Topik:Kiat Pengelolaan Hubungan Industri Di Perusahaan
Pelaksanaan :Rabu – Kamis,  7 – 8 Februari 2018
Senin – Selasa,  30 – 31 Juli 2018
Waktu: 09.00 – 17.00 WIB
Tempat:Hotel Puri Denpasar, Jakarta
Investasi:Early Bird IDR 3.700.000
Normal IDR 4.000.000
Fasilitas:2x coffee break dan 1x makan siang, Sertifikat, Modul, dan Workshop Kit

 

Latar Belakang

Salah satu Bagian atau Departemen pendukung (Supporting) yang saat ini sangat penting dan strategis keberadaannya di suatu Organisasi / Perusahaan, adalah Departemen Human Resources Development (Pengembangan Sumber Daya Manusia atau SDM) dan General Affairs (Bagian Umum). Biasa disebut dengan Department HRD & GA.Mengapa demikian? Karena secanggih apapun Mesin dan Peralatan; dan sebagus apapun Sistem Operation Prosedur (SOP) bahkan sehebat apapun Sistem/Program Komputerisasi atau IT yang ada di perusahaan, tanpa SDM yang handal tidak akan ada artinya.

Namun demikian, dengan semakin majunya Teknologi Informasi dan Komunikasi, maka pekerja/buruh di suatu Perusahaan semakin “melek aturan“. Artinya mereka lebih pintar dan memahami Pasal-pasal yang ada dalam Undang-undang Ketenaga-kerjaan maupun Ketentuan-ketentuan lain yang berlaku. Sehingga Karyawan semakin kritis dan berani mengemukakan pendapat. Ditambah lagi dengan adanya kebebasan berserikat di lingkungan Perusahaan (yang dijamin oleh UU Tenaga Kerja No. 13/2003), yaitu dibolehkannya membentuk Serikat Pekerja (SP) walaupun dengan “hanya 10 orang“ anggota, sehingga dimungkinkan adanya beberapa SP di suatu Perusahaan. Dengan multi SP di suatu Perusahaan, maka semakin kompleks permasalahan pekerja/buruh yang akan timbul, dan semakin majunya pemikiran masyarakat di sekitar lokasi Perusahaan, maka semakin seringnya adanya permasalahan dengan lingkungan sekitar.

Oleh karena itu, permasalahan-permasalahan tersebut di atas – yang selama ini ditangani oleh Staff atau Supervisor maupun Manager HRD & GA, harus diserahkan kepada yaitu: “Seksi Industrial Relation“. Untuk memberikan pembekalan ataupun untuk menambah pengetahuan dan wawasan serta ketrampilan para Staff Industrial Relation/GA, HR, Hukum – yang selama ini menangani Industrial Relation maupun yang sudah ditugaskan di bidang ini, maka kami menyelenggarakan suatu program pelatihan dalam bentuk Lokakarya (Workshop) 2 (dua) Hari yang mengupas tuntas perihal “Kiat Pengelolaan Hubungan Industrial di Perusahaan“.

 

Setelah Mengikuti Program Konsultasi Diharapkan:

  1. Memiliki ketrampilan teknis bagaimana menjalankan tugas di bidang IR
  2. Menambah wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana IR Management ditangani secara baik.
  3. Memiliki kemampuan manajemen yang lebih baik untuk mengelola IR di lingkungan kerjanya.
  4. Memahami bagaimana caranya menangani dan mencari solusi permasalahan Industrial Relation.
  5. Mengerti seluk beluk dan tugas-tugas serta ruang lingkup yang dijalankan oleh Bagian IR.

Metode Konsultasi:

  1. Pemaparan atau presentasi
  2. Diskusi dan panel kelompok yang aktif membahas materi yang dipaparkan;
  3. Studi kasus atas kejadian atau kasus yang nyata terjadi;
  4. Video role play atau permainan yang berhubungan dengan kasus Industrial Relation yang biasa terjadi di perusahaan.

 

Materi

Day 1

Hukum Ketenaga Kerjaan .

  1. Fungsi / peran “Industrial Relations” dalam suatu organisasi
    • Ruang Lingkup Tanggung Jawab Industrial Relations:
    • Sejarah Hubungan Industrial (Era Kolonial, Periode awal Kemerdekaan, Era Orde baru, Era Reformasi)
  2. Norma Ketenagakerjaan (Hari Kerja, Jam Kerja, Kerja Lembur, Istirahat Tahunan, Perlindungan, Upah  dan Jaminan Sosial, Pesangon, Penghargaan masa kerja)
  3. Persyaratan Kerja (Perjanjian Kerja, Peraturan Perusahaan, Perjanjian Kerja Bersama)
  4. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (sumber-sumber atau faktor penyebab Kecelakaan Kerja,  Pencegahan Kecelakaan Kerja, Implementasi SMK3)

Day 2

Penyeselaian Perselisihan Hubungan Industri

  1. Peranan dan Organisasi LKS Bipartit, Serikat Pekerja, dan Asosiasi Pengusaha.
  2. Kiat-kiat perundingan dengan SP dalam menyusun PP & PKB
    • Penanganan Keluh Kesah dan Penyelesaian Perselisihan
    • Perselisihan Perburuhan
    • Menangani Demo Pekerja/buruh (stryke)
    • Prosedur Penutupan Perusahaan (lock-out)
  3. Jenis-jenis Perselisihan Hubungan Industrial (Perselisihan Hak, Perselisihan Kepentingan, Persilisihan PHK, Perselisihan Antar Serikat Pekerja)
  4. Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial di luar Pengadilan (Bipartit, Mediasi, Konsiliasi, Arbitrase)
  5. Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industri melalui Pengadilan

 

Siapa Yang Wajib Ikut

Para HRM/Personnel Manager, HR &GA Supervisor/Professional, Corporate Counsel / staf legal, perusahaan konsultan (hukum, bisnis, HR/GA, dan Ketenaga kerjaan) serta para praktisi HR&GA.

 

Intruktur

DR. Yuni Pratikno, SE., MH., MM
Beliau adalah praktisi senior dibidang HR & GA Manajemen, Manajemen Umum Dana Pensiun, Manajemen Kesehatan & Keselamatan Kerja dan Lingkungan, Manajemen Security dan Hukum Ketenagakerjaan dan Hukum Bisnis; Berlatar belakang pendidikan Fakultas Ekonomi Manajemen (S1) dari Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Magister Manajemen (S2) dari LPPM Jakarta, dan Magister Hukum (S2)dari Universitas Jayabaya; dan Doktor Bidang Ilmu Manajemen (S3) dari Universitas Negeri Jakarta. Saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Dana Pensiun Perkumpulan ADPI dan Pengalaman kerja sebagai Direktur Utama Dana Pensiun DPEI, Manajer Administrasi, SDM & GA dan Management Representative di beberapa Perusahaan Multinasional selama lebih dari 25 tahun. Telah banyak memberikan konsultasi, pelatihan dan seminar di bidang HR & GA Manajemen, Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) serta Lingkungan, Manajemen Dana Pensiun, Manajemen Kewirausahaan, dan Hukum Bisnis, di berbagai perusahaan dan Instansi Pemerintah maupun swasta.


Contact Person: Septian / Fiki

Silahkan hubungi kami di nomor (021) 228-069-13
SMS 0815-7457-8697 (Septian) | 0896-0976-4345 (Fiki)

Kami menyediakan kelas in house training dengan Nilai investasi yang kompetitif, waktu yang fleksibel dan tentunya menguntungkan bagi perusahaan anda. jika berminat silahkan hubungi kami via email atau telepon!


 

Formulir Pendaftaran Training dan Seminar
  1. [wajib]
  2. [wajib]
  3. (email aktif)
  4. [wajib]
  5. [wajib]
  6. [wajib]
  7. [wajib]
  8. [wajib]
  9. [wajib]
 

PT SINERGI SOLUSI BISNIS | THE REAL BUSINESS SOLUTIONS
Business Consulting | Provider Training | Informasi Training Indonesia
Jln Raya Inpres No. 42 Batu ampar, Kramatjati, Jakarta Timur, Indonesia 13540
Telpon : (021) 228-069-13 Email : info@solusibisnis.co.id Website : https://solusibisnis.co.id