Maraknya bisnis ritel yang tutup disebut-sebut karena lemahnya penjualan di toko-toko ritel sejak Lebaran lalu. Daya beli lesu dianggap sebagai kambing hitamnya. Sejumlah ritel yang bertumbangan tersebut seperti Lotus, beberapa gerai Matahari hingga Debenhams.

Walaupun demikian, ternyata ancaman banyaknya ritel yang tutup tahun ini tidak berpengaruh sama sekali ke dalam bisnis online.

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Aulia Ersyah Marinto, mengatakan lesunya daya beli masyarakat akhir-akhir ini relatif tidak banyak berpengaruh pada pelaku usaha e-commerce. Rata-rata penjualan e-commerce masih dapat tumbuh positif.

Mengapa ini bisa terjadi? Ternyata bukan karena shifting ke belanja online, lantas membuat ritel jadi sepi dan tutup. Namun karena adanya pergeseran perubahan pola konsumsi masyarakat. Ini bisa terjadi karena banyak orang yang sudah malas untuk berbelanja di mal. Mereka lebih memanfaatkan adanya jaringan online yang mempermudah mereka untuk berbelanja dan bertransaksi lewat online.

Anda sebagai pemilik bisnis, ada baiknya untuk segera mempertimbangkan mengelola toko Anda secara online. Selain mengurangi dampak buruk dari adanya penutupan ritel seperti yang sudah banyak terjadi, Anda juga dapat meminimalisir budget yang seharusnya digunakan untuk menyewa toko, kini Anda dapat mengalokasikan dana itu misalnya untuk menambah strategi promosi.

Lantas bagaimana caranya menciptakan toko online yang laris digandrungi pembeli?

1. Fokus Kepada Produk
Jika mau, pastikan Anda menjual fokus hanya pada satu produk. Mempunyai banyak pilihan produk yang dijual memang bagus dan dapat membuat traffic pengunjung yang mau membeli apa saja dapat mendatangi toko Anda. Tapi alangkah lebih baiknya jika Anda fokuskan dulu dalam satu produk. Misalnya Anda menjual fashion, ya fashion saja dulu. Jangan juga jual makanan, elektronik dan sebagainya. Selain akan membingungkan Anda untuk mengelola datanya. Ini juga akan berpengaruh buruk terhadap penjualan Anda.

2. Melakukan Strategi Promosi
Gunakan Media Marketing Digital untuk memuat promosi toko atau produk Anda. Dewasa ini, seringkali terlihat banyak produk luar negeri yang menawarkan produk gratis dan hanya cukup untuk membayar ongkirnya saja untuk strategi awal marketing mereka. Dengan hal tersebut juga cukup untuk mendongkrak kepopuleran toko Anda. Tidak apa-apa tidak ada untuk diawal, yang terpenting toko dan produk Anda sudah dikenal oleh banyak pelanggan yang secara tidak langsung akan memberikan branding dari produk gratis yang mereka tawarkan.

3. Kualitas Produk
Tidak hanya bisnis commerce, e-commerce pun memerlukan yang namanya standard kualitas produk. Produk Anda tidak perlu murah, mahal pun tidak masalah asalkan pastikan jika kualitas produk Anda berada di atas rata-rata produk lain.

Ketika Anda telah memiliki kualitas yang baik, maka pelanggan Anda akan bersedia untuk kembali mengunjungi dan berbelanja kembali ke toko Anda.

4. Berikan GiveAway
Sesekali juga Anda bisa mengadakan GiveAway untuk customer setia Anda. Misalnya dengan berbelanja minimal berapa, mereka berhak mendapatkan ongkos kirim gratis, atau mendapatkan produk yang bernilai sama atau minimal di bawah harga produk yang mereka beli. Tinggal Anda tentukan saja. Dengan GiveAway ini juga dapat meningkatkan penjualan Anda secara langsung. Buat GiveAway ini di beberapa musim, supaya dapat lebih menarik customer Anda untuk berbelanja lebih sering ke toko online Anda.

5. Limited Produk
Sudah banyak toko online yang menciptakan sistem ini. Misalnya produsen kerudung yang berjualan secara  online, mereka membuat sistem limited stock barang. Hal ini juga dapat berpengaruh supaya para customer Anda untuk segera melakukan transaksi pembelian, karena jika mereka tidak melakukan transaksi saat ini juga maka produk yang akan mereka beli akan habis dalam waktu dekat. Dilihat dari banyaknya antusias pembeli terhadap produk limited Anda, hal ini akan benar-benar dapat mendongkrak penjualan Anda secara instan dan cepat.

Sumber: detikFinance

DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG

Category: Berita Bisnis

Tags: , , , , ,