Meikarta, Kota Baru Berskala Internasional di Antara Jakarta-Bandung

Rencana perusahaan Lippo untuk membangun Kota Baru Berskala Internasional

Perusahaan pengembang properti nasional Lippo mengumumkan rencana besarnya untuk membangun kota berskala Internasional dengan nama Meikarta.

Kota tersebut rencananya akan dibangun di tengah pusat bisnis Jakarta dan Bandung, dan tentunya ini akan menelan investasi sebesar Rp278 triliun.

Presiden Meikarta Ketut Budi Widjaja mengatakan bahwa proyek ini adalah rencana terbesar dari Group Lippo yang pernah dikerjakan selama 67 tahun sejarah berdirinya perusahaan Lippo. Ini juga merupakan proyek pembangunan kota baru ke sembilan yang telah dilakukan oleh perusahaan ini.

Ketut Budi Widjaja mengatakan bahwa Kota Meikarta ini nantinya akan mendukung industri di daerah Cikarang, Jawa barat secara umum.

Selain mendukung industri di daerah tersebut, proyek ini juga tentunya akan membantu target pemerintah dalam membangun proyek sejuta rumah khususnya rumah untuk kelas menengah.

“Proyek ini nantinya akan mendukung sejumlah industri di Lippo Cikarang dan sekitarnya, sehingga Meikarta ini akan menjadi pusat bisnis dan hunian baru di tengah-tengah Kota Jakarta dan Bandung,” pungkas Ketut.

Ketut Budi Widjaja juga mengungkapkan bahwa bagus dan hebatnya Kota Meikarta yang akan dibangun oleh Group Lippo ini adalah terintegrasinya seluruh moda transportasi masal.

Sebab, pemerintah saat ini tengah mempersiapkan sejumlah aksesibilitas seperti pembangunan Pelabuhan Patimbang, Bandara, Jalan tol dan Kereta Cepat.

“Jadi kota ini akan terintegrasi dengan moda transportasi dari proyek infrastruktur pemerintah yang sedang dikerjakan,” katanya.

Ia menambahkan, dengan membangun Kota Meikarta, Group Lippo secara langsung juga ikut mendukung tumbuhnya industri nasional. Sebab, sebanyak 60 persen produk manufaktur nasional ada di Cikarang.

“Jadi kalau bangun industri Indonesia maka tentunya harus membangun kawasan di Cikarang. Kawasan ini nantinya akan dipersiapkan Group Lippo menjadi kawasan Industri seperti di Shenzhen China. Dan pada 13 Mei 2017 nanti pembangunan kota ini ada diluncurkan dan tahap satu rencananya selesai dalam tiga tahun,” jelas ketut.


Category: Berita Bisnis , Berita ekonomi finansial

Tags: , ,