komoditas ekspor imporKegiatan ekspor impor sudah menjadi agenda wajib dalam perdagangan setiap negara. Kegiatan ekspor impor sangat krusial buat melakukan pertukaran produk berupa barang maupun jasa. Dengan kata lain, ekspor impor dilakukan buat menutupi kekurangan ketersediaan produk suatu negara. Tanpa adanya kegiatan ekspor impor ini, itu artinya ada ketimpangan dalam neraca perdagangan suatu negara.

Ekspor ialah sebuah kegiatan menjual barang maupun jasa pada negara lain. Sementara itu, impor merupakan kegiatan nan dilakukan sebaliknya. Yaitu, kegiatan membeli barang maupun jasa dari negara lain. Dengan bahasa nan lebih sederhana, ekspor berarti kegiatan menjual dan impor berarti kegiatan membeli.

Kegiatan ekspor impor bisa menghasilkan pemasukan bagi negara yang disebut devisa. Devisa ialah proses masuknya uang asing ke suatu negara yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran produk impor barang maupun jasa. Kegiatan ekspor impor tentu saja bertujuan buat memenuhi kebutuhan rakyat dan menambah devisa.

Jika negara kita merasa kekurangan suatu produk maupun jasa atau memang sama sekali tak menghasilkan produk tersebut, dilakukanlah kegiatan impor. Sebaliknya, jika negara kita mampu menghasilkan produk eksklusif dalam jumlah melimpah dan dibutuhkan negara lain, dilakukanlah kegiatan ekspor. Pada dasarnya, kegiatan ekspor impor bisa menguntungkan kedua negara yang melakukan transaksi atau kolaborasi demi pemenuhan kebutuhan rakyatnya.

Komoditas ekspor impor Indonesia, antara lain;

  • Komoditas ekspor
    Komoditas ekspor merupakan Barang barang dari indonesia yang dijual ke luar negri, Contoh dari ekspor yang dilakukan oleh negara indonesia meliputi :
  1. Hasil Pertanian dan hasil laut : getah karet, teh, lada hitam, lada putih, kopi, rotan, udang , ikan tuna, dan lainya.
  2. Hasil Industri : Kayu lapis pakaian jadi, timah, alumunium, minyak kelapa sawit.
  3. Hasil tambang diluar migas : Biji tembaga, biji nikel, bauksit, batubara.
  4. Hasil hutan : kayu, rotan, kemenyan, dammar, barang anyaman, mebel, dan lainya.
  • Komoditas impor
    Komoditas Impor merupakan barang barang yang dibeli  dari luar negeri, yang meliputi :
  1. Barang Konsumsi, terdiri atas makanan dan minuman untuk rumah tangga, bahan bakarm alat angkutan, dan lain lain.
  2. Barang baku dan penolong, meliputi makanan dan minuman untuk industri, bahan baku industri, bahan bakar dan pelumas, suku cadang dan lain lain.
  3. Barang modal, meliputi mesin mesin pabrik, traktor, dan kendaraan bermotor.
  4. Produk pertanian, meliputi terigu, kacang kedelai, beras, dan buah-buahan.

Terkait dengan kebutuhan impor ini, terkadang Indonesia menghadapi kesulitan nan sangat mengganggu kehidupan masyarakat kecil. Misalnya, impor kedelai dari Amerika nan dipatok dengan harga nan sangat mahal, telah mematikan beberapa pengusaha tahu tempe di tanah air.

Secara keseluruhan, produk ekspor impor dikelompokkan ke dalam 2 jenis, barang migas serta barang nonmigas. Barang migas merupakan barang nan berbentuk minyak bumi dan gas. Produk migas tentu saja diperoleh dari penambangan. Sementara itu, produk nonmigas dihasilkan dari pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dan hasil tambang nan bukan minyak bumi dan gas.

PT SINERGI SOLUSI BISNIS | THE REAL BUSINESS SOLUTIONS

Consulting and trainingInformasi Training
Head Office:
Menara Palma lantai 12 Jl HR Rasuna Said Blok X-2 Kav. 06 Kuningan jakarta 12950

Branch Office:
Jln Kayu Manis No C1 Jakarta Timur 13530, Indonesia
Tel : (021) 8012521
Email : info@solusibisnis.co.id
Website : www.solusibisnis.co.id


Category: Ekspor Impor

Tags: ,