Training Perbaikan Proses Bisnis

  • Topik Training:  Pelatihan Perbaikan Proses Bisnis Untuk Peningkatan Efisiensi
  • Kategori : manajemen bisnis
  • Tempat: Hotel Puri Denpasar, Jakarta
  • Tanggal Pelaksanaan:
    • 20 – 21 Desember 2016
  • Investasi:
    • Normal Rp. 3.500.000,-/ orang
    • Early Bird Rp. 3.250.000,- / orang (Pembayaran 10 hari Kerja sebelum tanggal pelaksanaan training)
      *Biaya Tersebut Tidak Termasuk Akomodasi, Penginapan Hotel.
  • Fasilitas:
    • Dua kali coffee break dan satu kali makan siang
    • Sertifikat
    • Training Moduls
    • Workshop Kit
    • Meeting Room

 

Outline Training Proses Bisnis

proses bisnis

proses bisnis – Agar sukses dalam bisnis, masalah adalah tantangan yang harus diatasi, salah satunya adalah dengan menggunakan pendekatan sistem. Implementasinya adalah melalui inisiatif perbaikan proses bisnis. Pada workshop ini, kami fokus kepada peningkatan kemampuan anda dalam memperbaiki proses bisnis kunci secara konsepsual dan praktis melalui contoh implementasi pada proses bisnis manajemen proyek.

Dengan mengikuti workshop ini peserta akan memperoleh manfaat berikut ini:

  • Bagi entitas bisnis, workshop ini akan memandu entitas dalam melakukan perbaikan dan transformasi usaha yang berkelanjutan dengan pendekatan dan langkah – langkah yang sederhana serta mudah untuk diterapkan.
  • Bagi kalangan manajemen, bermanfaat untuk:
    • menanamkan pola berfikir sistem dalam memandang dan mengelola organisasi bisnis beserta elemen – elemennya.
    • membangkitkan kesadaran bahwa dalam mengidentifikasi, mendefinisikan dan menganalisis setiap permasalahan bisnis, dibutuhkan suatu pendekatan dan kerangka kerja yang sistematis serta mudah diaplikasikan oleh berbagai pihak di berbagai level manajemen dan di berbagai tipe organisasi bisnis.
    • memberikan pengetahuan dan keahlian dalam menerapkan metodologi pemecahan masalah bisnis berbasis proses.
    • memberikan wawasan dan menanamkan kesadaran bagi setiap orang yang terlibat dalam organisasi bisnis bahwa setiap peran, fungsi dan aktifitas yang mereka lakukan akan berdampak secara sistematis terhadap peran, fungsi dan aktifitas lainnya serta terhadap perusahaan secara keseluruhan.
    • memberikan wawasan mengenai peranan dan pemanfaatan teknologi informasi dalam mengelola bisnis dan proses bisnis.
  • Bagi kalangan akademisi dan mahasiswa, khususnya di jurusan bisnis dan sistem informasi, workshop ini bermanfaat untuk menjembatani antara pengetahuan teoritis dan teknis yang dikaji di bangku pendidikan dengan aplikasinya di dunia bisnis.
  • Bagi kalangan umum, bermanfaat untuk memperluas wawasan dan gambaran mengenai entitas bisnis, aktivitas yang dilakukan dan cara mengelolanya.

Materi Training Proses Bisnis

  • Kerangka Penanganan Masalah Bisnis 
    Bagian ini bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai pentingnya keberadaan suatu kerangka pemecahan masalah yang dapat diterapkan terhadap berbagai permasalahan bisnis.
    Materi:

    • Tantangan Bisnis
    • Sinyal vs Akar Masalah
    • Cegah, Deteksi dan Koreksi
    • Beberapa Kisah Sukses
    • Keahlian dalam Menemukan Solusi
    • Evaluasi Kemajuan
  • Sistem dan Proses Bisnis
    Bagian ini bertujuan untuk
    menjelaskan manfaat pendekatan sistem sebagai perspektif manajemen bisnis dan menggambarkan dekomposisi entitas bisnis dari berbagai sudut pandang, sehingga mempermudah pembaca memahami elemen – elemen yang terlibat di dalam sistem bisnis konsep, metode dan alat yang menjadi fondasi dan sarana pengelolaan proses
    Materi :

    • Pendekatan dan metodologi system
    • Konsep Proses Bisnis (Definisi, Perspektif, Pendekatan, Metodologi dan Metode)
    • Tata Kelola dan Manajemen Proses Bisnis
    • Perbaikan (optimasi vs perubahan)
    • Momen dan Momentum Perbaikan
    • Evaluasi Kemajuan
    • Ringkasan
  • Proses Bisnis Manajemen Proyek
    Bagian ini memberikan gambaran umum proses bisnis beserta aktivitas-aktivitas yang menjadi bagian dari suatu manajemen proyek.
    Materi :

    • Proses Inisiasi
    • Proses Perencanaan
    • Proses Pelaksanaan
    • Proses Pelaporan dan Evaluasi
    • Integrasi dan Sinkronisasi Proses Manajemen Proyek dengan Proses Bisnis Lain
    • Evaluasi Kemajuan
    • Ringkasan
  • Roadmap Perbaikan
    Bagian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan strategi, tahapan dan pelaku perbaikan proses bisnis
    Materi:

    • Strategi Perbaikan
    • Roadmap
    • Tahapan yang Harus Dilalui
    • Berperan sebagai Fasilitator
    • Tentukan Teknik dan Siapkan Kotak Peralatan
    • Ilustrasi Kasus
    • Evaluasi Kemajuan
    • Ringkasan
  • Persiapan
    Bagian ini bertujuan untuk menjelaskan dan melatih langkah langkah yang dilakukan dan cara serta alat yang dibutuhkan pada tahap persiapan
    Materi:

    • Inventarisir Proses: Walk- through vs Process Mining
    • Identifikasi & Definisi Masalah
    • Menentukan Prioritas
    • Menentukan Ruang Lingkup
    • Menetapkan Sasaran dan Base line
    • Merumuskan Agenda dan Parameter Capaian
    • Manajemen Proyek (Internal vs Eksternal vs Mix, Permanen vs Adhock, anggaran, jadwal)
    • Ilustrasi Kasus
    • Evaluasi Kemajuan
    • Ringkasan
  • Deskripsi dan Pemetaan
    Bagian ini bertujuan untuk menjelaskan dan melatih langkah langkah yang dilakukan dan cara serta alat yang dibutuhkan pada tahap pemetaan
    Materi:

    • Properti & Atribut Proses
    • Pemetaan
    • Waspadai Jebakan
    • Waktu Proses
    • Biaya Proses
    • Kombinasi Waktu dan Biaya
    • Peluang Penghematan
    • Verifikasi
    • Ilustrasi Kasus
    • Evaluasi Kemajuan
    • Ringkasan
  • Analisis Proses
    Bagian ini bertujuan untuk menjelaskan dan melatih langkah langkah yang dilakukan dan cara serta alat yang dibutuhkan pada tahap analisis
    Materi:

    • Patuhi Regulasi
    • Hindari Birokrasi
    • Optimalkan Nilai Tambah
    • Hilangkan Duplikasi dan Redundansi
    • Simplifikasi
    • Persingkat Waktu Siklus
    • Otomasi
    • Estimasi Nilai Ekonomi
    • Ilustrasi Kasus
    • Evaluasi Kemajuan
    • Ringkasan
  • Desain Perbaikan
    Bagian ini bertujuan untuk menjelaskan dan melatih langkah langkah yang dilakukan dan cara serta alat yang dibutuhkan pada tahap desain
    Materi:

    • Optimasi (modifikasi) vs Perubahan (redesain & rekayasa ulang)
    • Desain Proses
    • Desain Atribut
    • Uji dan Perbaiki
    • Dokumen & Dokumentasi
    • Ilustrasi Kasus
    • Evaluasi Kemajuan
    • Ringkasan
  • Implementasi
    Bagian ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan menjelaskan aspek – aspek penting dalam mengelola perubahan proses bisnis serta strategi dan teknik yang dapat digunakan.
    Materi:

    • Mengantisipasi Penolakan
    • Pegang Kuncinya: Kepemimpinan & Motivasi
    • Tipe Perubahan
    • Model Perubahan
    • Strategi Perubahan
    • Proses Perubahan
    • Revisi Kebijakan
    • Komunikasi
    • Ilustrasi Kasus
    • Evaluasi Kemajuan
    • Ringkasan
  • Perbaikan Berkesinambunga n (Continues Improvement)
    Bagian ini bertujuan untuk menjelaskan metode dan alat untuk mengukur, menganalisis dan memonitor dampak perbaikan, serta memelihara dan merencanakan perbaikan berkelanjutan.
    Materi:

    • Analisis Dampak
    • Monitor & Evaluasi
    • Pengujian & Penilaian
    • Rencana Perbaikan Berkesinambungan
    • Perbaiki Lagi
    • Ilustrasi Kasus
    • Evaluasi Kemajuan
    • Ringkasan
  • Otomasi Proses dengan Sistem Informasi
    Bagian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana mengimplementasikan perbaikan proses ke dalam system.
    Materi:

    • Pengembangan SI
    • Piramid Otomasi
    • Menyelaraskan Perubahan Proses dengan SI
    • Mendefiniskan Kebutuhan Sistem
    • Menyesuaikan dengan Kebutuhan
    • Ilustrasi Kasus
    • Evaluasi Kemajuan
    • Ringkasan
  • Monitoring Proses dengan Sistem Navigasi
    Bagian ini bertujuan untuk menjelaskan system informasi navigasi sebagai alat control dan evaluasi proses bisnis.
    Materi:

    • Kokpit
    • Navigasi lewat Dashboard
    • Pengembangan Parameter
    • Desain Sistem
    • Dimana Posisi Anda Saat Ini?
    • Ilustrasi Kasus
    • Evaluasi Kemajuan
    • Ringkasan

Instruktur Training Proses Bisnis

MUHAMAD AL GAMAL, SE. Ak, MA, CA.
Beliau lahir di Jambi, 4 November 1974. Lulusan Universitas Brawijaya Malang sebagai Sarjana Ekonomi Akutansi, dan menyelesaikan Master of Science in Administration/ MA di Universitas Indonesia pada tahun 2011. Bekerja sebagai Consultant & Coach on Management System Improvement dan menjabat sebagai CEO Center for e-Accountability System (www.ceasystem.com) dari tahun 2015 hingga sekarang.

Beliau juga memiliki keahlian, antara lain : Business Accounting and Budgeting, Government Accounting and Budgeting, Financial Statement Analysis, Management Accounting and Auditing, Taxation, Business Process Design and Management, Designing Management / Accounting Information System (manual and computerized), Financial Audit, Computer Programming, Database Management, Business Policy Develoment, Business Dashboard System dan Business Intelligence.
Keahlian Beliau menjadikan Beliau sebagai professional menangani perusahaan-perusahaan seperti Waskita Karya Group, Agung Sedayu Group, Bank Jambi, Bank Syariah Mandiri, Pertamina Group, PT Kimia Farma Tbk, PT Wijaya Karya Tbk, PT Binakarindo Yaco Agung, PT Nissan Djaya Rentalindo dan sebagainya.

Beliau juga aktif melakukan penelitian dan menulis artikel serta mengikuti kursus dan workshop seperti antara lain : Tax Brevet (Corporate Taxation), Microsoft Certified Solution Developer / MCSD, Microsoft Certified Data Base Administrator / MCDBA, Accounting for Islamic Bank, Training on Trainer in Accounting and Budgeting for Local Government, Certified Information System Audit/CISA dan Mobile & Web System Development

Formulir Pendaftaran Training dan Seminar
  1. [wajib]
  2. [wajib]
  3. (email aktif)
  4. [wajib]
  5. [wajib]
  6. [wajib]
  7. [wajib]
  8. [wajib]
  9. [wajib]
 

PT SINERGI SOLUSI BISNIS | THE REAL BUSINESS SOLUTIONS

Business Consulting | Provider Training | Informasi Training Indonesia
Office:
Jln Raya Inpres No. 42 Batu ampar, Kramatjati, Jakarta Timur, Indonesia 13540
Telpon : (021) 228-069-13
Email : info@solusibisnis.co.id
Website : www.solusibisnis.co.id