pajak kendaraan bermotor –  agar lebih optimal, maka pemerintah provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) melakukan sistem jemput bola untuk menagih pajak ke wajib pajak (WP) secara langsung di rumah-rumah. Hal ini terpaksa dilakukan karena tunggakan pajak yang masih terbilang tinggi.

Tautoto Tanaranggina, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sulsel, menjelaskan bahwa sistem tersebut dilakukan dengan cara mendatangi WP sampai menyediakan layanan delivery order agar mereka segera memenuhi kewajibannya dalam membayar pajak terutang. Layanan antar ini dilakukan petugas pajak dengan menjemput STNK/SKPD milik WP agar lebih mudah melakukan pembayaran pajak tanpa harus keluar dari rumah ataupun meninggalkan kesibukannya. Diharapkan dengan melakukan sistem ini maka penyelesaian pembayaran dapat segera dilakukan sehingga tunggakan pajak yang tinggi dapat berkurang.

Demi Menyelesaikan Tunggakan Pajak yang Tinggi, Pemprov Sulsel Memakai Sistem Jemput Bola

Demi Menyelesaikan Tunggakan Pajak yang Tinggi, Pemprov Sulsel Memakai Sistem Jemput Bola

Skema jemput bola itu didukung pula dengan database WP agar makin efektif dan efisien. Dengan mengacu pada data mereka, hal ini digunakan untuk menopang upaya penagihan, pendataan, fungsi pelayanan, dan informasi WP yang menunggak membayar pajak.

“Kami langsung mendatangi WP bersangkutan, antarkan langsung jika mereka tidak memiliki waktu luang, Caranya, menyampaikan Surat Pendaftaran dan Pendataan Pajak Daerah . Kami juga memberikan insentif pembebasan denda pajak progresif, untuk optimalisasi penerimaan,” ucap Tautoto pada hari Jumat (21/10/2016). Lebih lanjut, dirinya juga menjelaskan bahwa setiap petugas Dispenda Sulsel masing-masing diberikan target untuk menarik pajak tertunggak WP.

Ada banyak kemudahan yang diberikan agar WP dapat mengecek dan mengetahui berapa jumlah pajak yang harus dibayar oleh mereka. Contohnya saja dengan penyediaan layanan e-payment, layanan informasi tagihan pajak online, dan sistem pembayaran drive thru. Belum lagi terdapat 13 mobil Samsat Keliling yang disebar secara merata dan menyeluruh di area UPTD Sulsel agar WP yang letaknya jauh dari kantor Samsat dapat mudah melakukan pembayaran pajak.

Beberapa isentif pajak juga sempat diberikan kepada WP misalnya penghapusan denda pajak guna mendorong masyarakat membayar pajak sehingga penerimaan pajak daerah khususnya segmen kendaraan bermotor dapat naik.

Source: bisnis.com


Category: Berita pajak

Tags: , , , ,