BI: Kurs Dolar Kembali Normal di Kisaran Rp13.200 - Rp13.400

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menilai posisi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS saat ini sudah mencerminkan nilai fundamentalnya.

Stabilitas beberapa indikator perekonomian nasional, seperti perkembangan Indeks Harga Konsumen, sampai dengan pertumbuhan ekonomi memegang peranan penting dalam mempengaruhi nilai tukar rupiah.

“Sekarang rupiah sudah mencerminkan fundamental, di kisaran Rp13.200-Rp13.400 (per dolar AS). Kita lihat ke depan, kalau inflasi tetap terjaga, defisit transaksi berjalan terjaga, neraca perdagangan terjaga, pertumbuhan ekonomi baik, tentu ini akan membuat fundamental kita lebih baik,” jelas Gubernur BI, Agus Martowardojo.

Arus modal asing yang masuk ke Indonesia sejauh ini tercatat telah mencapai US$5,3 miliar. Agus menegaskan bahwa besarnya aliran dana yang masuk telah berhasil membuat rupiah terapresiasi sebesar 1,09 persen sepanjang kuartal pertama tahun ini. Ini menjadi bukti perekonomian Indonesia dalam kondisi aman.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo juga menambahkan bahwa volaitiltas terhadap mata uang Indonesia pada tahun ini jauh lebih rendah dibandingkan beberapa tahun yang lalu.

Hal itu ia uangkapkan karena pada waktu itu, volatilitas rupiah bisa mencapai 18 persen, sementara pada tahun ini justru hanya dua sampai tiga persen.

Dengan demikian, bank sentral pun akan membiarkan gerak rupiah sesuai dengan mekanisme pasar. Namun Agus memastikan bahwa BI tidak akan segan melakukan intervensi di pasar, apabila volatilitas yang terjadi justru melempar rupiah dari fundamental ekonomi yang sebenarnya.

“Kami dari BI ingin membiarkan terjadinya flexible exchange rate, karena kamu mau exchange rate mencerminkan fundamental ekonomi. Tapi kalau volatilitas tinggi, kita tidak perkenankan,” pungkas Agus.

Sebagai informasi, berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate BI, rupiah pada hari ini berada di posisi Rp13.299 per dolar AS, melemah 21 poin dibandingkan posisi kemarin, Kamis 27 April 2017 yang tercatat senilai Rp13.278 per dolar AS.


Category: Berita ekonomi finansial

Tags: , , , ,