Topik:Update Terkini dan Best Practice Penyusunan Laporan TP Doc Berdasarkan PMK 213 Tahun 2016
Pelaksanaan :Selasa, 5 Juni 2018
(08.30 – 16.30 WIB)
Tempat:Hotel Puri Denpasar Jakarta
Investasi:Earlybird    IDR. 1.700.000
Special Price:

  • Rp. 3.000.000 / 2 Orang
  • Rp. 4.000.000 / 3 Orang

Normal       IDR. 2.000.000

Fasilitas:2x coffee break dan 1x makan siang, Sertifikat, Modul, dan Workshop Kit

 

Update Terkini dan Best Practice Penyusunan Laporan TP Doc Berdasarkan PMK 213 Tahun 2016

 

 

Latar Belakang

Pada tanggal 5 Januari 2017 Menteri Keuangan Republik Indonesia telah mengeluarkan PMK 213/PMK.03/2016 untuk mengadopsi BEPS Action Plan Nomor 13 terkait dengan Kewajiban Pembuatan dan Penyimpanan Dokumentasi Transfer Pricing sebagai bukti aplikasi prinsip kewajaran dan kelaziman usaha oleh Wajib Pajak atas berbagai transaksi afiliasi yang dilakukan. PMK ini memuat aturan tentang Jenis Dokumen dan/atau Informasi Tambahan yang Wajib Disimpan oleh Wajib Pajak yang Melakukan Transaksi dengan Para Pihak yang Mempunyai Hubungan Istimewa serta Tata Cara Pengelolaannya. PMK ini akan berdampak banyak terhadap pemenuhan kewajiban perpajakan Wajib Pajak yang memiliki transaksi afiliasi untuk tahun pajak 2016, khususnya terhadap kewajiban penyampaian SPT PPh Badan yang wajib disampaikan ke DJP pada akhir April 2017. Berdasarkan aturan ini Dokumentasi Transfer Pricing Wajib Pajak Tahun Pajak 2016 harus sudah tersedia paling lama 4 (empat) bulan setelah akhir Tahun Pajak.

Materi

Training / Workshop mengenai Kewajiban Dokumentasi Transfer Pricing ini diselenggarakan untuk membantu para peserta memahami PMK 213/PMK.03/2016 tersebut dan memperoleh pemahaman atas hal-hal berikut:

Hari Ke-1

  1. Konsep Transfer Pricing :
    • Definisi Transfer pricing
    • Analisa Kesebandingan (Comparability Analysis)
    • Analisa Fungsi, Aset dan Resiko (FAR)
    • Metode Transfer Pricing
  2. Kriteria WP yang tidak wajib dan yang wajib membuat TP Documentation untuk tahun pajak 2016
  3. Sanksi dan konsekwensi apa saja apabila tidak membuat TP Documentation tahun pajak 2016 bagi yang diwajibkan membuat TP Documentation.
  4. Pengaruh PMK No. 213/PMK.03/2016 terhadap ketentuan Transfer Pricing sebelumnya (PER-43/PJ/2010 jo PER-32/PJ/2011)
  5. Perbedaan TP Documentation dalam PMK No. 213/PMK.03/2016 dengan praktik TP Documentation sebelumnya;
  6. Daftar isi TP Documentation berdasarkan PMK no. 213/PMK.03/2016;
  7. Poin-poin penting yang harus diperhatikan dalam penyiapan TP Documentation berdasarkan PMK 213/PMK.03/2016.

Instruktur

Lilik F. Pracaya, Ak., C.A., M.E.

Berpengalaman bekerja di Direktorat Jenderal Pajak selama hampir 20 (dua puluh) tahun dengan pengalaman sebagai pemeriksa pajak, peneliti keberatan dan banding pajak. Sebelum bekerja sebagai konsultan pajak, Lilik bekerja sebagai Senior Finance, Accounting and Tax Manager suatu perusahaan terbuka di Indonesia selama 2 (dua) tahun. Lilik alumni dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dan Magister Ekonomi MPKP FE UI.

Memiliki keahlian yang cukup mendalam di bidang perpajakan Indonesia maupun perpajakan internasional, tax treaty dan transfer pricing. Memiliki pengetahuan yang mendalam terkait corporate finance, pasar modal Indonesia, financial due diligence, merjer dan akuisisi, pemodelan keuangan dan valuasi bisnis. Lilik juga memiliki Sertifikasi Keahlian Transfer Pricing yang dikeluarkan oleh Chartered Institute of Taxation (CIOT), UK. Berpengalaman menangani berbagai perusahaan menengah dan besar dengan beragam jenis usaha, baik perusahaan dalam negeri maupun perusahaan asing dan telah terlibat dalam penyusunan ratusan dokumentasi transfer pricing berbagai perusahaan asing dengan beragam jenis usaha.

 

Hanhan Haeruman. SE, AK, CA

Berpengalaman bekerja di konsultan pajak 20 (dua puluh) tahun dengan pengalaman terakhir sebagai konsultan transfer pricing documentation sejak tahun 2010. Selain sebagai konsultan pajak juga sebagai instruktur perpajakan di berbagai lembaga pelatihan pajak diantaranya di FEUI dan IKPI


Contact Person: Septian / Fiki

Silahkan hubungi kami di nomor (021) 228-069-13
SMS 0815-7457-8697 (Septian) | 0896-0976-4345 (Fiki)

Kami menyediakan kelas in house training dengan Nilai investasi yang kompetitif, waktu yang fleksibel dan tentunya menguntungkan bagi perusahaan anda. jika berminat silahkan hubungi kami via email atau telepon!


 

Formulir Pendaftaran Training dan Seminar
  1. [wajib]
  2. [wajib]
  3. (email aktif)
  4. [wajib]
  5. [wajib]
  6. [wajib]
  7. [wajib]
  8. [wajib]
  9. [wajib]
 

 

PT SINERGI SOLUSI BISNIS | THE REAL BUSINESS SOLUTIONS

Business Consulting | Provider Training | Informasi Training Indonesia
Jln. Raya Inpres No. 42 Batu ampar, Kramatjati, Jakarta Timur, Indonesia 13540
Telepon (021) 228-069-13 | Email: info@solusibisnis.co.id | Website: www.solusibisnis.co.id