e faktur pajak online

e faktur pajak onlinee faktur pajak atau yang sering disebut dengan istilah e faktur pajak online merupakan faktur pajak yang dibuat melalui aplikasi atau system elektronik yang ditentukan atau disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Kebijakan ini mulai diterapkan pertama kali pada 1 juli 2014 pada 45 PKP prioritas sebagai langkah uji coba yang kemudian dilanjutkan dengan penerapan di seluruh Jawa dan Bali pada 1 juli 2015. Direncanakan pada 1 juli 2016 mendatang, e faktur dapat diterapkan bagi seluruh PKP di seluruh Indonesia.

Untuk menerapkan pembuatan e-faktur pajak, Direktorat Jenderal Pajak telah menyediakan aplikasi yang dapat diinstall di perangkat komputer PKP dan e-Faktur ini otomatis akan terhubung ke program e-SPT. Sehingga akan memudahkan PKP dalam membuat SPT Masa PPN secara elektronik dengan menggunakan program e-SPT. Latar belakang dari pembuatan aplikasi ini oleh Direktorat Jenderal Pajak adalah karena masih terdapat banyak penyalah gunaan faktur pajak seperti wajib pajak non PKP yang menerbitkan faktur pajak padahal sebenarnya mereka tidak berhak menerbitkan faktur pajak, faktur pajak yang terlambat diterbitkan, faktur pajak fiktif dan faktur pajak ganda. Sitem elektronik untuk faktur pajak dipandang sangat memberikan efisiensi bagi Direktorat Jenderal Pajak maupun pengusaha kena pajak. Selain itu aplikasi dan system elektronik ini juga jauh lebih efisien jika dibandingkan dengan system lama atau faktur konvensional.  PKP akan merasa nyaman baik dalam hal proses pekerjaan maupun penyimpanan hasil pekerjaan. Penerbitan Faktur Pajak tidak lagi membutuhkan tanda tangan basah karena menggunakan digital signature berbentuk QR code, tidak ada kewajiban untuk mencetak faktur pajak, aplikasi ini juga merupakan satu kesatuan dengan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) yang selama ini dilaporkan melalui e-SPT yang tentunya akan semakin memudahkan para PKP. e faktur pajak online mempermudah pelayanan karena akan mempercepat proses pemeriksaan, pelaporan, dan pemberian nomor seri faktur pajak dan meminimalkan penyalahgunaan penggunaan faktur pajak oleh perusahaan fiktif atau pihak yang tidak bertanggung jawab.

e-Faktur Pajak sendiri belum berlaku di semua Kantor Pajak di Indonesia. Direncanakan pada tahun 2016 mendatang akan diberlakukan di seluruh Indonesia. Berikut ini adalah beberapa peraturan terkait e faktur pajak dan penjelasannya:

  1. Peraturan Direktur Jenderal Pajak No. per-16/PJ/2014 mengenai tata cara pembuatan dan pelapran faktur pajak berbentuk elektronik.
  2. Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor per-17/PJ/2014 mengenai perubahan kedua atas peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-24/PJ/2012 mengenai bentuk, ukuran, Tata Cara Pembetulan atau Penggantian, Tata Cara Pengisian Keterangan Prosedur Pemberitahuan dalam Rangka Pembuatan, dan Tata Cara Pembatalan Faktur Pajak.
  3. Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-136/PJ/2014 mengenai penetapan PKP yang diwajibkan untuk membuat e faktur pajak.

bagi anda yang ingin mendalami bagaimana aplikasi e faktur pajak online silahkan untuk mengikuti agenda training yang akan kami agendakan pada tanggal 27 Mei 2015 dengan topik e faktur pajak aplikatif.

 

PT SINERGI SOLUSI BISNIS | THE REAL BUSINESS SOLUTIONS

Konsultan Pajak Indonesia | Informasi Training Indonesia
Head Office:
Menara Palma lantai 12 Jl HR Rasuna Said Blok X-2 Kav. 06 Kuningan jakarta 12950

Branch Office:
Jln Kayu Manis No C1 Jakarta Timur 13530, Indonesia
Tel : (021) 8012521
Email : info@solusibisnis.co.id
Website : www.solusibisnis.co.id

DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG

Category: Artikel Pajak , Pajak

Tags: , , , , , , ,