Pengertian manajemen menurut para ahli – Pengertian manajemen sangatlah bervariasi karena tergantung dari mana sudut pandang kita melihat. Meskipun setiap orang memiliki pandangannya masing-masing mengenai manajemen, pasti inti dari pengertiannya tidak akan jauh berbeda. Banyak orang yang akan mengartikan manajemen sebagai seni dalam mengatur dan mengelola yang menjadi penting untuk menjaga kestabilan suatu entitas perusahaan atau bisnis dan organisasi.

Mengupas Tuntas Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Manajemen merupakan kemampuan seseorang dalam memengaruhi orang lain agar melakukan sesuatu bagi kita. Manajemen sangat berkaitan erat dengan pemimpin atau leader karena pemimpin adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam menghargai orang lain sehingga mereka mau melakukan apa yang kita inginkan. Meskipun demikian, bukan berarti ruang lingkup manajemen hanya terbatas pada kepemimpinan semata, melainkan hanya sebagian ruang lingkup saja yang berkaitan dengan kepemimpinan. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa manajemen merupakan bagian dari seni sehingga metode yang digunakan tidak hanya satu saja. Terdapat banyak pilihan metode yang bisa digunakan sehingga suatu seni akan bernilai lebih tinggi. Namun, tidak mudah untuk bisa memadukan metode tersebut dengan baik karena diperlukan kemampuan yang handal agar manajemen dapat berjalan secara lancar.

Lantas, bagaimana pendapat para ahli mengenai manajemen? Apakah mereka sependapat dengan pengertian di atas? Berbagai pengertian manajemen ini dikemukakan oleh ahli-ahli dalam ilmu manajemen yang dapat digunakan sebagai landasan untuk bisa memahami manajemen lebih mendalam lagi:

  1. Lawrence A. Appley
    Manajemen adalah suatu keahlian dalam menggerakkan orang agar mereka melakukan sesuatu.
  2. Ricky W. Griffin
    Manajemen merupakan proses dalam merencanakan, mengorganisasi, mengooordinasi dan mengontrol sumber daya agar sasaran dapat tercapai secara efisien dan efektif. Maksud dari efisien adalah tugas yang dilakukan secara terorganisir, benar dan sesuai dengan jadwal, sedangkan maksud efektif adalah tercapainya tujuan sesuai perencanaan yang ada.
  3. George R. Terry
    Manajemen adalah suatu proses yang khas yang meliputi beberapa tindakan, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasi dan pengawasan yang dilakukan untuk mencapai sasaran-sasaran yang sudah ditetapkan melalui Sumber Daya Manusia dan sumber lainnya.
  4. Oey Liang Lee
    Manajemen adalah ilmu dan seni dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dalam penggunaan SDM agar tujuannya yang telah ditentukan tercapai dengan baik.
  5. James A. F. Stoner
    Manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian usaha dari semua anggota organisasi serta bagaimana penggunaan sumber daya yang ada pada organisasi tersebut agar tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya tercapai.
  6. Koontz dan Cyril O’donnel
    Manajemen merupaan upaya untuk menggapai atau mencapai tujuan tertentu melalui usaha atau kegiatan orang lain.
  7.  Mary Parker Follet
    Manajemen adalah seni untuk menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain sehingga seorang manajer memiliki tugas untuk mengarahkan dan mengatur orang lain agar tujuan organisasi dapat tercapai.
  8.  Hilman
    Manajemen merupakan fungsi untuk menggapai sebuah tujuan melalui kegiatan orang lain sebagai perantara dan mengawasi usaha-usaha setiap orang untuk menggapai tujuan yang sama.
  9.  Henry Fayol
    Manajemen merupakan ilmu yang mencakup ide atau gagasan 5 fungsi utama, yakni perancangan, perintah, pengorganisasian, pengendalian dan pengoordinasian.
  10.  Chaster I Bernard
    Manajemen merupakan ilmu dan seni.
  11.  Federick Winslow Taylor
    Manajemen merupakan suatu percobaan yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh untuk menghadapi tiap masalah yang ada dalam kepemimpinan organisasi atau perusahaan atau sistem kerjasama yang dilakukan oleh manusia dengan sikap dan jiwa seorang sarjana serta bagaimana menggunakan alat-alat perumusan.
  12.  Lyndak F. Urwick
    Manajemen merupakan forecasting (meramalkan), planning organizing (perencanaan pengorganisasian), commanding (memerintahkan), coordinating (pengoordinasian), dan controlling (pengontrolan).
  13. William H. Newman
    Manajemen merupakan fungsi yang saling berkaitan guna mencapai tujuan tertentu melalui orang lain.
  14.  Renville Siagian
    Manajemen adalah bagian dari bidang jasa pelayanan yang dikelola oleh orang yang ahli, berpengalaman dan terlatih.
  15.  Prof. Eiji Ogawa
    Manajemen merupakan kegiatan dalam merencanakan, mengimplementasikan, dan mengendalikan setiap kegiatan, begitu juga pembuatan barang yang dikerjakan oleh semua organisasi usaha dengan tujuan atau sasaran yang sudah ditetapkan sebelumnya agar kerja menjadi lebih sempurna sesuai dengan kondisi yang ada.
  16.  Dr. Ahuja
    Manajemen merupakan semua pihak yang menyediakan atau menawarkan jasa dalam bidang yang berkaitan dengan manajemen.
  17.  Dr. Bennett N. B Silalahi, M.A
    Manajemen merupakan ilmu perilaku yang mencakup aspek sosial eksak dan bukan dari tanggung jawab kesehatan dan keselamatan kerja, baik dari hal perencanaannya.

Fungsi Manajemen 

Fungsi Manajemen

 

Berdasarkan beberapa uraian pengertian di atas, sebenarnya ada sebagian yang sudah menyinggung tentang fungsi manajemen yang akan kita bahas lebih jelas di bawah ini.

  1. Planning (perencanaan)
    Proses dalam menentukan visi dan tujuan perusahaan atau organisasi sebagai tahap awal berdirinya suatu organisasi. Fungsi perencanaan ini berkaitan dengan penyusunan standar, strategi, tujuan dan arah dalam menggapai tujuan organisasi.
  2.  Organizing (pengorganisasian)
    Fungsi ini berkaitan dengan bagaimana cara mengatur sumber daya, baik fisik maupun manusia agar tersusun dengan sistematis sesuai dengan fungsinya masing-masing sehingga lebih menekankan pada bagaimana mengategorisasikan sumber daya dan orang agar menyatu.
  3.  Directing (pengarahan)
    Fungsi manajemen dalam hal ini lebih terfokus pada usaha dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja secara optimal, mulai dari pemberian motivasi, bimbingan kerja, penjelasan tugas rutin dan masih banyak lagi.
  4. Controlling (pengendalian)
    Fungsi pengendalian lebih menekankan pada penilaian dan evaluasi atas kinerja yang telah dikerjakan dan berjalan selama ini sehingga dapat melihat apakah ada suatu rintangan atau tidak dalam proses menggapai tujuan perusahaan.

Perkembangan Ilmu Manajemen

Perkembangan Ilmu Manajemen

Kontribusi manajemen semakin berkembang pesat seiring dengan berkembangnya dunia ekonomi dan finansial dalam suatu korporasi atau bisnis. Salah satu perkembangannya terjadi ketika ada kolaborasi antara ilmu Manajemen dan Akuntansi. Ruang lingkup ekonomi sudah memberikan syarat pengembangan setiap praktik akuntansi manajemen yang relevan dan inovatif. Akibatnya, banyak akuntansi manajemen berdasar aktivitas semakin banyak diterapkan dan dikembangkan oleh organisasi. Selain itu, manajer juga memiliki tugas yang semakin luas, yakni mengelola rantai nilai perusahaan dan melayani kebutuhan pelanggan dengan baik. Lebih dalam lagi, mereka juga harus berfokus pada kualitas, waktu dan efisiensi untuk mempertahankan kelebihan bersaing mereka.

Baru-baru ini pun muncul ebusiness yang mensyaratkan sistem akuntansi manajemen dalam menyediakan informasi bagi para manajer untuk bisa menghadapi lingkungan barunya ini. Manajemen berdasar aktivitas merupakan salah satu pendekatan yang terhubung di seluruh sistem dengan menekankan manajemen terhadap berbagai aktivitas dengan tujuan meningkatkan keuntungan dan nilai untuk pelanggan. Dengan demikian, keberadaan ABC (Activity Based Management) akan memudahkan organisasi untuk menyaring aktivitas yang dibutuhkan dan penting serta membuang aktivitas yang tidak memberikan keuntungan atau bahkan mengurangi laba perusahaan. Itu dia beberapa penjelasan mengenai pengertian manajemen menurut para ahli di bidang manajemen beserta fungsi manajemen.

DOWNLOAD GRATIS:

Ebook Tutorial
e-Faktur Lengkap!

Isi form di bawah ini, ebook akan langsung kami kirim ke alamat email yang Anda gunakan di bawah ini!
KIRIM EBOOK SEKARANG