Cara Download e Faktur Pajak

Cara Download e Faktur Pajake Faktur Pajak merupakan bukti pungutan pajak yang dibuat oleh Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) atau penyerahan Jasa Kena Pajak (JKP). Sementara e fakur atauelektronik faktur adalah faktur pajak yang dibuat melalui aplikasi atau system elektronik yang ditentukan dan atau disediakan oleh direktorat jendejal pajak. Dasar hukum dari pembuatan e faktur dalah UU Nomor 42 TAHUN 2009 tentang perubahan ketiga atas UU Nomor 8 TAHUN 1983 tentang PPN barang dan jasa dan PPnBM, PMK-151/PMK.03/2013 tentang tata cara pembuatan dan tata cara pembetulan atau penggantian FP PER-17/PJ/2014 tentang perubahan kedua atas PER-24/PJ/2012.

E faktur sendiri memiliki banyak sekali manfaat dan dampak positif bagipara PKP, diantaranya adalah:

  1. Beban “compliance cost” berkurang, karena biaya kertas, biaya cetak dan lain sebagainya hampir tidak diperlukan lagi.
  2. Memperkecil resiko faktur pajak fiktif karena adanya validitasi faktur pajak dari Direktur Jenderal Pajak secara online
  3. Tidak perlu tandatangan karena tanda tangan dibubuhkan secar elektronik. Hal ini tentu akan sangat membantu PKP dalam mengeluarkan banyak faktur pajak dalam sebulan.
  4. Membantu program “go green” yang dicanangkan oleh pemerintah, karena tak perlu dicetak faktur (paperless).
  5. Proses klarifikasi faktur pajak saat pemeriksaan pajak lebih cepat dan tidak berbelit-belit dibandingkan denganpengurusan faktur pajak konvensional.
  6. Tampilan e Faktur Pajak dapat dilihat dalam format Pdf dan disimpan di komputer.

Dilihat dari manfaat dan dampak positif yang diberikan dari penerapan e faktur pajak ini, maka sangat wajar jika kemudian banyak PKP yang begitu antusias dalam menyambut kebijakan DPJ mengenai e aktur pajak ini. apalagi proses untuk pendaftaran dan pelaporan e faktur ini juga terbilang mudah. Operating sistem komputer yang dapat digunakan untuk menjalankan e faktur adalah windows, linux dan mac. Untuk memperoleh aplikasi e faktur, Anda dapat memperolehnya dari KKP tempat PKP dikukuhkan atau dapat juga mendowload pada laman yang telah disediakan. Cara mendownload e faktur pajak pun cukup mudah dan hanya dengan sekali download pada PKP dapat menggunakannya untuk seterusnya. Setiap perubahan peraturan pemerintah terbaru, secara otomatis ter-update di dalam aplikasi pajak Online Pajak. Sehingga memastikan seluruh laporan Anda dibuat secara akurat sesuai dengan peraturan pajak yang berlaku.

Setelah apliksi berhasil didownload Anda instalasi selesai dilakukan, maka Anda pun dapat segera menggunakan aplikasi e faktur ini. Namun tentu saja sebelum menggunakannya PKP harus melakukan pendafataran dan memenuhi syarat yang telah ditetapkan, diantaranya Surat permintaan sertifikat elektronik, Surat pernyataan persetujuan penggunaan sertifikat elektronik, Bukti asli SPT BADAN dan Bukti penerimaan surat atau tanda terima pelaporan SPT.

Jika anda ingin mengetahui tentang e faktur pajak kami akan mengadakan event dalam waktu dekat ini dengan topik  e faktur pajak aplikatif


Category: Artikel Pajak , Pajak

Tags: , , , , , , ,