Aktivasi E Faktur PajakAktivasi e-Faktur Pajak

Cara Aktivasi E Faktur Pajak Untuk menjamin hak dan kemudahan PKP (Pengusaha Kena Pajak) dalam menjalankan aktifitas bisnisnya, Direktrat Jenderal Pajak meluncurkan aplikasi permohonan mandiri nomor seri faktur pajak secara online ( e-Nofa Online). Dengan adanya aplikasi ini, maka PKP tidak perlu lagi datang ke KPP untuk meminta jatah nomor faktur pajak. Tentu saja ini akan jauh lebih praktis dan efisien. Sebagai petunjuk teknis nomor seri faktur pajak online, Direktur Jendral Pajak telah mengeluarkan Surat Edaran nomor SE-20/PJ/2014 tanggal 20 Juni 2014 tentang Tata cara permohonan kode aktivasi dan password, permintaan aktivasi akun PKP dan sertifikat elektronik, serta permintaan, pengembalian dan pengawasan nomor seri faktur pajak.

Pembuatan Faktur Pajak secara elektronik diwajibkan bagi semua PKP kecuali pedagang eceran sebagaimana dimaksud dalam Pasal 20 PP No. 1 Tahun 2012, pada transaksi yang bukti pungutan PPN-nya berupa dokumen tertentu yang kedudukannya dipersamakan dengan Faktur Pajak dan PKP Toko Retail yang transaksi terjadi pada orang pribadi pemegang paspor luar negeri. E-Faktur diwajibkan untuk dilaporkan ke DJP dengan cara mengunggahnya melalui aplikasi yang tersedia. E-Faktur sendiri tidak diwajibkan untuk dicetak. Kewajiban membuat e-Faktur ini dapat diubah dengan menggunakan Faktur Pajak berbentuk kertas, hanya pada keadaan tertentu saja.

Aplikasi dari Direktorat Jenderal Pajak untuk membuat e-Faktur telah dilengkapi dengan buku manual yang menjelaskan cara penggunaannya, termasuk diantaranya adalah cara aktivasi e faktur pajak. Aplikasi e-Faktur ini akan segera dapat diakses melalui sistem Online Pajak, dan setiap perubahan regulasi terkini akan secara otomatis diupdate pada system untuk memastikan setiap laporan pajak akurat serta sesuai dengan peraturan yang berlaku.

PKP yang akan menggunakan dan melakukan Aktivasi e Faktur Pajak diwajibkan memiliki sertifikat elektronik sebagai syarat untuk menggunakan e faktur. Sertifikat elektronik merupakan sertifikat yang bersifat elektronik yang memuar tanda tangan elektronik dan identitas yang menunjukkan status hukum para pihak dalam transaksi elektronik yang dikeluarga oleh pihak berwenang. Pengajuan sertifikat elektronik ini dapat dilakukan oleh PKP melalui KKP empat PKP dikukuhkan.

Pengurusan e faktur memang diakui tidak mudah, selain karena masih baru dan dibutuhkan adaptasi.

namun tentu saja ini bukan alasan untuk para PKP menunda dan menghindari wajib e faktur, selain karena ini merupakan kewajiban, dengan menggunakan e faktur pajak  juga akan memberikan banyak sekali manfaat dan dampak positif bagi PKP atau perusahaan kena pajak. Apalagi saat ini juga banyak  media yang memberikan informasi terkait tata cara pendafctaran, cara aktivasi dan cara penggunaan e faktur, para PKP juga dapat memanfaatkan jasa konsultan pajak untuk menangani pengurusan e faktur yang lebih praktis dan dikerjakan secara professional.

Ikuti  pelatihan yang di agendakan oleh kami dengan topik training e faktur pajak aplikatif download syllabusnya di bawah ini dan segera daftarkan diri anda di kelas kami anda akan belajar dan praktek langsung bersama praktisi yang sudah berpengalaman.

PT SINERGI SOLUSI BISNIS | THE REAL BUSINESS SOLUTIONS

Consulting and training | Informasi Training
Head Office:
Menara Palma lantai 12 Jl HR Rasuna Said Blok X-2 Kav. 06 Kuningan jakarta 12950

Branch Office:
Jln Kayu Manis No C1 Jakarta Timur 13530, Indonesia
Tel : (021) 8012521
Email : info@solusibisnis.co.id
Website : www.solusibisnis.co.id


Category: Artikel Pajak , Pajak

Tags: , , , , , , , , ,