Jasa Konsultan Pajak PT Sinergi Solusi Bisnis

Jasa konsultan pajak

Sinergi Solusi Bisnis memberikan layanan jasa Konsultan pajak Profesional terpercaya dan berkualitas dengan pengalaman bertahun-tahun yang dapat diandalkan. Sebagai warga Negara yang baik, tentu pembayaran pajak sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku harus dilaksanakan oleh Wajib Pajak (WP). Namun, UU pajak yang begitu rumit kadang membuat Anda kurang memahami bagaimana cara pembayaran pajak yang seharusnya. Kami sebagai konsultan bisnis serta training dengan SDM terlatih di bidangnya mampu membantu Anda memenuhi kewajiban perpajakan sesuai dengan peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku. Hal tersebut termasuk menghitung, mempersiapkan, membayar, dan melaporkannya ke kantor pelayanan pajak terdaftar.

Mengapa Anda membutuhkan layanan jasa Konsultan Pajak?

jasa konsultan pajak jakarta

Kemungkinan masih kurangnya pemahaman mengenai sistem perpajakan yang berlaku menjadi alasan utama mengapa Anda harus menyewa layanan jasa Konsultan pajak dan training perpajakan. Pajak tidak hanya menyangkut soal perusahaan dan lembaga, tetapi bahkan perseorangan. Kurangnya pengetahuan dalam hal perpajakan maupun kelalaian WP juga dapat menyebabkan terjadinya kesalahan dan masalah, di situlah konsultan bisnis turut campur tangan dalam memberikan solusi yang tepat.

Saat ini masih banyak para profesional atau pebisnis Indonesia (dan mungkin juga termasuk Anda) terlalu sibuk mengurusi bisnis serta usaha mereka yang mengakibatkan mereka sering lupa untuk meluangkan waktu mengurus perpajakan yang timbul dari transaksi bisnis yang telah dijalankan. Di sinilah manfaat dari konsultan bisnis serta training untuk membantu mengurus perpajakan secara efektif dan efisien.

Dalam memilih Jasa Konsultan Pajak dan training tidak boleh sembarangan. Hal ini karena mereka juga perlu mengetahui laporan keuangan Anda secara mendetail untuk membantu pengurusan pajak yang sesuai dengan peraturan. Oleh karena itu, Anda haruslah selekfif dalam memilih layanan jasa perpajakan dan di sinilah Solusi Energi Bisnis menjadi salah satu penyedia jasa tersebut yang dapat dipercaya.

Sebelum memutuskan untuk memakai atau menyewa Jasa Konsultan Pajak bagi bisnis/usaha, Anda perlu mengetahui tugas serta layanan jasa apa saja yang biasanya ditawarkan. Dari situ, Anda bisa menilai layanan apa yang diinginkan dan cocok bagi kebutuhan Anda. Berikut ini kami berikan penjelasan Jasa Konsultan Pajak yang kami lakukan secara spesifik.

Jasa Kepatuhan Pajak | tax compliance

Jasa kepatuhan Pajak

Jasa kepatuhan pajak atau tax compliance memiliki tujuan untuk membantu Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya sehingga mereka dapat terhindar dari denda ataupun sanksi yang tentunya akan merugikan. Kepatuhan pajak ini meliputi penyusunan serta pelaporan bulanan, perhitungan pajak, pelaporan tahunan, pembayaran, pengiriman SPT, serta penandatanganan laporan pajak atas nama klien.

Dengan menyewa jasa kepatuhan pajak ini, maka diharapkan Wajib Pajak tidak mudah melalaikan kewajibannya dalam pembayaran dan pelaporan perpajakan termasuk hal-hal yang terkait sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Apabila WP tidak memenuhi kepatuhan pajak secara baik, maka dapat terjadi hal-hal yang merugikan serta tidak diinginkan bahkan dapat memunculkan tindak pidana di bidang pajak.

Bagi Sinergi Solusi Bisnis sebagai Jasa Konsultan Pajak, jenis layanan jasa kepatuhan pajak ini merupakan salah satu layanan unggulan yang ditawarkan. Kami memiliki SDM yang profesional dan berpengalaman di bidangnya untuk membantu Anda memenuhi kewajiban perpajakan sebagai warna Negara yang baik. Klien kami berasal dari berbagai instansi, lembaga, perusahaan, maupun perseorangan dari berbagai area di Indonesia dan kami siap membantu kapan saja untuk memberikan pemahaman yang penting bagi Anda. berikut adalah layanan jasa kepatuhan pajak:

  • Penyusunan dan Pelaporan SPT Masa/Bulanan:
    Sesuai dengan aturan dalam sistem perpajakan, WP diwajibkan untuk menyusun kemudian melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) sebagai sarana untuk menunjukkan serta mempertanggungjawabkan perhitungan pajak yang terutang sesuai dengan tenggat waktu yang ditetapkan. Penyusunan ini dapat dilakukan oleh Wajib Pajak yang bisa dibantu oleh layanan jasa perpajakan dan dilaporkan langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Pajak (KP2KP) yang terdaftar.SPT Masa/bulanan adalah surat pemberitahuan untuk melaporkan dan membayar pajak bulanan dan perlu diketahui bahwa ada 9 jenis SPT Masa, yaitu:
  1. SPT Masa Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21
  2. SPT Masa PPh Pasal 22
  3. SPT Masa PPh Pasal 23
  4. SPT Masa PPh Pasal 25
  5. SPT Masa PPh Pasal 26
  6. SPT Masa PPh Pasal 4 (2)
  7. SPT Masa PPh Pasal 15
  8. SPT Masa Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM)
  9. SPT Masa Pemungut PPN.Jika WP terlambat dalam melaporkan SPT Masa sesuai dengan ketentuan yang berlaku atau melebihi batas waktu yang telah ditetapkan sesuai peraturan perundang-undangan, maka akan dikenakan denda. Solusi bagi Anda agar tidak mengalami kerugian yang dimaksud adalah memenuhi kewajiban penyusunan serta pelaporan tepat pada waktunya dan kami bisa membantu Anda dalam kepatuhan perpajakan ini lewat layanan yang diberikan.
  • Menyiapkan perhitungan pajak:
    Perhitungan pajak menjadi hal yang krusial dalam hal pemenuhan perpajakan karena jangan sampai terjadi perbedaan ataupun kesalahan dalam perhitungan tersebut yang nantinya bisa mengakibatkan masalah. Dalam melakukan perhitungan inipun tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena terdapat aturan penghitungan yang berlaku sesuai ketentuan undang-undang pajak. Contohnya saja dalam hal Pph 21 mengenai Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) maupun persoalan tarif pajak yang harus dikenakan sesuai dengan penghasilan WP yang telah dihitung dengan benar.Selain perhitungan dan tarif pajak untuk pajak penghasilan badan/perseorangan, masih ada lagi aturan tarif pajak untuk masing-masing jenis pajak yang ada. Setiap aturan perhitungan pajak ini haruslah dilakukan dengan seksama karena apabila tidak, maka bisa terjadi kesalahan perhitungan dan WP dapat dikenakan sanksi.Sanksi yang ada bisa berupa denda atau sanksi bunga dari jumlah pajak yang kurang untuk dibayar, dan tentunya hal tersebut akan merugikan Wajib Pajak.Oleh karena itu, kami sebagai jasa Konsultan pajak dapat membantu menghitungkan berapa jumlah pajak yang harus dibayarkan serta dilaporkan sesuai dengan pelaporan atau data transaksi yang ada. Di sini klien juga harus percaya dan bekerjasama untuk memberikan laporan keuangan maupun informasi lain yang diperlukan demi keakuratan perhitungan pajak, agar layanan jasa perpajakan dapat membantu melakukan perhitungan yang tepat. Perhitungan yang benar akan memudahkan dalam pembayaran serta pelaporan pajak.
  • Melaporkan SPT Masa atau Tahunan:
    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, WP wajib melakukan pelaporan SPT baik Masa maupun SPT Tahunan. Hal tersebut terkait dengan pertanggungjawaban (penghitungan dan pembayaran) terhadap pajak terhutang dan pelaporan ini harus dilakukan sebelum jatuh tempo. Terdapat 2 macam SPT:
  • SPT Masa: Surat pemberitahuan untuk suatu masa pajak.
  • SPT Tahunan: Surat pemberitahuan untuk bagian tahun pajak atau suatu tahun pajak.

Pelaporan ini dilakukan dengan formulir yang berlaku dan wajib diisi secara tepat, benar, akurat, dan harus ditandatangani. Jika SPT tidak ditandatangani oleh WP alias orang lain, maka harus disertai dengan surat kuasa.

Terdapat batas waktu penyampaian yang harus dipenuhi dan sebaiknya WP melakukan penyampaian SPT sebelum tanggal jatuh tempo yang ditetapkan. Jika melewati batas tersebut maka akan dikenakan sanksi yang berlaku. SPT dapat dilaporkan secara langsung di KPP/KP2KP atau di tempat-tempat yang sudah ditentukan. Penyampaian tersebut juga dapat dilakukan melalui elektronik (e-filling).

Jika terdapat ketidakbenaran dalam SPT yang dilaporkan, maka WP wajib untuk melakukan pembetulan. Pelaporan ini dapat kami tangani sebagai layanan jasa perpajakan secara rutin sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga tidak terjadi keterlambatan apalagi sampai merugikan pihak klien. SPT ini terdiri dari beberapa formulir yang harus diisi sehingga jika Anda merasa kerepotan atau kurang paham, maka kami sebagai jasa Konsultan pajak bersedia membantu Anda.

  • Mengurus pembayaran pajak:
    Untuk mengurus pembayaran pajak sebetulnya adalah hal yang bisa dilakukan oleh wajib pajak sendiri, tetapi biasanya para profesional/pengusaha tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan proses pembayaran pajak. Terdapat berbagai macam cara untuk melakukan pembayaran pajak sesuai dengan jenis pajaknya, dan di sinilah terkadang WP belum paham benar
    tentang tata cara membayar pajak.Metode pembayaran yang dilakukan tergantung dari jenis perpajakan yang ada begitu juga dengan masa jatuh tempo yang berbeda-beda khususnya mengenai batas waktu tanggal pembayaran. Jika WP terlambat dalam membayar kewajiban pajaknya, maka akan dikenakan sanksi/denda sesuai aturan yang berlaku. Berikut ini beberapa cara membayar pajak yang bisa dilakukan:
  • Setor langsung ke bank persepsi/kantor pos
  • Secara online banking

Saat ini juga ada ketentuan terbaru yaitu melakukan pembayaran melalui e-billing dimana melakukan pembayaran secara elektronik yang sedang diupayakan oleh pemerintah. Di sini WP harus membuat kode billing agar dapat membayar pajak secara elektronik.

Mungkin Anda merasa repot mengurus hal-hal pembayaran pajak dan Sinergi Solusi Bisnis sebagai Jasa Konsultan Pajak siap membantu Anda untuk melakukan pembayaran tepat waktu. Hal ini penting untuk menghindari denda/sanksi apalagi bila Anda menunggak bayar pajak, maka bisa dilakukan pemeriksaan dari Ditjen Pajak. Intinya agar Anda dapat tetap mengurus segala urusan bisnis/transaksi usaha dengan lancar tanpa perlu pusing memikirkan pembayaran pajak sebagai salah satu kepatuhan sebagai warga Negara, maka cukup menyewa layanan jasa perpajakan kami.

  • Pengiriman SPT ke kantor pajak
    Setelah memahami fungsi dari surat pemberitahuan baik Masa ataupun Tahunan, maka selanjutnya adalah mengenai pengiriman SPT ke kantor pajak yang juga wajib dilakukan oleh WP. Kebingungan kerap melanda WP ketika memasuki masa akhir pengiriman SPT ke kantor pajak khususnya soal tata cara penyampaian kemudian pengirimannya, contohnya:

    • Apakah pengiriman SPT harus dilakukan secara langsung ke kantor pajak terdekat?
    • Apalah bisa pengiriman SPT dilakukan lewat kurir atau POS?
    • Apakah penyampaian SPT dapat dilakukan secara online saja?

Mungkin pertanyaan-pertanyaan tersebut yang ada di dalam benak Anda, apalagi jika Anda merupakan wajib pajak yang memiliki domisili berbeda dengan KPP tempat Anda telah terdaftar. Secara garis besar, terdapat beberapa aturan mengenai aturan pengiriman SPT yang harus dilakukan oleh WP baik perseorangan maupun perusahaan. Misalnya saja, jika Anda memilih untuk mengirimkan SPT melalui kurir/pos maka harus disertai dengan bukti pengiriman surat ke KPP dimana WP terdaftar. Belum lagi soal tanggal pengiriman surat yang dianggap sebagai tanda penerimaan SPT, dan lain sebagainya.

Pengurusan pengiriman SPT ini bisa memakan waktu lama, apalagi jika Anda tidak berada di wilayah tempat KPP terdaftar. Untuk menghindari keterlambatan pengiriman surat pemberitahuan, maka sebaiknya Anda menyerahkan saja ke layanan jasa Konsultan pajak dimana kami dapat membantu Anda untuk tidak melebihi batas waktu pengiriman SPT sehingga denda atau sanksi dapat dihindari.

  • Menandatangani laporan pajak atas nama klien:

Lupa menandatangani laporan pajak maka bisa dianggap pelaporan SPT menjadi tidak terpenuhi meskipun hal ini tampak merupakan persoalan kecil. Padahal, menandatangani laporan pajak merupakan hal penting bahkan utama saat dilakukan penyampaian SPT sesuai dengan Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU Nomor 28 Tahun 2007) Pasal 3 ayat (1) dimana bunyinya, ialah:

“Setiap Wajib Pajak wajib mengisi Surat Pemberitahuan dengan benar, lengkap, dan jelas, dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan hurut Latin, angka Arab, satuan mata uang Rupiah, dan menandatangani serta menyampaikannya ke kantor Direktorat Jenderal Pajak tempat Wajib Pajak terdaftar atau dikukuhkan atau tempat lain yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pajak.”

Dapat dilihat dari aturan perundang-undangan yang berlaku bahwa ketidaktelitian WP lupa untuk menandatangani pelaporan pajak dapat dianggap sebagai ‘tidak menyampaikan’. Tandatangan ini diperlukan sebagai bukti bahwa WP mengetahui dan bertanggung jawab atas isi dari SPT yang dilaporkan serta terikat atas isinya. Dalam menandatangani SPT sendiri, ada 3 macam cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Tandatangan secara digital atau elektronik
  • Tandatangan biasa yang sering kita kenal atau kadang disebut juga tandatangan basah
  • Tandatangan stempel

Baik tanda tangan stempel maupun tandatangan yang dilakukan secara elektronik memiliki kekuatan hukum yang sama. Kami disini bisa membantu Anda dalam hal menandatangani laporan pajak atas nama klien sehingga apabila Anda sedang tidak berada di tempat maupun terlalu sibuk dengan urusan lain yang mungkin dapat menyebabkan kelalain lupa tandantangan, kami siap membantu Anda dalam hal tersebut maka WP tidak perlu khawatir lagi.

Keenam perincian layanan jasa Konsultan pajak di atas merupakan proses dalam sistem perpajakan yang harus dilakukan oleh WP. Jika Anda tidak memiliki waktu dalam pengurusan tiap kepatuhan pajak tersebut, maka kami siap memberikan bantuan mulai dari penyusunan sampai kepada penandatanganan laporan pajak atas nama klien.

Kami akan menjaga kerahasiaan setiap data maupun laporan dari klien yang diberikan dalam hal pengurusan perpajakan. Yang penting di sini adalah kami bisa mendapatkan kepercayaan dari klien untuk mengurusi segala kepatuhan terhadap perpajakan sehingga Anda dapat menjalankan transaksi bisnis atau usaha tanpa perlu khawatir mengenai masalah pajak yang sudah semestinya berlaku di suatu Negara. Anda bisa menanyakan hal-hal yang terkait mengenai persoalan tax compliance pada kami melalui kontak yang telah disediakan.

Jasa konsultasi pajak | Tax consulting

jasa konsultasi pajak jasa tax consulting

Kami memberikan layanan jasa perpajakan dalam bentuk konsultasi pajak baik secara lisan maupun tertulis dengan tujuan agar klien sebagai WP mampu memenuhi kewajiban perpajakannya secara benar dan tepat. Dalam perusahaan sendiri, memakai jasa konsultasi pajak sangatlah direkomendasikan sebab tingkat transaksi yang begitu tinggi dimana sebagai objek pajak dapat menyebabkan kerumitan yang mungkin kurang dipahami cara penyelesaiannya oleh wajib pajak badan.

Dengan mendapatkan layanan jasa konsultan pajak terpercaya, Anda bisa memberikan kuasa untuk menangani segala hal yang berhubungan dengan pajak, termasuk jika terjadi masalah maka kami dapat memberikan solusi yang benar untuk menyelesaikannya. Tidak hanya itu, solusi yang diberikan juga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam perpajakan perusahaan/perorangan.
Berikut ini manfaat dari memakai jasa konsultasi pajak yang perlu dipahami:

  • Dengan memakai layanan jasa perpajakan khususnya konsultasi pajak, apabila terjadi masalah maka dapat diberikan solusi yang tepat dan sebisa mungkin untuk menghindari denda/sanksi. Masalah ini dapat menyita waktu serta pikiran sehingga akan baik jika diserahkan kepada konsultan terpercaya.
  • Wajib pajak menjadi tidak terbebani lagi untuk urusan perpajakan, apalagi persoalan kepatuhan pajak maupun administrasi yang berhubungan.
  • Jika terdapat pemeriksaan pajak, maka wajib pajak dapat mengandalkan layanan jasa perpajakan sehingga lebih aman.
    Dengan didampingi oleh konsultan, Anda bisa mengantisipasi apabila terjadi kesalahan dalam perhitungan pajak yang dapat merugikan klien.
  • Melalui layanan jasa perpajakan, tingkat kesalahan yang bisa saja terjadi dapat diminimalisir, misalnya resiko lebih bayar.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari jasa konsultan pajak, lalu hal-hal apa saja yang dapat kami tawarkan dalam jasa ini?

  • Membantu mengurus pajak yang akan dibayar dan dilaporkan
  • Menekan biaya dalam membayar pajak tanpa melanggar aturan yang berlaku
  • Membimbing klien soal perpajakan, misalnya jika ada amandemen peraturan perpajakan
  • Mendampingi apabila terjadi pemeriksaan pajak, bahkan sampai pengajuan banding maupun keberatan.
    Dsb.

Meskipun mungkin Anda telah memiliki staff akuntansi maupun staff pajak, namun bisa saja tidak semua perkembangan perpajakan di Negara ini diketahui. Berbeda dengan konsultan pajak profesional yang fokus di bidangnya dan akan selalu update informasi perpajakan.

Jasa perencanaan pajak | Tax Planning

jasa perencanaan pajak jasa tax planning

Dalam manajemen pajak terdapat perencanaan pajak yang harus dilakukan demi memenuhi kewajiban perpajakan dengan benar. Salah satu tujuan perencanaan pajak adalah menekan jumlah pajak terutang yang wajib dibayarkan oleh WP dengan cara yang tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hal itu tentu akan berpengaruh terhadap laba setelah pajak yang ditargetkan oleh suatu badan usaha atau perseorangan. Intinya, dengan jasa perencanaan pajak ini, Anda bisa memilih tindakan apa yang tepat agar penghematan pajak dapat dilakukan berikut pula dengan berbagai macam persoalan adminstratif yang dilakukan.
Aspek dalam perencanaan pajak, sebagai berikut:

Aspek formal serta administratif

  • Wajib mendaftarkan diri untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak NPWP dan Nomor Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (NPPKP)
  • Melakukan pembukuan serta pencatatan
  • Memotong maupun memungut pajak
  • Membayar pajak terutang
  • Menyampaikan SPT Masa dan Tahunan

Aspek Material

Objek pajak harus disampaikan dengan tepat dan benar sebagai dasar dari perhitungan pajak menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. WP diharuskan melakukan pembayaran pajak yang tidak kurang atau tidak lebih, hal tersebut bertujuan demi alokasi sumber dana yang optimal.
Tahapan perencanaan pajak:

  • Analisis informasi yang tersedia
  • Membuat perkiraan jumlah pajak yang harus dibayarkan
  • Mengevaluasi perencanaan perpajakan
  • Mencari tahu kelemahan dari rencana pajak yang ada kemudian memperbaikinya
  • Pemutakhiran perencanaan pajak

Strategi umum yang ada dalam perencanaan pajak:

  • Tax saving, penghematan pajak yang dilakukan melalui pemilihan alternatif pengenaan pajak dengan tarif lebih rendah dan melalui hal-hal yang tidak melanggar ketentuan undang-undang.
  • Tax avoidance, menghindari pengenaan pajak dengan cara melakukan transaksi yang bukan objek pajak.
  • Menghindari sanksi/denda yang dapat berupa kenaikan, bunga, maupun denda dari pajak yang terutang maupun hukuman pidana dan kurungan.
  • Memaksimalkan kredit pajak yang diperbolehkan sesuai aturan agar WP tidak rugi.

Melalui berbagai macam perencanaan yang ada tersebut, maka Anda bisa melakukan penghematan pajak yang optimal tanpa melanggar peraturan dan kami mengetahui solusinya.

Jasa Telaah Pajak | Tax Review

Jasa Telaah pajak tax review

Layanan jasa ini berguna untuk melakukan review serta telaah dari aspek perpajakan terhadap laporan keuangan klien. Dari hal tersebut akan didapatkan gambaran umum tentang berapa jumlah pajak yang sekiranya wajib dibayarkan oleh wajib pajak maupun mengenai tingkat resiko yang harus dihadapi di kemudian hari. Jasa ini penting sebab klien dapat melihat bahwa kami melakukan pengkajian mendetail untuk transaksi yang sudah dan akan terjadi sampai akhir tahun yang nantinya akan dihubungkan dengan sistem perpajakan. Telaah ini juga termasuk soal kontrak atau perjanjian antara perusahaan/perseorangan dengan pihak ketiga dimana bisa dipakai untuk mengatur pelaksanaan perpajakan yang harus dipenuhi sesuai undang-undang.

Pajak dapat terjadi dari suatu transaksi, baik transaksi secara khusus maupun umum sehingga dengan dilakukan review ini, maka klien bisa melihat kemungkinan kewajiban pajak yang sekiranya dapat terjadi. Berikut ini kami berikan lingkup telaah pajak yang dapat dilakukan:

  • Full review yang meliputi seluruh transaksi perusahaan serta kewajiban perpajakan, termasuk di dalamnya review dokumen secara terperinci.
  • Limited review yang meliputi kewajiban perpajakan hanya pada periode tertentu, termasuk transaksi maupun dokumen tertentu.

Sangat disarankan untuk melakukan full review, apalagi jika Anda merupakan suatu badan usaha dengan transaksi amat kompleks dimana kemungkinan kesalahan itu besar resikonya. Review yang lengkap dan menyeluruh memungkinkan dilaksanakannya perencanaan pajak (tax planning) sehingga bermanfaat untuk menyelesaikan kewajiban perpajakan dengan sebaik-baiknya. Review yang terbatas hanya mampu memberikan gambaran umum kepada klien soal estimasi kewajiban pajak, transaksi yang mungkin dapat menimbulkan pajak terutang, dan pencegahan risiko pajak yang besar.

Jika Anda berminat untuk menyewa layanan jasa Konsultan pajak dalam bidang tax review, maka kami bersedia melakukannya sehingga dapat meringankan pengurusan maupun persoalan perpajakan pada usaha/bisnis. Dengan cara ini, maka wajib pajak seperti pengurus/direksi perusahaan dapat memastikan bahwa tidak terjadi kesalahan ataupun penyimpangan terhadap perpajakan perusahaan dari transaksi-transaksi yang ada. Apabila terjadi keliruan dapat menyebabkan kerugian bagi wajib pajak dan hal inilah yang harus dihindari dengan melakukan review terhadap aspek pajak perusahaan maupun bisnis perseorangan Anda.

Jasa konsultan Transfer Pricing documentation | TP DOC

jasa pembuatan transfer pricing documentation TP DOC

Ketika suatu perusahaan mengadakan transaksi transfer dengan pihak lain maka diperlukanlah yang namanya harga transfer. Dengan layanan jasa perpajakan transfer pricing documentation (TP DOC), kami PT SInergi SOlusi Bisnis dengan layanan jasa Konsultan pajak dapat membantu klien berurusan dengan transfer pricing seperti strategi dan masukan yang diperlukan guna mencegah kerugian yang bisa timbul dari transaksi transfer pricing maupun skenarionya dengan pihak-pihak terkait.

Ada 2 macam jenis transfer pricing yang biasanya dilakukan oleh perusahaan, yaitu:

  • Transfer pricing antar divisi dalam satu perusahaan
  • Transfer pricing antar perusahaan yang mempunyai hubungan istimewa

Untuk transfer antar perusahaan yang mempunyai hubungan istimewa ini dapat dilakukan antara dua perusahaan yang berada di dalam satu Negara, namun juga dapat dilakukan oleh perusahaan yang berada di luar negeri. Di situlah bisa terjadi resiko dimana kesalahan dapat mudah terjadi, apalagi untuk transfer pricing perusahaan yang berada di Negara berbeda (transfer pricing internasional). Dengan transaksi antar Negara yang berbeda, maka harga transfer pricing bisa ditetapkan demi keuntungan salah satu pihak, misalnya saja mengatur harga transfer agar perusahaan di suatu Negara dengan tarif pajak yang rendah bisa mendapatkan keuntungan setinggi-tingginya, sebaliknya perusahaan lain dengan tarif pajak tinggi mendapatkan keuntungan yang lebih rendah.

Dengan adanya layanan jasa Konsultan pajak transfer pricing dari Sinergi Solusi Bisnis, kami bisa memberikan solusi agar hal tersebut tidaklah terjadi. Klien akan kami berikan masukan termasuk bagaimana cara mengatur dokumen transfer pricing yang didasarkan pada aspek perpajakan sesuai dengan peraturan perundangan. Dengan konsultasi dan pembuatan dokumen ini, maka resiko kerugian yang mungkin terjadi dari transaksi transfer pricing dapat dicegah, termasuk di dalamnya berbagai macam strategi yang menguntungkan pihak-pihak klien.

Pajak dari transaksi manapun selalu dianggap sebagai beban yang dapat mengecilkan laba. Dengan dasar tersebut, maka dengan jasa konsultan pajak transfer pricing terpercaya memungkinkan untuk mengecilkan beban pajak yang ada tanpa melanggar peraturan perpajakan yang berlaku. Secara lebih spesifik, berikut ini jasa-jasa berkenaan dengan transfer pricing yang kami tawarkan untuk memudahkan Anda memanajemen maupun bertransaksi:

  • Transfer pricing (TP):

Kami akan mereview transaksi perusahaan Anda kepada pihak terafiliasi yang melakukan transfer pricing baik mereka perusahaan dalam negeri maupun luar negeri. Di dalam transfer pricing sendiri terdapat aturan yang harus diperhatikan oleh perusahaan sebagai wajib pajak sehingga pemahaman terhadap peraturan yang ada perlu untuk dilakukan. Sayangnya, tidak semua wajib pajak mengetahui tentang perpajakan terhadap TP yang dilakukan, khususnya pada perusahaan multinasional yang memiki banyak perusahaan afiliasi di seluruh dunia.

Dengan adanya praktek TP ini, review yang kami berikan akan sangat membantu klien dalam mengerti perhitungan yang benar dan menghindari kesalahan yang mungkin saja bisa terjadi dimana dapat mengakibatkan wajib pajak tersandung kasus. Selain itu, kami juga dapat membantu minimalisasi pajak yang disebabkan adanya transaksi transfer pricing tanpa melanggar aturan berlaku yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Dari review transaksi transfer pricing yang ada, kami dapat memberikan:

  • Metode TP yang tepat
  • Etika dan sistem perpajakan TP berdasarkan undang-undang
  • Perhitungan TP yang benar dari aspek perpajakan
  • Minimalisasi beban pajak karena adanya transaksi kepada pihak terafiliasi
  • Memahami resiko pajak yang dapat timbul dari TP
  • Menghindari adanya sengketa TP
  • Perbaikan TP jika terjadi kesalahan atau kelemahan Dsb.

Dapat dilihat bahwa layanan jasa review terhadap manajemen transfer pricing amatlah penting untuk menghindari kesalahan maupun praktik-praktik yang tidak sesuai.

  • Jasa Pembuatan Transfer Pricing Documentation

Terdapat tata cara yang harus dipatuhi dalam pembuatan transfer pricing documentation (Tp Doc) yang mungkin belum diketahui oleh wajib pajak. Dengan adanya jasa pembuatan dokumen ini, kami siap membantu Anda untuk memberikan masukan bagaimana cara membuat dokumen TP yang benar serta strategi yang tepat agar terhindar dari kerugian yang tidak diinginkan. Tidak hanya itu, kesalahan dalam pembuatan dokumen TP ini juga dapat menimbulkan sanksi khususnya apabila ditemukan hal tidak wajar terkait transaksi yang terjadi dengan pihak afiliasi selama pemeriksaan TP.

Biasanya wajib pajak kurang mengerti tentang tata cara pembuatan dokumen TP, ataupun tidak memiliki banyak waktu karena terlalu berfokus mengelola bisnis sehingga lalai terhadap pembuatan dokumen ini. Kami adalah jasa konsultan profesional yang paham tentang teknik menyiapkan serta membuat dokumen TP secara benar dan tepat. Karena apabila dokumen tersebut tidak dibuat secara benar, akan ada resiko yang harus dihadapi, misalnya saja resiko ketidakwajaran dalam harga transfer terhadap pemeriksaan pajak.

Sinergi Solusi Bisnis tidak hanya memahami tentang pembuatan TP doc, berikut ini gambaran umum yang kami kerjakan untuk jasa pembuatan dokumen TP:

  1. Memberikan metode TP yang tepat dan tidak merugikan
  2. Memberikan teknik penentuan harga wajar yang benar
  3. Memperkirakan dan menghitung jumlah pajak terutang yang timbul dari transaksi transfer pricing, dsb.
  • Bantuan Audit transfer pricing (TP):

Kami siap membantu Perusahaan Anda selama pemeriksaan pajak khusus atas pengalihan indikasi harga. Karena transaksi TP biasanya amat kompleks, maka pemeriksaan pajak kadang bisa dilakukan untuk memastikan apakah harga yang terjadi dari transaksi TP wajar dan sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Di sini, kami akan memberikan strategi yang tepat menghadapi pemeriksaan atas transfer pricing serta menghindari sengketa yang mungkin bisa terjadi.

Audit transfer pricing ini dilakukan agar Anda dapat memastikan bahwa setiap transaksi yang terjadi beserta dengan harga yang ditetapkan wajar termasuk dengan penghitungan pajak yang dibayarkan. Dipastikan dengan adanya audit TP, tidak ada manipulasi harga dan kami juga akan mendampingi pihak perusahaan ketika ada pemeriksaan pajak yang dilakukan oleh Ditjen pajak akibat adanya pengalihan indikasi harga.

Sinergi Solusi Bisnis memberikan layananjasa Konsultan pajak  yang dapat menjadi jawaban atas permasalahan perpajakan Anda baik di perusahaan, instansi, lembaga, maupun perseorangan. Cek official site kami di solusibisnis.co.id untuk membaca info-info lebih lanjut ataupun segera hubungi kontak yang tertera apabila ada pertanyaan, kami akan segera memberikan balasan.

Namun Jika anda ingin mengikuti pelatihan perpajakan silahkan kunjungi page kami di https://solusibisnis.co.id/events-list

 

PT SINERGI SOLUSI BISNIS | THE REAL BUSINESS SOLUTIONS

Business Consulting | Provider Training | Informasi Training Indonesia
Office:
Jln Raya Inpres No. 42 Batu ampar, Kramatjati, Jakarta Timur, Indonesia 13540
Telpon : (021) 228-069-13
Email : info@solusibisnis.co.id
Website : www.solusibisnis.co.id

 

Contact Us
  1. (required)
  2. (required)
  3. (valid email required)
  4. (required)
 

DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG