Pernahkah anda mengajukan pinjaman (kredit) di bank atau di lembaga keuangan non bank lain? Pasti prosesnya cukup sulit, mulai dari mengisi formulir, menyiapkan berkas persyaratan hingga survei tempat tinggal.

Seiring berjalannya waktu, pengajuannya kini lebih mudah. Hanya dengan aplikasi atau website, anda bisa mendapatkan kredit dari financial technology (fintech) yang saat ini sedang naik daun.

Fasilitas ini disebut peer to peer lending atau cara alternatif untuk mendapatkan atau memberikan pinjaman. Tapi kali ini kita akan membahas bagaimana mendapatkan pinjaman uang dengan menggunakan bantuan teknologi, seperti yang biasa dilakukan para milenial.

Di Indonesia, fasilitas kredit yang diberikan melalui online sudah ada beberapa jenis. Mulai dari kredit untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), kredit konsumsi seperti kredit handphone dan barang lain, bahkan yang terbaru kredit untuk uang muka perumahan.

Saat ini sudah ada beberapa fintech yang menyediakan layanan peer to peer lending ini seperti Investree, Koinworks, Modalku, Kredivo, Uang Teman, Granada dan beberapa fintech lain.

Investree salah satu penyedia P2P Lending di Indonesia memberikan kemudahan kepada calon peminjam.

“Calon borrower dapat mengajukan pinjaman kapanpun mereka membutuhkannya,” kata CEO Investree Adrian Gunadi.

Dia menjelaskan proses peminjaman 100% online, tanpa persyaratan melelahkan. “Seluruh tahapan dilakukan secara online tanpa melibatkan proses administrasi yang rumit dan menyita waktu,” tambah dia.

CEO KoinWorks Benedicto Haryono menjelaskan, sebenarnya platform online ini menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

“Kami menyesuaikan saja, mereka mendaftar melalui platform online, kami tidak bertemu tatap muka, tidak survei dan tidak ada jaminan,” ujar dia.

Soal kecepatan approve atau persetujuan kredit memang berbeda dengan kredit konvensional. Biasanya bank membutuhkan waktu 14 hari kerja atau lebih untuk memproses pengajuan kredit. Namun di P2P lending proses bisa dipangkas dan menjadi lebih cepat.

Proses analisis, seleksi dan persetujuan oleh Investree akan memakan waktu maksimal 3 hari kerja setelah seluruh persyaratan dokumen dilengkapi, dilanjutkan dengan 14 hari masa penawaran. Apabila sebelum 14 hari dana sudah terkumpul 100% maka dana dapat segera dicairkan dan ditransfer ke akun Anda.

Dalam aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui POJK Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI) atau fintech P2P batasan maksimum pemberian pinjaman sebesar Rp 2 miliar.

Sumber: detikFinance


Category: Berita Bisnis

Tags: , ,