Menurut World Bank, perekonomian Indonesia akan mengalami kenaikan khususnya berkat sektor pariwisata. Hal itu diungkapkan setelah menerima laporan triwulan ketiga tahun 2016 ini yang dilaporkan pada bulan Oktober. Dari laporan tersebut, industri pariwisata menjadi batu loncatan yang dapat digunakan untuk pertumbuhan ekonomi di masa mendatang. Dari sektor ini, dapat terbuka lapangan kerja, masuknya investasi swasta, penambahan ekspor, serta memandu dalam hal investasi infrastruktur.

Laporan yang dikatakan oleh Bank Dunia tersebut juga serupa dengan hal yang diungkapkan oleh Menteri Pariwisata (MenPar) RI, Arief Yahya, di banyak kesempatan bahwa investasi di bidang wisata akan memberikan banyak dampak menguntungkan yang dahsyat. Gambaran tersebut dapat dilihat saat World Bank mereferensi World Travel and Tourism Council bahwa tiap 1 juta dollar yang dibelanjakan untuk sektor travel dan pariwisata, maka dapat mendukung 1,7 juta dollar PDB untuk tanah air serta membuka 200 lapangan kerja.

Catatan World Bank, Ekonomi Indonesia Akan Bangkit Lewat Pariwisata

Catatan World Bank, Ekonomi Indonesia Akan Bangkit Lewat Pariwisata

“World Bank mempertegas angka itu, multiplier effect-nya mencapai 170 persen dari total investasinya. Jika menanamkan modal USD 100 juta maka akan mendrive pergerakan ekonomi menjadi senilai USD 170 juta. Kalau banyak pejabat sering menyebut multiplying effect itu, saya sebut persentase angkanya,” terang Arief.

Menurutnya, sektor wisata merupakan penyumbang bagi lapangan kerja, devisa, dan PDB paling mudah dan murah. Karenanya tidak salah apabila Presiden Indonesia, Joko Widodo, menempatkan sektor tersebut sebagai pusat ekonomi bagi bangsa di masa datang. Sebab itu, berbagai Kementerian dan Lembaga diharapkan untuk mendukung agar target 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) di 2019 dapat tercapai.

MenPar juga menerangkan bahwa hanya di pariwisata Indonesia dapat bersaing secara global. “Kalau agriculture, manufacturing dan IT, itu berat dan hampir tidak bisa fight dengan China yang sudah meraksasa,” ungkapnya. Dan sekali lagi ia membenarkan strategi besar yang dipikirkan oleh Presiden bahwa masa depan untuk bangsa ini adalah lewat pariwisata.

Diharapkan lewat sektor tersebut, maka ekonomi Indonesia bisa tetap kuat menghadapi berbagai macam tantangan global yang ada.

Source: fajar.co.id


Category: Berita Bisnis , Berita ekonomi finansial

Tags: , , , ,