Service Excelent

Company Service ExcelentKinerja para staff di sebuah perusahaan serta proses pemberian pelayanan baik itu kepada klien maupun pelanggan menjadi salah satu kunci penting untuk kelancaran dan kesuksesan operasional perusahaan. Dapat Anda dibayangkan apa yang akan terjadi pada sebuah perusahaan, apabila para klien dan konsumen tidak memperoleh apa yang mereka butuhkan, karena Staff memiliki sikap yang kurang bersahabat. Hal ini tentu saja akan berdampak buruk pada image perusahaan dimana pada akhirnya akan memberikan dampak negative terhadap kelangsungan perusahaan tersebut. Oleh karena itulah, sangat penting untuk meningkatkan kualitas service excellent di sebuah perusahaan agar para klien dan pelanggan puas dengan pelayanan yang diberikan dan tetap setia untuk senantiasa menggunakan jasa atau produk dari sebuah perusahaan.

Di dalam bisnis, istilah service excellent sudah sangat familiar. Secara umum service excellent atau pelayanan prima ini didefinisikan sebagai pelayanan yang terbaik untuk memberikan kepuasan kepada pengguna jasa atau produk pada sebuah perusahaan atau instansi. Memang tidak mudah memang untuk menerapkan service excellence pada perusahaan karena setiap staff yang bekerja tentu memiliki latar belakang dan karakter yang berbeda-beda, karena itulah sangat penting untuk dilakukan pelatihan service excellent agar dapat menjadi solusi untuk melatih setiap individu untuk dapat tampil baik di depan pelanggan dan tentu saja rekrutmen SDM atau karyawan perusahaan juga harus dilakukan dengan selektif untuk dapat menemukan staff yang memenuhi indicator service excellent.

Karena peran penting company service excellent terhadap perkembangan dan kesuksesan sebuah perusahaan, tentu setiap pengusaha ingin menerapkan service excellent. Namun pada kenyataannya tidak semuanya dapat berhasil dan meraih hasil sesuai dengan yang diharapkan, meskipun mereka telah mengeluarkan banyak  uang untuk hal ini, mislanya dengan membayar coaching atau pelatihan para karyawan untuk mengikuti pelatihan service excellent. Namun hal ini sama sekali tidak menjamin keberhasilan dalam penerapan service excellent dalam sebuah perusahaan. Selain dengan menggunakan jasa pelatihan company service excellent yang professional dan berpengalaman, rekrutmen SDM yang baik dan memenuhi indicator juga sangat penting untuk dilakukan oleh sebuah perusahaan. Berikut ini adalah 6 strategi implementasi service excellent pada sebuah perusahaan yang dapat diikuti:

  1. Strategi Pelayanan
  2. Standar dan Pengukuran Pelayanan dan Tolak Ukur-nya
  3. Pelatihan dan Bimbingan dalam Pelayanan
  4. Otorisasi atau Pemberdayaan Staff dalam Pelayanan
  5. Mengukur Kinerja Pelayanan Eksternal maupun Internal
  6. Pengakuan dan Penghargaan terhadap pencapaian Sasaran Pelayanan

Langkah awal dari implementasi pelayanan prima ini membutuhkan Komitmen dari Pimpinan Puncak di perusahaan, yang mana mereka harus menyusun strategi pelayanan yang hasil akhirnya dikenal dengan service strategic intent atau pernyataan perusahaan secara spesifik mengenai apa yang akan diberikan kepada pelanggan.

PT SINERGI SOLUSI BISNIS | THE REAL BUSINESS SOLUTIONS

Consulting and training | Informasi Training
Head Office:
Menara Palma lantai 12 Jl HR Rasuna Said Blok X-2 Kav. 06 Kuningan jakarta 12950

Branch Office:
Jln Kayu Manis No C1 Jakarta Timur 13530, Indonesia
Tel : (021) 8012521
Email : info@solusibisnis.co.id
Website : www.solusibisnis.co.id


Category: Artikel HRD , Service Excellent

Tags: , , ,