e faktur pajakDalam beberapa waktu terakhir ini perbincangan mengenai e faktur pajak atau elektronik faktur pajak begitu ramai, lantas apa sebenarnya yang dimaksud dengan elektronik faktur pajak itu? Elektronik faktur pajak merupakan merupakan faktur pajak yang dibuat melalui aplikasi atau system elektronik yang ditentukan dan atau disediakan oleh direktorat jendejal pajak. Dasar hukum dari pembuatan e faktur ini dalah UU Nomor 42 TAHUN 2009 tentang perubahan ketiga atas UU Nomor 8 TAHUN 1983 tentang PPN barang dan jasa dan PPnBM, PMK-151/PMK.03/2013 tentang tata cara pembuatan dan tata cara pembetulan atau penggantian FP PER-17/PJ/2014 tentang perubahan kedua atas PER-24/PJ/2012 tentang bentuk, ukuran, prosedur pemberitahuan dalam rangka pembuatan, tata cara pengisian keterangan, pembetulan atau penggantian serta pembatalan FPn dan PER-16/PJ/2014 tentang tata cara pembuatan dan pelaporan faktur pajak berbentuk elektronik.

Untuk memperoleh aplikasi e faktur, Anda dapat memperolehnya dari KKP tempat PKP dikukuhkan atau dapat juga mendowlod pada laman yang telah disediakan. Sebelum Anda membuat e faktur banyak hal yang harus dipersiapkan, diantaranya adalah:

  1. Telah memiliki Sertifikat Elektronik
  2. Menyiapkan komputer, perangkat keras berupa: Processor Dual Core. 3 GB RAM, 50 GB Harddisk space, VGA dengan minimal resolusi layar 1024×768,  dan Perangkat Lunak berupa Sistem Operasi : Linux / Mac OS / Microsoft Windows, Java versi 1.7, dan Adobe Reader.
  3. Terhubung dengan jaringan internet baik direct connection ataupun proxy.
  4. Password permintaan nomor seri faktur pajak (e-NOFA)
  5. Username penandatangan faktur pajak
  6. Nomor seri faktur pajak yang telah didapatkan dari KPP atau dari website DJP
  7. Menyiapkan data transaksi faktur pajak atau menyiapkan data impor sesuai manual user aplikasi.

Setiap PKP harus memiliki akun yang akan menjadi wadah layanan secara elektronik yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk mempermudah pemberian layanan secara elektronik dalam hal ini adalah untuk pemberian digit sertifikai danpemberian nomor seri faktur pajak melalui website. Fungsinya tidak lain adalah untuk mempermudah pelayanan kepada PKP sekaligus untuk memberikan jaminan rasa aman.

Pada pembuatan e faktur pajak ada mekanisme pelaporan ke DJP ke system DJP untuk memperoleh persetujuan, yang harus dimintakan diantaranya adalah:

  1. Faktur Pajak Keluaran; dan
  2. Faktur Pajak Masukan
  3. Faktur Pajak Pengganti,
  4. Pembatalan Faktur Pajak Keluaran,
  5. Perekaman Retur Pajak Keluaran
  6. Pembatalan Faktur Pajak,
  7. Pembuatan Retur Pajak Masukan

Karena masih baru, banyak PKP yang bingung dan kewalahan dalam penanganan faktur pajak elektronik ini. namun Anda tidak perlu khawatir karena saat ini ada banyak sekali jasa konsultan pajak professional yang siap untuk membantu Anda dalam pengurusan faktur pajak elektronik.

bagi anda yang ingin mendalami bagaimana aplikasi e faktur pajak online silahkan untuk mengikuti agenda training yang akan kami agendakan pada tanggal 27 Mei 2015 dengan topik e faktur pajak aplikatif.

 

PT SINERGI SOLUSI BISNIS | THE REAL BUSINESS SOLUTIONS

Konsultan Pajak Indonesia | Informasi Training Indonesia
Head Office:
Menara Palma lantai 12 Jl HR Rasuna Said Blok X-2 Kav. 06 Kuningan jakarta 12950

Branch Office:
Jln Kayu Manis No C1 Jakarta Timur 13530, Indonesia
Tel : (021) 8012521
Email : info@solusibisnis.co.id
Website : www.solusibisnis.co.id

DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG

Category: Artikel Pajak , Pajak

Tags: , , , , , , , , , , ,