktur.

Mengenal e-faktur Pajak Lebih Jauh

E faktur berbeda dengan dengan faktur kertas atau konvensional faktur. Perbedaannya tidak hanya dalam bentuknya saja, tetapi juga proses dan sistem kerjanya. E fakur memberikan banyak sekali manfaat, baik bagi wajib pajak maupun bagi Negara, beberapa dari manfaat itu diantaranya adalah untuk pengusaha mereka tidak perlu lagi membubuhkan tanda tangan basah, tidak pelru dicetak (oleh dicetak hanya jika diperlukan), satu kesatuan dengan pelaporan SPT sehingga lebih praktis, sementara keuntungan bagi Negara diantaranya adalah untuk proteksi penyalahgunaan pihak yang tidak bertanggung jawab, setiap faktur harus dilakukan upload faktur ke server DJP melalui aplikasi efaktur, Validasi FP dapat diketahui oleh pihak pembeli.

Apabila dalam keadaan tertentu dimana PKP tidak dapat membuat e faktur seperti misalnya ketika terjadi bencana alam, kerusuhan, kebakaran, pemogokan, peperangan dan berbagai kondisi lain yang ditetapkan oleh pihak Direktur Jenderal Pajak, maka PKP akan diperkenankan untuk membuat e faktur pajak dalam bentuk kertas atau bentuk konvensional, baru kemudian jika kondisi sudah kondusif, data e faktur yang telah dibuat tersebut diunggah ke DJP oleh PKP melalui aplikasi ata system elektronik yang telah disediakan oleh DJP. e-faktur pajak hanya diperkenankan dalam mata uang rupiah, apabila transaksi menggunakan mata uang dollar atau lainnya, maka harus dilakukan konversi terlebih dahulu dengan menggunakan kurs yang telah ditetapkan oleh menteri keuangan.

Bagaimana, setelah mengenal e faktur lebih detail dan rinci, apakah Anda sudah siap untuk menggunakannya? Bagi Anda yang masih bingung, tidak perlu khawatir, karena saat ini ada banyak sekali jasa konsultan pajak yang siap untuk membantu Anda dalam pengurusan e faktur.

bagi anda yang ingin mendalami bagaimana aplikasi e faktur pajak online silahkan untuk mengikuti agenda training yang akan kami agendakan pada tanggal 27 Mei 2015 dengan topik e faktur pajak aplikatif.

 

PT SINERGI SOLUSI BISNIS | THE REAL BUSINESS SOLUTIONS

Konsultan Pajak Indonesia | Informasi Training Indonesia
Head Office:
Menara Palma lantai 12 Jl HR Rasuna Said Blok X-2 Kav. 06 Kuningan jakarta 12950

Branch Office:
Jln Kayu Manis No C1 Jakarta Timur 13530, Indonesia
Tel : (021) 8012521
Email : info@solusibisnis.co.id
Website : www.solusibisnis.co.id

DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG

Category: Artikel Pajak , Pajak

Tags: ,