Berkat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di kota Bandung didapatkan penerimaan pajak hotel mencapai 10,5 miliar rupiah. Perolehan dari pajak hotel ini paling tinggi kenaikannya jika dibandingkan dengan penerimaan pajak lain. Hal tersebut juga dapat dilihat dari keseluruhan pencapaian pajak Kota Bandung periode Januari sampai dengan 26 Oktober 2016 yang naik menjadi 175,9 miliar rupiah dibandingkan dengan pencapaian tahun 2015 lalu.

“Bulan ini paling spektakuler untuk pajak hotel karena PON. Ada lompatan dari Rp 21,5 M menjadi Rp 32,3 M. Atlet Peparnas (Pekan Paralimpiade Nasional) malah kebanyakan menginap di hotel bintang lima. Semoga signifikan lagi pertambahannya,” kata Kepala Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung, Ema Sumarna, di Balai Kota Bandung pada hari Kamis (27/10/2016).

Ema juga mengucapkan bahwa hanya tinggal 47 miliar rupiah lagi dari target pajak hotel sebesar 270 miliar rupiah yang masih harus dicapai. Hal tersebut optimis dilakukan sebab pada akhir tahun (November – Desember 2016) akan terjadi peak season karena memasuki liburan.

“Jika kita pasang target Rp 25 M, target bisa tercapai bahkan lebih. Kita berharap ada banyak event di Kota Bandung ini agar menjadi berkah,” ucapnya.

Berkat PON, Ada Penerimaan Pajak Hotel Capai 10,5M

Berkat PON, Ada Penerimaan Pajak Hotel Capai 10,5M

Seperti diketahui bahwa PON 2016 telah diselenggarakan dari tanggal 17 sampai dengan 29 September lalu. Ada banyak sekali atlet dengan para pendukungnya berbondong-bondong pergi ke Bandung untuk mengikuti dan melihat pekan olahraga tersebut tahun ini. Bahkan kurang lebih sebanyak 8403 atlet di luar atlet tuan rumah hadir dan tidak heran jika kenaikan pendapatan untuk hotel melambung tinggi karena banyak orang yang memerlukan tempat tinggal sementara di kota kembang tersebut. Bahkan selama 3 minggu, kota Bandung menerima 25.000 pendatang yang menjadi tamu resmi selama perhelatan pesta olah raga nasional itu.

Diharapkan dengan adanya kenaikan pendapatan pajak hotel ini, maka hal tersebut akan bisa menambahkan pemasukan bagi Negara. Apalagi akhir tahun akan sebentar lagi datang dengan bulan liburan dan diharapkan target pajak hotel yang tersisa dapat segera dicapai.

Source: pikiran-rakyat.com


Category: Berita pajak

Tags: , , , ,