Pajak Langsung dan Tidak Langsung

Lengkap dengan Penjelasan Ciri dan Fungsi pajak

Apa yang dimaksud dengan Pajak Langsung?

Pajak Langsung dan Tidak Langsung – Pajak langsung dibayarkan langsung oleh seorang individu atau organisasi untuk suatu entitas mengesankan. Seorang wajib pajak, misalnya, membayar pajak langsung kepada pemerintah untuk tujuan yang berbeda, termasuk pajak riil properti, pajak properti pribadi, pajak penghasilan atau pajak atas aset. pajak langsung berbeda dari pajak tidak langsung, di mana pajak yang dikenakan pada satu entitas, seperti penjual, dan dibayar oleh yang lain, seperti pajak penjualan dibayarkan oleh pembeli dalam pengaturan ritel. pajak langsung didasarkan pada prinsip kemampuan-to-pay.

Prinsip ini adalah istilah ekonomi yang menyatakan bahwa mereka yang memiliki lebih banyak sumber daya atau memperoleh penghasilan yang lebih tinggi harus membayar pajak lebih. Kemampuan untuk membayar pajak adalah cara untuk mendistribusikan kekayaan bangsa. pajak langsung tidak dapat diteruskan ke orang atau badan yang berbeda; individu atau organisasi di mana pajak dikenakan bertanggung jawab untuk pemenuhan pembayaran pajak penuh.

Namun, ini kadang-kadang bertindak sebagai negatif. pajak langsung, terutama dalam sistem bracket pajak, dapat menjadi disinsentif untuk bekerja keras dan mendapatkan lebih banyak uang, karena semakin banyak uang yang didapat seseorang, semakin pajak yang membayar.

Baca : 
Pengertian Pajak Secara Lengkap
Perhitungan SPT PPh Badan Secara Lengkap
Pemotongan Pajak Penghasilan Pasal 21
Ketentuan Umum dan Tatacara Perpajakan

Sejarah pajak langsung dan pajak tidak langsung

Perbedaan modern antara pajak langsung dan pajak tidak langsung muncul dengan berlalunya Amandemen ke-16 pada tahun 1913. Sebelum Amandemen ke-16, hukum pajak di Amerika Serikat ditulis sehingga setiap pajak langsung diminta untuk langsung dibagikan kepada penduduk. Sebagai contoh, sebuah negara dengan 75% dari populasi dalam kaitannya dengan negara lain hanya akan diminta untuk membayar pajak langsung sebesar 75% dari negara yang lebih besar.

verbiage kuno ini membuatnya begitu banyak pajak langsung, seperti pajak penghasilan pribadi, tidak bisa dikenakan oleh pemerintah federal karena persyaratan pembagian. Namun, lewat dari Amandemen ke-16 mengubah kode pajak dan memungkinkan untuk pengadaan berbagai pajak langsung dan tidak langsung.

Sebuah retribusi pemerintah pada pendapatan, properti, atau kekayaan orang atau perusahaan. Pajak langsung ditanggung sepenuhnya oleh entitas yang membayar itu, dan tidak dapat diteruskan kepada entitas lain. Contohnya termasuk pajak perusahaan, pajak penghasilan, dan iuran jaminan sosial. Tidak seperti pajak konsumsi (lihat pajak tidak langsung), pajak langsung didasarkan pada kemampuan untuk membayar prinsip tetapi mereka kadang-kadang bekerja sebagai disinsentif untuk bekerja lebih keras dan mendapatkan lebih banyak karena itu berarti membayar pajak lebih. Lihat juga pajak progresif.

Pajak Langsung dan Tidak Langsung

Apakah yang dimaksud dengan Pajak Tidak Langsung?

Pajak tidak langsung adalah pajak yang dibayarkan kepada pemerintah oleh satu entitas dalam rantai pasokan, tetapi diteruskan kepada konsumen sebagai bagian dari harga barang atau jasa. konsumen akhirnya membayar pajak dengan membayar lebih untuk produk. Pajak tidak langsung digeser dari satu wajib pajak yang lain bea masuk, bahan bakar, minuman keras dan rokok pajak semua dianggap contoh pajak tidak langsung. pajak tidak langsung ditentukan oleh kontras mereka dengan pajak langsung. Dalam kasus pajak langsung, orang segera membayar pajak adalah orang bahwa pemerintah berusaha untuk pajak. pajak penghasilan adalah contoh yang paling jelas dari pajak langsung, karena orang mendapatkan penghasilan adalah satu segera membayar pajak. Penerimaan biaya untuk taman nasional adalah contoh yang jelas dari pajak langsung.

Contoh Pajak Tidak Langsung

Contoh yang paling umum jika pajak tidak langsung adalah pajak impor. tugas dibayar oleh importir yang baik pada saat memasuki negara itu. Jika importir melanjutkan dengan menjual kembali baik untuk konsumen, biaya tugas berlaku tersembunyi dalam harga yang konsumen membayar. konsumen cenderung tidak menyadari hal ini, tapi ia tetap akan langsung membayar bea masuk.

Pada dasarnya, setiap pajak atau biaya yang dikenakan oleh pemerintah pada manufaktur atau tingkat produksi adalah pajak tidak langsung. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak negara telah memberlakukan biaya pada emisi karbon ke produsen. Ini adalah pajak tidak langsung, karena biaya tersebut diteruskan kepada konsumen.

pajak penjualan dapat langsung atau tidak langsung. Jika mereka hanya dikenakan pada pasokan akhir untuk konsumen, mereka langsung. Jika mereka dikenakan sebagai pajak nilai tambah sepanjang proses produksi, maka mereka tidak langsung.

Nature Regresif Pajak Tidak Langsung

pajak tidak langsung pada dasarnya biaya yang dikenakan sama pada wajib pajak, tidak peduli pendapatan mereka. Dengan demikian, mereka pajak regresif. Sebagai contoh, bea masuk pada televisi diimpor dari Jepang akan menjadi jumlah yang sama, tidak peduli apa pendapatan konsumen membeli televisi.

Ada juga kekhawatiran bahwa pajak tidak langsung dapat digunakan untuk lebih kebijakan pemerintah tertentu dengan mengenakan pajak industri tertentu dan bukan yang lain. Untuk alasan ini, beberapa ekonom berpendapat bahwa pajak tidak langsung mengarah pada pasar yang tidak efisien dan mengubah harga pasar dari harga keseimbangan mereka. demikian penjelasan mengenai pembahasan pajak langsung dan pajak tidak langsung Nah sekarang kami akan jelaskan sedikit mengenai Fungsi pajak dan Ciri dai pajak

ciri pajak

FUNGSI PAJAK

  • Fungsi budgetair, yang disebut pula sebagai fungsi penerimaan dan sumber utama kas negara. Pajak berfungsi sebagai sumber dana yang diperuntukkan bagi pembiayaan pengeluaran-pengeluaran pemerintah. Contoh : Dimasukkannya pajak dalam APBN sebagai penerimaan dalam negeri.
  • Fungsi reguler, yang disebut pula sebagai fungsi mengatur / alat pengatur kegiatan ekonomi. Pajak berfungsi sebagai alat untuk mengatur atau melaksanakan kebijakan di bidang social dan ekonomi. Sebagai contoh yaitu dikenakannya pajak yang tinggi terhadap minuman keras, sehingga konsumsi minuman keras dapat ditekan, demikian pula terhadap barang mewah.
  • Fungsi alokasi, yang disebut pula sebagai sumber pembiayaan pembangunan. Kas negara yang telah terisi dan bersumber dari pajak yang telah terhimpun, harus dialokasikan untuk pembiayaan pembangunan dalam segala bidang.
  • Fungsi distribusi, yang disebut pula sebagai alat pemerataan pendapatan. Wajib pajak harus membayar pajak, pajak tersebut digunakan sebagai biaya pembangunan dalam segala bidang. Pemakaian pajak untuk biaya pembangunan tersebut, harus merata ke seluruh pelosok tanah air agar seluruh lapisan masyarakat dapat menikmatinya bersama

CIRI PAJAK

  • Pajak dipungut berdasarkan undang-undang. Asas ini sesuai dengan perubahan ketiga UUD 1945 pasal 23A yang menyatakan “pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dalam undang-undang.”
  • Tidak mendapatkan jasa timbal balik (konraprestasi perseorangan) yang dapat ditunjukkan secara langsung. Misalnya, orang yang taat membayar pajak kendaraan bermotor akan melalui jalan yang sama kualitasnya dengan orang yang tidak membayar pajak kendaraan bermotor.
  • Pemungutan pajak diperuntukkan bagi keperluan pembiayaan umum pemerintah dalam rangka menjalankan fungsi pemerintahan, baik rutin maupun pembangunan.
  • Pemungutan pajak dapat dipaksakan. Pajak dapat dipaksakan apabila wajib pajak tidak memenuhi kewajiban perpajakan dan dapat dikenakan sanksi sesuai peraturan perundag-undangan.
  • Selain fungsi budgeter (anggaran) yaitu fungsi mengisi Kas Negara/Anggaran Negara yang diperlukan untuk menutup pembiayaan penyelenggaraan pemerintahan, pajak juga berfungsi sebagai alat untuk mengatur atau melaksanakan kebijakan negara dalam lapangan ekonomi dan sosial (fungsi mengatur / regulatif).

 

Warning

Jika Journal Pajak ini bermanfaat untuk anda silahkan untuk di share ke social media dengan hanya mengklik tombol social media yang ingin anda share

x
DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG