billing system pajak

Mengapa  Membayar Pajak  Harus Beralih Dengan Billing System ?

billing system pajak – Kini,sebagian para pembayar pajak (Wajib Pajak) akan mendapatkan kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran pajak. Hal ini tentu beralasan karena  DJP telah me-launchingBilling systemsebagai sistem pembayaran pajak yang lebih praktis dan lebih cepat.

Billing system pajak merupakan sistim peng-input-an data pembayaran pajak secara online oleh Wajib Pajak yang terdiri dari serangkaian proses yang meliputi kegiatan pendaftaran peserta billing, pembuatan Kode Billing, pembayaran berdasarkan Kode Billing dan rekonsiliasi billing dalam sistem Modul Penerimaan Negara.

Dengan memanfaatkan Billing System, Wajib Pajak tidak perlu mengisi Surat Setoran Pajak (SSP), karena peng-input-an data pembayaran pajak telah dilakukan secara online dengan menggunakan sarana Billing System tersebut. Bagaimana Cara Memanfaatkan Billing System pajak?                                                                           

Untuk dapat memanfaatkan layanan Billing System dari Dirjen Pajak, Wajib Pajak harus terdaftar terlebih dahulu sebagai peserta Billing System.  Setelah terdaftar, Wajib Pajak kemudian harus membuat kode billing. Proses yang terakhir adalah pembayaran pajak seperti yang selama ini telah dilakukan oleh Wajib Pajak, yaitu dapat melalui teller bank/kantor pos, atau internet banking.  Pendaftaran billing system dapat di akses pada situs sebagai berikut: http://sse.pajak.go.id .

Billing system dapat dilakukan oleh seluruh wajib pajak orang pribadi dan wajib pajak badan selain bendahara pemerintah. Namun sampai saat ini pembayaran pajak melalui Billing system, hanya dapat dilakukan melalui teller bank Mandiri atau petugas loket kantor pos persepsi atau melalui ATM Mandiri dan Internet Banking Mandiri, jadi belum dapat dilakukan selain di Pos dan Bank Mandiri.

 Apa saja Keuntungan Memanfaatkan Billing System?

Kelebihan dari billing system pajak antara lain adalah Wajib Pajak tidak perlu lagi membuat Surat Setoran Pajak (SSP) secara manual. Wajib Pajak cukup menyampaikan “dana pajak + Kode Billing”. Dengan kata lain Billing System membuat pembayaran pajak menjadi lebih mudah, cepat, dan akurat.Mudah karena tidak perlu lagi mengantri di loket teller untuk melakukan pembayaran dan tidak perlu lagi membawa lembaran SSP ke bank persepsi atau Kantor Pos.

Cepat karena Wajib Pajak dapat melakukan pembayaran pajak hanya dalam hitungan menit dari mana pun, tanpa perlu lagi menunggu lama di depan teller yang sedang melakukan peng-input-an data pembayaran pajak. Akurat karena sistem akan membimbing dalam pengisian SSP elektronik dengan tepat dan benar sesuai dengan transaksi perpajakan serta dapat diminimalisasiKesalahan entry data yang biasa terjadi di teller dengan memanfaatkan Billing System ini.

Peraturan Billing system Pajak

Billing system pajak diatur dalam Peraturan Dirjen Pajak Nomor PER – 47/PJ/2011, sebagaimana diubah terakhir dengan PER 19/PJ/2011; tentang Tata Cara Pelaksanaan Uji Coba Penerapan Billing System dalam Sistem Modul Penerimaan Negara.

Pelaksanaan billing system belum merupakan keharusan, namun masih tahap uji coba. Berdasarkan KEP-09/PJ/2013, KPP yang ditunjuk untuk melaksanakan uji coba tersebut bertambah lagi, dimana sebelumnya di atur dalam KEP-108/PJ/2012. Sehingga sampai saat ini sejak 21 Januari 2013 Wajib Pajak yang dapat membayar pajak melalui billing system adalah wajib pajak yang terdaftar pada enam belas Kantor Wilayah DJP sebagai berikut:

  1. Kanwil DJP Banten;
  2. Kanwil DJP Daerah Istimewa Yogyakarta;
  3. Kanwil DJP Jakarta Barat;
  4. Kanwil DJP Jakarta Khusus;
  5. Kanwil DJP Jakarta Pusat;
  6. Kanwil DJP Jakarta Selatan;
  7. Kanwil DJP Jakarta Timur;
  8. Kanwil DJP Jakarta Utara;
  9. Kanwil DJP Jawa Barat I;
  10. Kanwil DJP Jawa Barat II;
  11. Kanwil DJP Jawa Tengah I;
  12. Kanwil DJP Jawa Tengah II;
  13. Kanwil DJP Jawa Timur I;
  14. Kanwil DJP Jawa Timur II;
  15. Kanwil DJP Jawa Timur III; dan
  16. Kanwil DJP Wajib Pajak Besar.

.

.

PT SINERGI SOLUSI BISNIS | THE REAL BUSINESS SOLUTIONS

Konsultan Pajak Indonesia | Informasi Training Indonesia
Head Office:
Menara Palma lantai 12 Jl HR Rasuna Said Blok X-2 Kav. 06 Kuningan jakarta 12950

Branch Office:
Jln Kayu Manis No C1 Jakarta Timur 13530, Indonesia
Tel : (021) 8012521
Email : info@solusibisnis.co.id
Website : www.solusibisnis.co.id


Category: Pajak

Tags: , ,