Bos Google Kantongi Gaji Mencapai Rp 2,6 Triliun

Chief Executive Officer (CEO) Google, Sundar Pichai mampu mengantongi penghasilan hampir US$ 200 juta atau setara dengan Rp 2,6 triliun pada tahun 2016 (kurs 1 US$ = Rp 13.319).

Seperti dikutip dari CNNMoney, besaran penghasilan yang didapat Sundar Pichai pada tahun 2016 lalu lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Menurut laporan keuangan yang dikeluarkan oleh anak perusahaan Google, Alphabet, gaji tetap yang didapat Sundar Pichai ada di angka US$ 650 ribu atau Rp 8,6 miliar per tahun.

Selain itu, CEO Google ini ternyata mendapat bonus dan kompensasi lain. Ia mendapat bagian saham senilai US$ 198,7 juta. Penghasilan yang besar tersebut merupakan bagian dari apresiasi perusahaan terhadap Sundar Pichai dan beberapa karya produk yang dihasilkan dibawah kepemimpinannya.

Sundar Pichai memulai kariernya di Google pada tahun 2004, ketika ia ditunjuk sebagai Vice President of Product Management untuk Chrome.

Selama bertahun-tahun ia memikul banyak tanggung jawab di Google, hingga pada Oktober tahun 2015 lalu  ia membawahi semua produk inti Google termasuk Chrome, Android, Maps, dan Search.

Menurut sumber, Sundar Pichai seperti memiliki gaya gravitasi karena semua orang ‘tertarik’ bekerjasama dan menghargainya. Bukan hanya engineer atau bagian produk, tapi juga bagian pemasaran hingga CEO Google terdahulu yaitu Larry Page.

Respek terhadap dirinya itu karena dia dinilai sangat pintar mengatasi berbagai hal. Seperti misalnya, selalu mengajukan pertanyaan dengan tepat dan menggunakan kata-kata secara bijak.

Sundar Pichai menduduki posisi CEO Google di tahun 2015. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari restrukturisasi dewan direksi Google di mana CEO terdahulu Google, Larry Page yang pindah untuk memimpin perusahaan Alphabet.

Di bawah kepemimpinannya, pendapatan Google mampu meroket dari penempatan iklan dan Youtube. Google juga berinvestasi dalam pembuatan mesin pintar, piranti keras dan cloud computing. Di tahun 2016, Google meluncurkan smartphone baru, kacamata virtual reality dan pengeras suara yang bisa dikontrol jarak jauh.


Category: Berita pajak

Tags: , , ,