Melalui program tax amnesty (pengampunan pajak) yang sedang gencar dijalankan oleh pemerintah Indonesia, jumlah harga yang telah disampaikan oleh wajib pajak (WP) mencapai hampir 3.860 triliun rupiah. Data ini didapat hingga hari Jumat (21/10/2016), pukul 15.13 WIB dan hal ini menunjukkan kenaikan kurang lebih 19 triliun hanya dalam waktu sepekan. Bahkan jika dibandingkan dengan kamis pekan lalu (20/10/2016) pukul 15.25 WIB, nilai pernyataan harta mengalami kenaikan 4 triliun rupiah.

Jika dilihat dengan lebih mendetail, jumlah perolehan tersebut didapat dari nilai repatriasi (pengalihan dari luar negeri) yang mencapai 143 triliun dimana baru berhasil memenuhi target sekitar 14,3% dari 1.000 triliun, sedangkan nilai deklarasi harga dari dalam negeri lebih mendominasi dengan perolehan sebesar 2.735 triliun rupiah.

Data-data tersebut didapat dari halaman resmi Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan dengan menilik data statistik amnesti perpajakan yang ada. Mayoritas harta sebesar 70,85% didapat dari deklarasi harta bersih dalam negeri, sedangkan 25,46% diperoleh melalui deklarasi harta bersih luar negeri, dan terakhir hanya sebesar 3,70% yang merupakan repatriasi aset luar negeri.

Jumlah Harta yang Disampaikan WP Mencapai Hampir 3.860 Triliun Rupiah Berkat Tax Amnesty

Jumlah Harta yang Disampaikan WP Mencapai Hampir 3.860 Triliun Rupiah Berkat Tax Amnesty

Jika dibandingkan dengan target yang ingin dicapai, angka deklarasi dan repratiasi sudah mencapai setengahnya, yaitu 59,21% atau 97,7 triliun rupiah dari 165 triliun yang ditargetkan hingga akhir program di bulan Maret pada tahun 2017 mendatang. Jumlah realisasi tersebut merupakan angka yang berhasil didapatkan dari Surat Setoran Pajak (SSP) yang melingkupi pembayaran penghentian pemeriksaan bukti permulaan, pembayaran tunggakan pajak, dan pembayaran tebusan amnesti pajak.

Perlu diketahui bahwa pelaksanaan program pengampunan pajak ini dimulai sejak tanggal 18 Juli sampai 31 Maret 2017 yang akan datang dimana dibagi menjadi masing-masing 3 bulan untuk tiga periode. Tambahan lagi, sebanyak total 425.993 surat pernyataan telah diterima dihitung dari awal periode program sampai hari ini dan sebesar 27.041 sudah tercatat telah diterima sepanjang bulan ini.

Program ini masih terus didorong oleh pemerintah Indonesia agar segera mencapai target yang diharapkan dan demi kesadaran WP memenuhi kewajiban perpajakannya.

Source: bisnis.com


Category: Berita ekonomi finansial , Berita pajak

Tags: , , , ,