Layanan Nomor ID-Billing Permudah Bayar Pajak

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bojonegoro telah meluncurkan nomor khusus untuk pembuatan id-billing di KPP Pratama Bojonegoro pada hari Senin (27/11/2017).

Pembuatan nomor khusus ini bertujuan untuk membantu para wajib pajak (WP) yang mengalami kesulitan saat dalam melakukan pembayaran pajak. Nomor 08225-8888-601 dipilih sebagai saluran khusus karena mudah diingat oleh para WP. Layanan ini diberikan selama hari kerja mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Sejak tidak berlakunya Surat Setoran Pajak (SSP) secara fisik atau manual, banyak WP yang mengeluh dan mengaku mengalami kesulitan pada saat akan melakukan pembayaran pajak.

Hal itu dikarenakan tidak semua WP di KPP Pratama Bojonegoro yang mengerti tentang teknologi. Tentu saja hal tersebut dapat dimaklumi karena peta wilayah kerja yang mayoritas pedesaan dan tingkat pengetahuan tentang teknologi belum seluruhnya, tidak seperti di kota besar.

Salah satu masalahnya dikarenakan di wilayah pedesaan belum semua terjangkau internet secara maksimal. Berdasarkan sebagian WP dengan usia yang berumur menjadi kendala untuk pembuatan id-billing secara mandiri.

Berbagai keluhan dari WP tentang jarak yang jauh dengan lokasi KPP Pratama Bojonegoro, serta kebiasaan mereka untuk membayar pajak di Kantor Pos terdekat merupakan kendala yang harus segera dicari solusinya.

Hal inilah yang menjadi dasar diluncurkannya nomor khusus pembuatan id-billing supaya para WP dengan mudah mendapatkan kode pembayaran. Mereka dapat mengirimkan sms/whatsapp ke nomor 08225-8888-601 untuk mendapatkan kode pembayaran dengan mencantumkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), jenis pajak, masa pajak, tahun, dan nominal.

Jika WP belum mengetahui jenis pajak yang akan bayarkan, mereka dapat menanyakan terlebih dahulu ke nomor tersebut. Nomor tersebut bersifat interaktif meskipun dibatasi untuk pelayanan pembuatan id_billing.

Layanan ini diberikan pada hari Senin – Jumat mulai jam 08.00 – 17.00 sesuai dengan jam kerja. Pengiriman nomor kode pembayaran dilakukan secepat mungkin dengan batas waktu 24 jam sejak permohonan diterima.

Pelayanan dikhususkan hanya kepada WP yang terdaftar di wilayah KPP Pratama Bojonegoro. Setelah mendapat kode pembayaran, WP dapat membayar di Kantor Pos, Bank, atau menggunakan layanan SMS dan internet banking.

KPP Pratama Bojonegoro berharap dengan diluncurkan layanan ini, semoga para WP di KPP Pratama Bojonegoro lebih mudah dalam melakukan pembayaran dan penerimaan pajak semakin meningkat.

Sumber: www.pajak.go.id


Category: Berita pajak

Tags: , , ,