Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal semakin gencar mengejar para Wajib Pajak yang sampai saat ini menunggak kewajibannya. Pada tahun 2017 ini pemerintah melalui Ditjen Pajak menargetkan penerimaan sebesar Rp 45 triliun dari upaya tersebut.

Dari Para Penunggak, Ditjen Pajak Kejar Setoran Mencapai Rp 45 T

“Itu targetnya bagi law enforcement, target untuk pemeriksaan,” ungkap Direktur Jenderal Pajak, Ken Dwijugiasteadi di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (12/5/2017).

Proses tersebut sebenarnya sudah mulai berjalan dari dulu. Direktorat Jenderal Pajak telah memiliki data siapa saja yang belum membayar kewajibannya dan akan menagih para penunggak pajak tersebut. Apalagi bila sebelumnya para Wajib Pajak tersebut tidak mengikuti program pengampunan pajak atau Tax Amnesty.

“Kita enggak pernah mengejar, memberikan kepastian hukum itu macam-macam bisa diperiksa bisa enggak diperiksa, bisa dihimbau,” jelas Ken.

Sampai saat ini para petugas pajak tersebar pada 31 kantor wilayah. Dia menjamin ke depannya tidak ada lagi para penunggak pajak yang bisa lolos dari kewajibannya.

“Seluruh Indonesia kanwil kan banyak. Kita punya 31 kanwil,” jelas Ken.


Category: Berita pajak

Tags: , ,