Anggap saja jika anda masih punya waktu 2-5 tahun lagi sebelum memasuki masa pensiun (karena usia pensiun saat ini beda-beda ada yang 55, 56, 58 tahun bahkan ada yang 60 tahun) sehingga anda masih bisa melakukan persiapan terakhir sehingga anda dan keluarga jauh lebih siap dibandingkan teman-teman anda lainnya.

Lalu, apa saja yang harus anda lakukan? Berikut ini persiapan yang harus anda lakukan menyambut hari tersebut.

Pertama-tama, konsolidasi rekening dana pensiun anda.

Anda mungkin tidak sadar bahwa selama ini anda sudah punya beberapa jenis dana pensiun baik yang wajib sifatnya seperti BPJS Tenaga Kerja (dulu Jamsostek), maupun dana pensiun dari kantor tempat anda bekerja. Rekening dana pensiun tersebut dapat berupa Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) atau Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK). Jika anda memiliki satu atau lebih dari dana pensiun yang disebutkan di atas, pertanyaan berikutnya adalah sudah pernahkah anda melakukan perhitungan atas dana pensiun tersebut? Apakah cukup dana pensiun tersebut untuk menutupi kebutuhan hidup anda ketika memasuki masa pensiun kelak?

Jika setelah seluruh dana pensiun yang anda miliki digabung ternyata nominalnya masih kurang, apa strategi yang akan anda lakukan nanti? Selain dana pensiun di atas, apakah anda mempunyai rekening investasi yang didedikasikan untuk dana pensiun? Apakah terdapat aset-aset lain yang produktif atau tidak produktif yang belum dimanfaatkan? Dan masih banyak lagi berderet pertanyaan seputar persiapan pensiun dan kesiapan dana pensiun anda.

Kedua, lakukan pengeluaran besar sekarang

Kenapa sekarang? Karena sekarang anda masih punya gaji alias penghasilan. Dengan anda mempunyai penghasilan maka pengeluaran besar tersebut akan mempengaruhi penghasilan bulanan anda, bukan tabungan anda apalagi dana pensiun anda. Bayangkan apa yang terjadi bila pengeluaran besar ini dilakukan ketika anda sudah pensiun? Dana pensiun anda mungkin bisa terkuras banyak untuk pengeluaran besar ini.

Apa saja pengeluaran besar yang dapat anda lakukan ketika anda masih bekerja dan punya penghasilan sebelum pensiun nanti? Salah satu pengeluaran besar yang wajib anda lakukan adalah pengeluaran untuk rumah tinggal anda (renovasi). Ketika anda tinggal di rumah tersebut selama bertahun-tahun, maka banyak dari bahan bangunan yang sudah rusak. Sebagai contoh misalnya saluran air dan buangan air di rumah sudah mulai mampet dan harus diganti. Atap-atap dari rumah sudah mulai bocor dan harus diganti. Demikian juga halnya dengan kabel-kabel yang malang melintang di langit-langit rumah mungkin sudah mulai dimakan tikus atau sudah mulai rusak dan harus diganti.

Selain itu, tidak ada salahnya anda mengecat ulang rumah anda agar terlihat lebih bersih dan menarik. Pengeluaran lain yang tidak kalah besar misalnya mobil yang anda miliki sekarang sudah hampir 10 tahun dipakai dan sudah waktunya untuk diganti dengan mobil baru. Serta masih banyak contoh pengeluaran besar lainnya yang sebaiknya dilakukan sebelum anda pensiun selagi anda masih punya penghasilan.

Apakah cukup sampai di sini saja bahasannya? Tidak. Pada artikel berikutnya (sambungan dari artikel ini), kita akan bahas lebih detil mengenai persiapan lainnya yang wajib kita lakukan seperti estimasi biaya hidup, di mana anda ingin menikmati masa pensiun anda, serta biaya kesehatan dan bagaimana cara mengcovernya.

Semoga bermanfaat!

Sumber: detikFinance


Category: Berita ekonomi finansial

Tags: , , ,