Informasi Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan dan Pajak UMKM

  • Topik: Komputerisasi Penyusunan Laporan Keuangan dan Pajak UMKM
  • Kategori: Pelatihan HRD
  • Tempat: Hotel Puri Denpasar, Jakarta Selatan
  • Tanggal Pelaksanaan:
    • 27 – 28 Februari 2017
  • Investasi:
    • Investasi  Normal IDR 3.800.000
      Investasi  Early Bird IDR 3.500.000
      *Biaya Tersebut Tidak Termasuk Akomodasi, Penginapan Hotel.
  • Fasilitas:
    • Dua kali coffee break dan satu kali makan siang
    • Sertifikat
    • Training Moduls
    • Workshop Kit

Penyusunan Laporan Keuangan dan Pajak UMKM

Deskripsi Training Penyusunan Laporan Keuangan dan Pajak UMKM

Saat ini Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tumbuh pesat di Indonesia. Namun banyak kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM salah satunya adalah akses modal ke bank. UMKM tidak mampu untuk melakukan peminjaman modal dari perbankan karena tidak memenuhi persyaratan perbankan untuk mendapatkan pinjaman, yaitu persyaratan laporan keuangan yang berdasar Standar Akuntansi Keuangan (SAK), dan juga persyaratan pemenuhan kewajiban perpajakan sesuai dengan Undang-Undang Perpajakan yang berlaku.

Untuk itu pastinya UMKM membutuhkan keterampilan di dalam membuat pembukuan yang mudah dan cepat untuk membuat laporan keuangan sesuai dengan tandar akuntansi yang berlaku dan membuat laporan perpajakan sesuai dengan Undang-Undang Perpajakan (KUP, PPh dan PPN).

Dalam Training “KOMPUTERISASI PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN & PAJAK UMKM” kita akan mempelajari bagaimana cara menyajikan laporan keuangan yang cepat dan akurat menggunakan Software Komputer Akuntansi berbasis Microsoft Excel dan memberikan pengetahuan dan kemampuan yang komprehensif dalam bidang perpajakan sehingga dapat memenuhi kewajiban perpajakannya dengan baik dan benar.

TUJUAN TRAINING:

  1. Peserta dapat menyajikan laporan keuangan yang cepat, mudah, akurat berdasar Standar Akuntansi Keungan dan dengan sistem komputerisasi berbasis Excel sehingga sangat mudah untuk dilakukan
  2. Peserta dapat mengerti dan memahami pajak seputar UMKM, menghitung pajak, menyiapkan SSP untuk membayar pajak, dan menyiapkan SPT untuk pelaporan Pajak usaha.

TARGET AUDIENS

  1. Pemilik UMKM baik untuk yang baru mendirikan ataupun sudah lama.
  2. Manajer dan Staff dari, Finansial&Accounting, Logistic, Procurement,HRD, Marketing and Distribution, Asset.
  3. Mahasiswa Akuntansi yang berminat
  4. Serta siapa saja yang ingin meningkatkan kompetensi mereka di bidang ini.

CAKUPAN MATERI TRAINING :

 Hari 1 :

  • Memahami Siklus Akuntansi
  • Memahami Dasar-dasar Operasi Excel (Pivot, Function, Layout, Filter dll)
  • Setup Database Laporan Keuangan
    • Merancang Laporan Keuangan
    • Menentukan Daftar Akun (Chart of Account)
    • Merubah, menambahkan dan meghilangkang akun
  • Pencatatan Trasaksi Kas, Bank dan Penjualan
  • Input data dan posting transaksi keuangan
  • Penyusunan Aktiva Tetap dan Penyusutan Aktiva Tetap
  • Jurnal Umum
  • Mempersiapkan Neraca Percobaan (TB) dan Buku Besar (GL)
  • Mempersiapkan Laporan Keuangan (B/S, P/L, Equity)
  • Filing System Dokumen Transaksi dan Laporan Keuangan
  • Diskusi interaktif

Hari 2 :

  • Pengantar Pajak UMKM
    • Hak dan kewajiban wajib pajak
    • Bentuk Usaha (OP, FA,CV, PT dan Koperasi) dan implikasi perpajakannya.
    • Pendaftaran NPWP
    • e-billing, e-faktur dan e-filing
  • Perhitungan Pajak UMKM Orang Pribadi / Perusahaan
    • Pajak yang dibayar sendiri bulanan (PP 46 tahun 2013)
    • Orang Pribadi Pengusaha Tertentu
  • Pemotongan dan Pemungutan Pajak UMKM
    • PPh Pasal 21/26 (Pembuatan Bukti Potong, SSP, dan SPT Masa)
    • PPh Pasal 22
    • PPh Pasal 23/26 (Pembuatan Bukti Potong, SSP dan SPT Masa)
    • PPh Pasal 4 ayat 2 (Pembuatan Bukti Potong, SSP, dan SPT Masa)
  • Pelaporan Pajak
    • Batas Waktu Pembayaran dan Pelaporan SPT Masa PPh
    • Sanksi terlambat bayar dan Lapor
  • PPN
    • Konsep PPN, Pajak Keluaran dan Pajak Masukan
    • Faktur Pajak (E-Faktur), SSP, SPT Masa
    • Pembayaran dan Pelaporan dan Sanksi keterlambatan
  • Pajak – Pajak lainnya
    • PBB, BPHTB, Bea Materai
    • Pajak Daerah (PB-1, Pajak Reklame)
    • Diskusi interaktif

METODE TRAINING

  • Pemahaman (30 – 40%)
  • Latihan dan paktek (60-70%)

INSTRUKTUR

Deni Hikmat, konsultan dan trainer untuk bidang akuntansi, keuangan dan perpajakan serta audit untuk internal audit dan eksternal audit. Lulusan Universitas Indonesia 1997 dan sudah berkecimpung dalam berbagai jasa konsultasi dan training sempat bergabung dengan Ernst & Young dari tahun 1997 sd 2003 dan sejak tahun 2003 mendirikan Quantum Consulting.

Formulir Pendaftaran Training dan Seminar
  1. [wajib]
  2. [wajib]
  3. (email aktif)
  4. [wajib]
  5. [wajib]
  6. [wajib]
  7. [wajib]
  8. [wajib]
  9. [wajib]