Mengapa Batas Saldo Pelaporan Rekening Minimal Rp 200 Juta?

Para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) keberatan atas kebijakan pelaporan saldo rekening minimal Rp 200 juta ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, sebab angka tersebut dinilai terlalu kecil.

Namun, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memastikan, batas minimal pelaporan rekening itu sudah dipertimbangkan oleh pemerintah dengan matang.

“Mayoritas masyarakat yang bersaldo di atas Rp 200 juta itu adalah mereka yang biasanya sudah melakukan kepatuhan pajak, membayar berdasarkan pajak penghasilan yang sudah dipotong,” ujar Sri Mulyanidi Gedung DPR, Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Sri Mulyani mengungkapkan bahwa penetapan batas minimal pelaporan rekening oleh pemerintah itu bukan bertujuan untuk menarik pajak lagi. Sebab jumlah saldo rekening yang berasal dari pendapatan tetap pasti sudah dipotong Pajak Penghasilan (PPh). “Jadi, sebetulnya masyarakat tidak perlu khawatir,” ungkap Sri Mulyani.

Meski begitu, bagi pemerintah tutur Sri Mulyani, informasi data rekening itu sangat penting untuk mendapatkan data mengenai keseluruhan potensi perpajakan di dalam negeri terutama dari sisi aset keuangan wajib pajak.

Sri Mulyani juga menambahkan, meski begitu informasi data rekening itu sangat penting untuk mendapatkan data mengenai keseluruhan potensi perpajakan di dalam negeri terutama dari sisi aset keuangan Wajib Pajak.

“Jadi, informasinya lebih kepada untuk melihat seluruh struktur perekonomian Indonesia,” tambah mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) sebelumnya juga menyampaikan keberatan atas kebijakan baru pemerintah terkait pelaporan saldo rekening ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak. Rencananya, keberatan itu akan disampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo.

Berdasarkan data yang disampikan pemerintah, ada 2,3 juta rekening yang wajib dilaporkan ke Ditjen Pajak lantaran saldo minimalnya Rp 200 juta. Ditengari, banyak pelaku UMKM yang rekeningnya juga masuk ke dalam daftar yang wajib dilaporkan Bank.

DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG

Category: Berita pajak

Tags: , , ,