INFORMASI PELAKSANAAN TAHUN 2016

  • Topik Training: Communication Skill
  • Kategori Training: Soft Skill
  • Tempat: Hotel Puri Denpasar Jakarta
  • Pelaksanaan:

    • 16 – 17 Februari 2017
    • 4 – 5 Mei 2017
    • 8 – 9 Agustus 2017
  • Investasi: Rp. 3.800.000,-/ Orang
    • *Biaya Tersebut Tidak Termasuk Akomodasi,Penginapan Hotel.
  • Fasilitas:
    • Biaya Sudah Termasuk Dua Kali Coffee Break Dan Satu Kali Makan Siang Selama Program Berlangsung
    • Sertifikat
    • Modul
    • Materi HandOut
    • Tas

Latar Belakang:

Keterampilan berkomunikasi antar pribadi mutlak dimiliki oleh setiap karyawan, mulai dari staf hingga manajer puncak. Dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh lawan bicara, terhindar dari kesalahpahaman dan  salah pengertian, bahkan mampu meningkatkan citra positif perusahaan. Diharapkan setelah mengikuti training ini, para peserta menguasai teknik-teknik praktis dan mampu berkomunikasi dengan lebih baik, yaitu mendengarkan secara aktif dan berbicara secara asertif.

Rundown Materi bahasan:

Hari Ke-1:

09.00–10.00:   Introduction

  1. Pengertian dynamic communications; berkomunikasi sesuai dengan situasi dan lawan bicara (different situation, different target).
  2. Formula komunikasi; SMCRE, pentingnya mengidentifikasi lawan bicara dan menyampaikan pesan yang tepat.
  3. Pentingnya menjaga citra positif perusahaan melalui peningkatan rasa percaya diri (self confidence) dan kesan positif (positive impression) hingga keterampilan komunikasi persuasi yang baik.

Metode training: pembahasan konsep, individual assessment, pemutaran video.

10.00–10.15:   Coffee break

10.15–12.00:   3V dalam berkomunikasi

  1. Vocal: pilihan suara yang baik meliputi power (volume), artikulasi,             pronounciation, enuntiation (intonasi), repetition dan speed.
  1. Verbal: pilihan kata yang baik, tepat sesuai lawan bicara, dengan nada kata yang baik.
  2. Visual (body language): penggunaan body language untuk memperkuat pesan komunikasi.

Metode training: pembahasan konsep, pemutaran video, role play.

12.00-13.00:    Istirahat

13.00-14.30:    Powerful active listening

  1. Kemauan mendengarkan (volition)
  2. Memperhatikan (attending).
  3. Memahami (understanding): perbedaan persepsi, hambatan memahami,  mengajukan pertanyaan yang tepat.
  4. Mengingat (memory)
  5. Memberi tanggapan (responding) dan umpan balik (feedback) yang tepat.

Metode training: pembahasan konsep, game, diskusi kasus, pemutaran video.

14.30–14.45:   Coffee break

14.45–16.00:   Berkomunikasi secara lugas – Assertiveness 1

  1. Berkomunikasi dengan lawan bicara secara asertif, tidak pasif dan tidak agresif.
  2. Berkomunikasi sesuai kebutuhan dan keinginan (intention and need) lawan bicara, jiwa menolong dan melayani dengan sepenuh hati sebagai landasan komunikasi yang baik.
  3. Kecerdasan emosi dalam berkomunikasi; menyeimbangkan antara logika dan emosi untuk menciptakan iklim komunikasi yang positif.
  4. Nada bicara yang tidak menghakimi (nonjudgmental way), dan nada lain yang perlu dihindari, seperti menilai, menyalahkan, menyinggung, menakut-nakuti, dll.

Metode training: pembahasan konsep, individual assessment assertiveness dan kecerdasan emosi, role play.

Hari Ke- 2:

09.00-10.00:    Berkomunikasi secara lugas – Assertiveness 2

Relationship; dasar berkomunikasi adalah menjalin hubungan, bukan hanya jangka pendek namun harus jangka panjang.

  1. Appreciation: menghargai lawan bicara dalam berkomunikasi (appreciate and tolerate others).
  2. Asking: mengajukan permintaan atau meminta sesuatu dengan lugas.
  3. Self confidence: percaya diri untuk menunjang sukses berkomunikasi.
  4. Advocacy: memberikan kritik, saran, pendapat secara lugas.

Metode training: pembahasan konsep, qui, diskusi kasus, pemutaran video.

10.00-10.15:   Coffee break

10.15-12.00:    Berkomunikasi melalui telepon

Telephone technique and courtesy, meliputi:

  1. Menerima telepon
  2. Menelepon keluar
  3. Etiket bertelepon

Metode training: pembahasan konsep, role play.

12.00-13.00:    Istirahat

13.00-14.30:    Dinamika komunikasi dalam menghadapi konflik

  1. Conflict management
  2. Mendengarkan keluhan atau tuntutan seseorang
  3. Mengatasi keluhan atau tuntutan seseorang secara win-win solution
  4. Argumentative vs Agresive
  5. Anger management

Metode training: pembahasan konsep, individual assessment conflict management, diskusi kasus, pemutran video.

14.30-14.45:    Coffee break

14.45-16.00:    Komunikasi persuasif

  1. Komunikasi dengan tujuan mempengaruhi lawan bicara, menyampaikan pendapat atau ide dengan positive power.
  2. Mengenali tipe lawan bicara demi sukses persuasi
  3. Teknik persuasi yang efektif

Metode training: pembahasan konsep, role play, praktek latihan, game, quiz, diskusi kasus, pemutaran cuplikan video.

Target peserta: seluruh karyawan yang perlu banyak berkomunikasi dengan pihak eksternal maupun internal dan memerlukan peningkatan keterampilan berkomunikasi.

INSTRUKTUR

Dra.Kussusanti, MSi.
Master di bidang Manajemen Komunikasi ia peroleh dari Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia, dengan predikat Cum Laude. Gelar sarjananya pun ia dapatkan dari Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia. Sedangkan pendidikan non-formal didapatkannya di berbagai lembaga pendidikan, antara lain untuk program Training for The Trainer, Public Relations, Master of Ceremony dan Pengembangan Kepribadian.

Profesinya di dunia pendidikan diawali dengan menjadi Asisten Dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia, hingga menjadi pengajar di beberapa perusahaan dan lembaga pendidikan, untuk program Human Relations, Pengembangan Kepribadian, Communications Skills, Etika dan Penampilan, dsb. Sejak tahun 2000 hingga sekarang, ia menjadi Managing Director C&G Training Network dan aktif menjadi Trainer Specialist yang banyak memberikan pelatihan di berbagai perusahaan. Beberapa topik yang sering ia bawakan adalah antara lain Public Speaking, Communications Skill, Public Relations, Service Excellence, Telephone Technique and Courtesy, serta Etika Bekerja dan Pengembangan Kepribadian.

Di lingkungan Universitas Indonesia, sejak 1998 hingga kini, ia menjadi dosen pada Program Studi Public Relations, Diploma 3, Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Indonesia, untuk mata kuliah Teknik Publikasi Humas, Teknik Penulisan Naskah Humas, Dasar-Dasar Riset Humas, Teknik Produksi Audio Visual dan Human Relations serta Event Management.

Sedangkan karirnya di bidang komunikasi, khususnya public relations, ia tekuni sejak tahun 1988, di berbagai perusahaan, yaitu PT Rekaguna Abdidaya, ERA Indonesia, Bank Universal dan Tabloid NOVA sebagai wartawan. Kini, ia telah menulis buku berjudul “Two Ears One Mouth, Panduan Sukses Komunikasi Professional” terbitan PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Jam terbangnya yang cukup tinggi, ditunjang oleh penguasaan materi yang luas, membuat Kussusanti dapat menyampaikan materi programnya dengan sangat jelas. Keterampilannya dalam berkomunikasi sangat menunjang ia dalam membawakan setiap kelasnya menjadi interaktif, hidup dan tidak membosankan.

 

Segera daftarkan diri anda karena jumlah Kursi kami terbatas hanya untuk 10 orang saja. Anda akan langsung di bimbing oleh trainer yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Formulir Pendaftaran Training dan Seminar
  1. [wajib]
  2. [wajib]
  3. (email aktif)
  4. [wajib]
  5. [wajib]
  6. [wajib]
  7. [wajib]
  8. [wajib]
  9. [wajib]
 

 

PT SINERGI SOLUSI BISNIS | THE REAL BUSINESS SOLUTIONS

Business Consulting | Provider Training | Informasi Training Indonesia
Office:
Jln Raya Inpres No. 42 Batu ampar, Kramatjati, Jakarta Timur, Indonesia 13540
Telpon : (021) 228-069-13
Email : info@solusibisnis.co.id
Website : www.solusibisnis.co.id