Bank Indonesia (BI) tidak hanya mempertimbangkan data-data global dalam mengambil kebijakan yang ditetapkan, tetapi mereka juga mengacu pada data-data daerah seperti hanya keadaan ekonomi daerah yang terjadi di tanah air. Tidak hanya itu, saat ini BI juga telah mendirikan kantor perwakilan di Kalimantan Utara (KPw BI Kaltara) demi memperluas cakupan di setiap daerah yang ada.

Hal tersebut juga diterangkan oleh Hendar, Deputi Gubernur Bank Indonesia, bahwa keberadaan kantor perwakilan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai mitra kerja yang strategis dengan pemerintah daerah setempat. “Terutama dalam memberikan rekomendasi kebijakan yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, mengembangkan sektor ekonomi baru yang potensial, dan pemerataan pertumbuhan ekonomi di Kaltara,” ujarnya pada hari Senin (24/10/2016).

Hendik Sudaryanto telah dilantik oleh Dewan Gubernur Bank Indonesia pada tanggal 17 Oktober 2016 sebagai Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kaltara. Selain bertugas untuk mengawasi jalannya proses pembangunan gedung, Hendik juga melakukan koordinasi dengan berbagai stakeholders di Kaltara.

Ekonomi Daerah Jadi Faktor Penting Dalam Pengambilan Kebijakan BI

Ekonomi Daerah Jadi Faktor Penting Dalam Pengambilan Kebijakan BI

Hendar juga menjelaskan bahwa dalam pengambilan kebijakan yang dilakukan oleh BI, mereka tidak hanya mengacu pada data-data, informasi, serta gambaran untuh akan kondisi perekonomian yang terjadi secara global maupun nasional, tetapi aspek ekonomi di berbagai macam daerah menjadi hal krusial untuk mengambil keputusan. Hal ini menegaskan bahwa keberadaan kantor perwakilan di daerah-daerah perlu karena untuk mendukung pelaksanaan kebijakan tersebut serta untuk meningkatkan kerjasama dengan pemangku kepentingan tiap daerah.

Tidak heran, pendirian kantor perwakilan menjadi agenda yang penting bagi transformasi BI. “Kemitraan dapat mendukung penyediaan data dan informasi, serta membangun sinergi dan kerjasama pelaksanaan program-program ekonomi,” terang Hendar.

Menurut data yang ada, sampai saat ini Bank Indonesia telah mendirikan 46 kantor perwakilan di seluruh tanah air Indonesia dimana termasuk kantor baru di Provinsi Kaltara. Sedangkan di luar negeri sendiri, terdapat 4 kantor perwakilan di Singapura, Tokyo, New York, dan London. Dengan adanya pendirian kantor-kantor perwakilan tersebut baik di dalam Negara maupun yang berlokasi di luar Negara, diharapkan dapat mengembangkan perekonomian Indonesia yang ada.

Source: liputan6.com

DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG

Category: Berita ekonomi finansial

Tags: , , , ,