Tutorial e Faktur Secara Lengkap – e Faktur Pajak adalah aplikasi perpajakan yang digunakan untuk membantu Wajib Pajak dalam pembuatan Faktur Pajak Elektronik dan SPT Masa PPN sesuai dengan ketentuan perundangan – undangan yang berlaku.  e faktur sendiri merupakan program yang sudah di wajibkan kepada perusahaan untuk mulai menggunakan nya dalam setiap pembuatan faktur pajak, program terserbut sudah di canangkan sejak  1 juli 2016 oleh pemerintah, e faktur dapat diterapkan bagi seluruh PKP di seluruh Indonesia.  Untuk menerapkan pembuatan e-faktur, Direktorat Jenderal Pajak telah menyediakan aplikasi yang dapat diinstall di perangkat komputer PKP dan e-Faktur ini otomatis akan terhubung ke program e-SPT.

tutorial e faktur

E faktur sendiri memiliki banyak sekali manfaat dan dampak positif bagipara PKP, diantaranya adalah:

  1. Beban “compliance cost” berkurang, tidak ada biaya kertas untuk mencetak hasil faktur pajak.
  2. Memperkecil resiko faktur pajak fiktif.
  3. Tidak perlu tandatangan karena tanda tangan dibubuhkan secar elektronik.
  4. Membantu program “go green” yang dicanangkan oleh pemerintah.
  5. Proses klarifikasi faktur pajak saat pemeriksaan pajak lebih cepat dan tidak berbelit-belit dibandingkan denganpengurusan faktur pajak konvensional.
  6. Tampilan e Faktur Pajak dapat dilihat dalam format Pdf dan disimpan di komputer.

Tutorial e Faktur

Dalam tulisan ini akan di bahas secara detail mengenai tutorial e faktur namun kami tidak akan tulis semuanya di halaman ini, karena anda bisa mendownload versi PDF yang telah kami sediakan untuk anda, dalam pembahasan tutorial e faktur ini kami tulis sangat terperinci step by step dengan tujuan agar para wajib pajak dapat menggunakan e faktur pajak secara baik dan benar, mulai dari instalasi, pengeloaan data base nya sampai mulai perhitungan pajak. dengan mengikuti tutorial e faktur yang telah kami sediakan Anda akan mengetahui cara menggunakan e-Faktur Pajak dari nol dengan mudah. Berikut kami bahas sedikit tentang apa saja yang ada di dalam tutorial e faktur yang kami buat ini:

  • INSTALASI

Ada 6 jenis folder Aplikasi e-Faktur yang disediakan berdasarkan Sistem Operasi nya yaitu :

  • e-Faktur Windows 32 bit, aplikasi bisa didownload di
    http://svc.efaktur.pajak.go.id/installer/EFaktur_Windows_32bit.zip
  • e-Faktur Windows 64bit, aplikasi bisa didownload di
    http://svc.efaktur.pajak.go.id/installer/EFaktur_Windows_64bit.zip
  • e-Faktur Linux 32 bit, aplikasi bisa didownload di
    http://svc.efaktur.pajak.go.id/installer/EFaktur_Lin32.zip
  • e-Faktur Linux 64 bit, aplikasi bisa didownload di
    http://svc.efaktur.pajak.go.id/installer/EFaktur_Lin64.zip
  • e-Faktur Macinthos 64 bit, aplikasi bisa didownload di
    http://svc.efaktur.pajak.go.id/installer/EFaktur_Mac64.zip

Untuk menjalankan Aplikasi e Faktur Pajak tidak diperlukan instalasi apapun. Pilih folder Aplikasi e-Faktur yang sesuai dengan jenis Sistem Operasi komputer user kemudian pindahkan folder tersebut ke komputer user. Lokasi penyimpanan folder Aplikasi bebas.

  1. Folder Aplikasi e-Faktur berisi :
  2. ETaxInvoice
  3. ETaxInvoiceMain
  4. ETaxInvoiceUpd
  5. folder lib
  6. mem_config.bat
  7. folder java
  8. ETaxInvoice.config
  9. ETaxInvoiceMain.config
  10. ETaxInvoiceUpd.config

Apabila folder Aplikasi e-Faktur hanya berisi file dari nomor 1 s.d 5, maka pastikan terlebih dahulu bahwa komputer user telah terinstall Java versi 1.7 Jika belum ada maka install Java terlebih dahulu. Setelah dijalankan, aplikasi akan membuat dua folder yaitu folder db dan folder log. Folder db merupakan folder untuk menyimpan database aplikasi e-Faktur. Sedangkan folder log berisi log Aplikasi e-Faktur. Selain dua folder tersebut, terdapat folder backup. Folder ini berisi backup folder db yang dilakukan apabila ada proses autoupdate aplikasi.

  • KONFIGURASI MAKSIMUM MEMORI APLIKASI E-FAKTUR

Untuk meningkatkan performansi aplikasi, telah disediakan fitur untuk mengatur besarnya memori maksimal yang bisa digunakan aplikasi e-Faktur. Secara default maksimum memory yang digunakan aplikasi e-Faktur adalah 1/4 free memory PC.

  • REGISTRASI APLIKASI E-FAKTUR

Registrasi Penggunaan Aplikasi e-Faktur Pajak ini terdiri dari Registrasi Aplikasi e-Faktur dan Registrasi User Aplikasi e-Faktur.

  • ADMINISTRASI DATABASE

Menu Administrasi Database disediakan untuk membuat database baru dan melakukan koneksi ke selain default database. Pada saat dijalankan pertama kali, aplikasi e-Faktur akan membuat database default aplikasi dengan nama ETaxInvoice. Aplikasi e-Faktur akan selalu terkoneksi ke database ETaxInvoice, selama user tidak mengubah koneksi database nya.

  • KONFIGURASI CLIENT SERVER APLIKASI E-FAKTUR
    Aplikasi e-Faktur memiliki fasilitas mekanisme client-server, yaitu salah satu Personal Computer (PC)/Notebook bertindak sebagai server database dan PC/Notebook lain yang terinstall aplikasi terhubung dengan PC/Notebook yang bertindak sebagai server database tersebut melalui jaringan yang tersedia.

 

Nah Untuk lebih detailnya sperti apa tutorial e faktur nya silahkan download secara GRATIS..

Hanya Untuk 10.000 orang yang mendownload!
Setelah itu Kami TUTUP!

Silahkan isi form di bawah ini untuk memulai download!

PS: Subcribe terlebih dahulu chek email anda untuk verifikasi kemudian tombol download akan muncul secara otomatis.

PS2: Apabila kesulitan silahkan tinggalkan komentar anda di bawah!