INFORMASI TRAINING TAHUN 2015

  • Topik Training: Pelatihan Procurement Management
  • Kategori Training: IT Management
  • Tempat: Hotel Puri Denpasar, Jakarta
  • Tanggal Pelaksanaan:
    •  11 – 12 Agustus 2015
    • 29 – 30 Desember 2015
  • Investasi:
    • Rp. 3.800.000,- Biaya investasi tersebut berlaku untuk 1 peserta
      *Biaya Tersebut Tidak Termasuk Akomodasi,Penginapan Hotel.
  • Fasilitas:
    • Dua kali coffee break dan satu kali makan siang
    • Sertifikat
    • Training Moduls
    • Workshop Kit
    • Hotel Room

DESKRIPSI PELATIHAN

Procurement (Pengadaan) adalah mendapatkan barang, jasa atau pekerjaan dari sumber eksternal luar. Hal ini akan menguntungkan jika yang diperoleh adalah barang, jasa atau pekerjaan yang tepat dan dibeli dengan biaya yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan pembeli dilihat dari segi kualitas dan kuantitas, waktu, dan lokasi. Perusahaan dan badan-badan publik sering mendefinisikan proses dimaksudkan untuk mempromosikan kompetisi yang adil dan terbuka untuk bisnis mereka dan meminimalkan terjadinya fraud dan kolusi

Dalam setiap aspek Business Procurement Management dapat menghemat atau memboroskan. Ini merupakan satu-satunya cara yang diperlukan melalui proses Procurement Management untuk memperoleh barang dan jasa dari luar organisasi pelaksana.

Selanjutnya, Proses Procurement Management merupakan tehnik dimana barang yang dibeli dari pemasok eksternal. Proses Procurement Management meliputi pengelolaan pemesanan, penerimaan, review dan persetujuan barang-barang dari pemasok. Hal ini juga menentukan bagaimana hubungan pemasok akan dicapai untuk memastikan tingkat layanan yang diterima.

Dalam pelatihan berdurasi dua hari ini Procurement Management akan dibahas dari perspektif pembeli dalam hubungan  pembeli – penjual  yang, bisa ada di berbagai tingkatan kerja tergantung pada area penerapannya.. Pelatihan ini mengasumsikan bahwa penjual adalah eksternal dari performing organization.

Secara umum, pelatihan ini memperkenalkan para peserta tentang konsep dan teori yang akan membantu peserta mengidentifikasi dan menganalisis berbagai aspek Procurement Management. Pelatihan ini berkaitan dengan Procurement Management sebagai komponen penting dari Supply Chain Maagement secara keseluruhan. Hal ini mencakup strategi pengadaan, proses dan prosedur pengadaan, spesifikasi pembelian, evaluasi pemasok dan seleksi, negosiasi dan administrasi kontrak, e-procurement dan outsourcing. Pelatihan ini juga berfokus pada hubungan timbal balik pengadaan dengan seluruh bidang fungsional organisasi. Pelatihan ini akan meningkatkan kemampuan Anda untuk unggul dalam Procurement atau pasokan rantai profesi Anda.

TRAINING OBJECTIVES:

Tujuan keseluruhan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi dan transparansi dalam proses Procurement peserta dalam pekerjaan sehari-hari mereka dan secara umum di tempat kerja mereka. Secara khusus, para peserta diharapkan pada akhir training mampu untuk: :

  • Memperoleh pengetahuan dan skill  dari konsep dan best practice dalam bidang Procurement Management secara umum
  • Memahami secara esensial konsep dan best practices tipe-tipe Procurement Management seperti: Public Procurement Management, Private-Sector Procurement, Project  Procurement Management
  • Mengetahui Proses-proses Procurement dan mendapatkan skill bagaimana menggunakan Standard Bidding Document (SBD)
  • Memahami bagaimana melakukan pemilihan suppliers/vendors
  • Mengetahui trend dalam bidang Procurement Management, yaitu: Procurement Management System, e-Procurement, etc
  • Mendapatkan skill penggunaan Microsoft Project 2007/2010 pada Procurement Project Session dibawah bimbingan trainer yang berpengalaman dan trampil.

Note:
Karena training ini bersifat interaktif dan berbass aktifitas, maka Procurement Plan yang dikembangkan oleh para peserta secara spesifik akan disesuaikan dengan requirement dari industri dan organisasi peserta

PESERTA YANG DIHARAPKAN HADIR

  • Procurement Managers / Senior Officers
  • Purchasing Managers / Senior Officers
  • Contract Administration Managers / Officers
  • Project Managers / Engineers / Officers
  • Para Manager dari bidang lain, Engineers dan Senior Staff yang membutuhkan keahlian untuk melakukan dan mengelola fungsi  purchasing/procurement

TRAINING BENEFITS

  • Semua peserta akan mendapatkan PROCUREMENT MGMT TOOLKIT terdiri dari Learning     Material, References, Process and Templates, Samples of Procurement Documents
  • Trainer yang berpengalaman dan bersertifikasi internasional akan memfasilitasi para peserta  dalam sesi Studi Kasus  menggunaka Hands-on Approach
  • Memperoleh skill penggunaan Microsoft Project 2007/2010 untuk Procurement Project yang difasilitasi oleh trainer yang berpengalaman dan trampil

AGENDA TRAINING DAN TOPIK YANG AKAN DIBAHAS

DAY  ONE : 

  • The Procurement Environment
  • Understanding Definition:Procurement versus Purchasing
  • Roles and Responsibilities
  • Types of Procurement Management:
    • Public Procurement Management
    • Private Procurement Management
    • Project Procurement Management
  • Procurement Process
  • The Bidding Process

DAY  TWO : 

  • Standard Bidding Documents
  • Procurement Planning and Budgeting
  • Statement of Requirements
  • Evaluation and Evaluation Methodologies
  • Supplier/Vendor Selection
  • Administrative Review
  • Procurement Audits
  • Procurement Ethics and Procurement Fraud
  • Current Trends and Developments in Procurement

Catatan:
Studi Kasus Procurement Project akan dikerjakan oleh satu grup terdiri dari 3 sampai dengan 5 orang.
Direkomendasikan bahwa semua peserta sebaiknya membawa Note Book/LapTop ke ruang kelas pada saat sesi Studi kasus

Lead Trainer Profile

 Ir. Muhammad Tavip, MPM, Cert.HR (US-Based)

  • Muhammad Tavip, Ir., MPM, Cert. HR pemegang sertifikasi internasional Project Management berdasarkan PMBOK – PMI, USA dan  Human Resource Management (US-based), Alumni of Institut Teknologi Bandung (1992) dan   Post Graduate Diploma dari University of South Australia, Adelaide (1995).  Beberapa Sertifikasi Internasional yang dipegangnya adalah: Project Management (PM)/ITPM, Software Business Analysis (SBA), Business Analysis, Systems Analysis and Design (SAD), Software Quality Assurance (SQA), Software Testing Professional (STP),  IT Infrastructure Library (ITIL ), Disaster Recovery Planning (DRP).
  • Memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang IT, Management and Business. Beliau Mengelola Proyek berskala Nasional dan International. Memberikan jasa konsultansi di bidang Project Management dan IT Pr0ject Management, Enterprise Project Management using Project Server 2003/2007/2010, Pelatihan dan Konsultansi Implementasi Balanced Scorecard, dan  IT Management consulting. Beliau merupakan salah satu pendesain software Balanced Scorecard MBRIO yang telah digunakan beberapa perusahaan swasta berskala UKM.
  • Beliau berpengalaman lebih dari 10 tahun memberikan pelatihan baik public maupun in-house dan Coaching untuk bidang IT Management termasuk: Project Management (PM)/ITPM, Software Business Analysis (SBA), Business Analysis, UML, Systems Analysis and Design (SAD), Software Quality Assurance (SQA), Software Testing Professional (STP),  IT Infrastructure Library (ITIL V2 and V3 ), Disaster Recovery Planning (DRP), IT Risk Management, Information Security Management (ISMS) based on PBI and ISO 27001/27002, COBIT 5 Foundation, Operation Management ( supply chain management, Logistics Management, Warehouse Management, Inventory Management), Project Financing, Business Process Management, Business Process Mapping, Busines Process Improvement, dll.
  • Dari tahun 2001 s/d sekarang Beliau telah membimbing lebih dari 5000 para project Manager di Indonesia mempelajari Project Management dan IT Project Management berdasarkan standard defector PMBOK – PMI, USA mulai dari versi 2000, 2004, 2008, dan PMBOK 2013.
  • Beberapa klien yang pernah mendapatkan bimbingan/ training/coaching/ konsultasi Project Management/ IT Project Management sejak 2001 s/d sekarang diantaranya adalah:
    • PEMERINTAHAN & BUMN:
    • Bank Indonesia, PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Depnakertrans, Departemen Dalam Negri, Departemen PU, Departemen Agama, Departemen Keuangan, PLN, BKPM, BPKP, PT. PUSRI, Sekolah Staff Komando Angkatan Laut (SESKOAL). PT. Telkom, PT. Sigma Cipta Caraka (Telkom Subsidiary), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), PT. Antam, Tbk, PT. Laras Astra Kartika, dll.
    • PERUSAHAAN SWASTA:
    • PT. Bank Artha Graha International Tbk, Bank BTN, PT. Bank UOB Buana, Artha Jasa, Kabel Vision, Alcatel, PT. Hindoli (A Cargill Co), Satelindo, Excelcom, Bank Bali, Bank Permata, Tbk, Citra Sari Makmur, PT. Amway Indonesia, PT. Pabrik Kerta Tjiwi Kimia, PT. Astragraphia, Tbk, Metro TV news, PT. Intikom, PT. Bank DKI, Galenium Pharmasia Lab, PT. Unicharm Indonesia, PT. Primacom, PT. Gramedia – Majalah, Swadharma, PT. Data Script, PT. Bank Mega, PT. Astra Oto Parts, Talisman Energy Inc, PT. Berca Hardaya Perkasa, PT. Mandiri Sekuritas, PT. Arutmin, ACC, PT. Smart, Tbk, PT. Edi Indonesia, PT. Sinarmas Land,  PT. Varia Daria, dll.
    • PERUSAHAAN ASING:
    • Caltex, Unocal, PWC, Chevron, BHP Billiton, Vico Indonesia, PT. Coats Indonesia, PT. Sumiko Leadframe Bintan, PT. Metlife Sejahtera, Santos Asia Pacific Pty Ltd, German Centre, PT. Thames PAM Jaya, PT. AC Nielsen Indonesia, KPC, PT. Freeport Indonesia, PT. Mattel Indonesia, PT. Bank Rabobank International Indonesia, PT. Roche Indonesia, PT. Nestle Indonesia, PT. Arun LNG, PT. Sinar Meadow International Indonesia, PT. Bank HSBC, PT. Oberthur Indonesia, PT. Bank Woori Indonesia, PT. Bank of Tokyo, PT. Atlas Copo,  PT. Bank RBS, Department of Peace Building and Social Cohesion (DPBSC) UNDP Timor Leste,dll.
    • UNIVERSITAS & LSM:
    • Universitas PETRA, STIE Perbanas, Universitas Trisakti, HIV Foundation, Universitas Maranatha, Universitas Satya Wacana, Universitas Atmajaya World Vision, dll.

 

Formulir Pendaftaran Training dan Seminar
  1. [wajib]
  2. [wajib]
  3. (email aktif)
  4. [wajib]
  5. [wajib]
  6. [wajib]
  7. [wajib]
  8. [wajib]
  9. [wajib]
 

 

 

PT SINERGI SOLUSI BISNIS | THE REAL BUSINESS SOLUTIONS

Business Consulting | Provider Training | Informasi Training Indonesia
Office:
Jln Raya Inpres No. 42 Batu ampar, Kramatjati, Jakarta Timur, Indonesia 13540
Telpon : (021) 228-069-13
Email : info@solusibisnis.co.id
Website : www.solusibisnis.co.id

DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG